Teks Eksplanasi Tugas Bahasa Indonesia Semster Genap

Tugas Bahasa Indonesia 1 Semester  Genap

“ Tugas bahasa Indonesia membuat struktur teks eksplanasi dengan struktur seperti halaman 5-6 buku paket ( pernyataan umum , urutan sebab akibat , urutan sebab akibat , urutan sebab akibat ) Di print . Boleh download tapi harus di periksa apakah eksplanasi. Kelompok sesuai instansi kerja. Kumpulkan hari kamis 29 Januari di meja ibu Risa “

Nama Kelompok :
M. Dwi Jayanto (1)
Dwita Priyanti (08)
Stefani Kristina Putri (32)

Surti Afiana (33)

Contoh Teks :



                                               Gelombang yang Merusak

Pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi bencana alam dahsyat di Aceh yang menggemparkan dunia, yaitu bencana tsunami. Tsunami adalah serangkaian gelombang laut dengan kecepatan tinggi. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yaitu “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang.

Tsunami terjadi akibat dari gangguan yang bersifat tiba-tiba dari dasar laut. Gangguan itu bisa berupa letusan gunung berapi, pergeseran lempeng bumi, dan jatuhnya meteor. Karena gangguan tersebutlah, permukaan dasar laut bergerak naik turun sehingga air mencari keseimbangan dan terjadilah tsunami.
Sebelum terjadinya tsunami biasanya ditandai dengan air surut secara tiba-tiba, adanya gempa, dan banyaknya ikan di pantai. Tsunami mengakibatkan kehancuran, baik untuk manusia maupun alam. Seperti memakan banyak korban, hilangnya harta benda, menghancurkan bangunan, dan merusak alam. Ada beberapa cara yang digunakan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya tsunami, yaitu dengan menanam bakau dan membangun tembok penahan tsunami di garis pantai.

Tsunami dapat datang di pantai mana saja dan kapan saja. Sebagian besar tsunami merugikan manusia. Namun ada pula gelombang yang tidak besar sehingga tidak begitu merugikan. Karena tsunami dapat datang kapan saja, kita harus selalu waspada, terutama bagi yang tinggal di dekat pantai. Apabila terdapat tanda-tanda terjadinya gempa, segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

Buat yang belum mengerjakan tugas ini bisa dicontoh seperti pada contoh diatas untuk cara pengerjaannya saja. Ingat , tugas ini harus di buat sendiri dan di pilih seperti apa yang telah di tugaskan oleh Bu Risa. 

NB : Tugas XI MM ( semua kelas dengan jurusan Multimedia yang sedang melakukan OJT )