Sekilas Tentang Ambarawa

Hai :D Setelah saya memposting tentang KA Ambarawa - Tuntang Kereta Api Romantis , saya jadi ingin berbagi informasi tentang Ambarawa :D

Seperti yang telah kita ketahui , Ambarawa adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Semarang. Bila Anda tidak tahu Ambarawa berarti Anda kurang dalam hal sejarah hehe :D Bukan karena ini desa saya makanya saya tahu yah , tapi memang Ambarawa pernah masuk dalam sejarah Indonesia bahkan sering dibahas karena pertempurannya. Sama juga seperti Surabaya :).Well buat Anda yang belum tahu , Ambarawa ini terletak di Jawa Tengah .


Di Ambarawa ada beberapa desa seperti Tambak Boyo , Pasekan ( lokasinya jauh sekali diatas dan terpencil ) , Bajelan , Baran ( Arah Bandungan naik terus keatas ) , Pojok Sari ( terletak di selatan Ambarawa , bila Anda ingin kesana telurusi saja jalan ke bawah hehe :D ) , Panjang ( Bisa di katakan ini di tengah - tengah , jadi semua arus kemacetan dan lain-lain ada disini ) , Kupang ( Ini dekat pasar Projo yang beberapa waktu lalu kebakaran , disini juga banyak sekolah-sekolah salah satunya adalah SMA Negeri 1 Amabarawa yang hampir menjadi sekolah saya :') ) , Kranggan ( Lokasinya naik sedikit dari area Kupang lewat arah bus yang hendak menuju Bandungan ) , Ngampin ( Saya kurang tahu lokasinya namun tempat ini biasa di gunaka untuk orang berjualan , jadi kalau Anda disana dengar ada orang bilang " Geh neng Ngampin kuiii dagang be'e " hahaha yah begitu deh yang sering saya dengar ) , LODOYONG  << Ini baru desa saya . Bila Anda dari arah kota atau arah mana saja , katakan turun Lodoyong maka Anda akan di berhentikan di tengah jalan pusat kemacetan Ambarawa lalu Anda tinggal berjalan lurus ke bawah dari arah pasar Suroboyo dan  ta daaaaa :D Dekat sekali dengan toko pabrik roti Pauline yang terkenal enak banget dah rotinya dari dulu hehe . Rumah saya juga cukup mudah di temukan karena lokasinya dekat jalan raya , sebelahnya toko mebel sesudah toko ABC atau klinik dan sebelum Gor Gotong Royong :D 

Bila dahulu Ambarawa masih belum banyak orang asing atau orang dari luar Ambarawa , Maka meski dari Salatiga , Bandungan , Pingit dan Semarang bila ke Ambarawa pasti kenal satu sama lain karena memang Ambarawa bukanlah kota yang besar :D

Untuk menemui rumah keluarga pun atau orang yang tidak Anda kenal cukup menanyakan nama saja ( dahulu ) Kalau sekarang sudah susah :D Ambarawa telah berkembang dan kotanya semakin padat :'). Hmmm sungguh saya rindu ingin ke Ambarawa . Sudah berapa tahun yah? hehehe :D

Dan kini yang melintas di pikiran saya adalah mbog yang ada di sana apa masih kerja disana yah ? Jarak antara Pasekan dan Ambarawa jauh sekali , tapi ia nggak pernah lelah waktu bekerja , si mbog juga selalu baik pada saya . Ahh kangen semua deh. Jadi kangen omelan nya mak mak , meski ada yang nggak ingin saya temui disana , tapi .. suasana rumah sungguh membuat rindu ahahhaa :D

Oh yah singgah ke sejarah sebentar yah .. Menurut informasi yang pernah saya baca di museum ( entah di museum mana karena saya lupa hehe ) "Ambarawa" berasal dari kata Amba dan Rawa . Mengapa ? Ambarawa dikenal dengan Rawa Peningnya dahulu, Rawa Pening yang begitu luas sehingga orang-orang menyebutnya Amba yang berarti lebar atau bisa juga besar dan Rawa yah rawa pening itu sehingga dikenal sebagai Ambarawa. Kalau saya tidak salah ingat sejarah ini dapat Anda temui di Museum Palagan Ambarawa , cobalah membaca buku sejarah yang ada di dalam museumnya maka Anda nanti akan menemukan apa yang baru saja jelaskan. 

Oke sekian dulu postingan dari saya ..



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sekilas Tentang Ambarawa"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel