2020 Hanya Ada 4 Operator Seluler

Surabaya - Maraknya penutupan dan pergantian kartu dari Flexi dan kemudian menjadi As Flexi telah disambut masyrakat dengan cukup antusias. Adanya pengertian serta pemahaman dan beberapa hal lainnya yang di berikan pada masyarakat sehingga dapat diterima dan di sambut baik oleh masyrakat Indonesia. 

Selain adanya Flexi yang akan tutup dan kemudian telah berganti menjadi As Flexi , kini mulai tersebar berita penutupan operator Star One dari Indosat atau PT. Indosat. Bila di bandingkan dari segi pelanggan memang pelanggan Flexi jauh lebih banyak dibandingkan pelanggan Star One. Menurut salah satu pengguna Star One yang saya tanyai " apakah akan hijrah juga dari Star One yang CDMA ke IM3 yang GSM ? " dan saya mendapat respon bahwa tidak semua pelanggan Star One kemudian hijrah ke IM3. Lalu apakah respon masyrakat akan sama bagus dengan respon pelanggan Flexi?

Tahun 2020 banyak sekali perubahan yang akan terjadi , salah satunya adalah yang telah di beritaka oleh Menkominfo : 5 Tahun Lagi Hanya Ada 4 Operator Seluler ( di baca di liputan 6 ) .


Di Indonesia kini masih ada 7 operator yang masih aktif yaitu  PT. Hutchson 3 Indonesia (TRI) , PT. XL Axiata , PT. Indosat , PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia , PT. Smartfren , PT Bakrie. Dari ke 7 operator ini seiring berjalannya waktu entah operator manakah yang nantinya akan mengakuisisi , diakuisisi atau melakukan merger.

Yang pasti agar bidang telekomunikasi lebih efisien , maka infrastruktur sharing akan terus diupayakan dan dilakukan sebaik mungkin. Untuk merger atau akuisisi , khususnya operator seluler  yang kini ada 7 mudah-mudahan 5 tahun yang akan datang akan menjadi 3-4 operator saja menurut Rusdiantara yang memaparkan strategi Kementrian Kominfo , Jakarta.

Menurut pihak Kominfo , semakin rampingnya operator seluler khususnya , maka sacara teori skala ekonomi industri akan turut meningkat atau naik. 

Jumlah operator di Indonesia sendiri kini telah mengalami banyak penurunan seperti pada tahun lalu XL yang mengakusisi Axis. Baru-baru juga terdapat rumor di bulan Februari 2015 yang lalu bahwa Indosat akan mengakuisisi Tri , namun kabar terbaru pun mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar.

Seiring berjalannya waktu kedepan , mari kita sama-sama lihat perkembangan dari operator-operator yang ada di Indonesia ini. Tentu apa yang akan di lakukan oleh Kominfo adalah yang terbaik untuk Indonesia . - SKP