Sultan Agung vs J.P Coen

Catatan halaman 67 - 87

Sultan Agung Versus J.P Coen

Sultan Agung --> Raja di Kerajaan Mataram
Cita-cita
  1. Mempersatukan Seluruh Tanah Jawa
  2. Mengusir Kekuasaan Asing di Nusantara
Tahun 1628 --> Disiapkan pasukan dengan segenap persenjataan dan pembekalan

22 Agustus 1628 --> Dibawah pimpinan tumenggung Baureksa Mataram menyerang Batavia ( Namun Gagal )

1629 --> Tumenggung Singaranu memimpin pasukan Mataram kembali ke Batavia bersama Kiai Dipati Juminah dan Dipadi Purbaya

21 September 1629 --> J.P. Coen meninggal namun pasukan Mataram kali itu juga gagal dan akhirnya ditarik mundur

Tahun 1645 --> Sultan Agung meninggal. Mataram melemah dan akhirnya berhasil dikembalikan oleh VOC.

PS : Ini adalah catatan pribadi saya mengenai Sultan Agung vs J.P Coen yang telah saya rangkum untuk sekedar melengkapi tugas dalam buku catatan saya. Catatan ini tidak lengkap karena hanya untuk saya ketahui secara garis besarnya saja. Terima kasih telah berkunjung pada blog saya :) Anda dapat juga membaca postingan saya yang sebelumnya tentang "Maluku Angkat Senjata"


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sultan Agung vs J.P Coen"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel