Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 12

Hai kembali lagi sore ini saya akan memposting tentang kunci jawaban soal dari buku paket PKN pemerintah kelas 11 yang memuat sebuah kasus berita pada halaman 10 - 11 dan terdapat beberapa soal yang harus kita jawab pada halaman 12. Yuk langsung saja kita bahas soal-soalnya :)

Pertanyaan :
Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah ?

Jawaban :
Faktor ekonomi seringkali dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah karena dalam keluarga yang miskin cenderung timbul berbagai masalah yang berkaitan dengan pembiayaan hidup seorang anak , sehingga anak sering dilibatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan sang anak ini merasa terbebani dengan masalah ekonomi ini sehingga dapat mengganggu kegiatan belajar serta kesulitan mengikuti pelajaran . Dengan adanya kurangnya perhatian dari orang tua , justru akan menimbulkan banyak masalah.

Pertanyaan :
Adakah faktor lain selain faktor ekonomi yang menjadi penyebab meningkatkan angka putus sekolah ? Apa bila ada , apa saja faktor tersebut ?

Jawaban :
Ya! selain faktor ekonomi yang menjadi penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah , ada faktor lain yang menyebabkan seorang anak putus sekolah. Yaitu faktor internal atau faktor dalam diri anak yang putus sekolah ini misalnya dia malas untuk pergi ke sekolah karena merasa minder , sering di cemooh , tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekolahnya, dan lain-lain.

Pertanyaan :
Apakah upaya pemerintah sudah optimal untuk mengatasi masalah ini ? Kemukakan indikator optimal dan tidak optimalnya 

Jawaban :
Menurut saya , upaya yang di lakkan oleh pemerintah ini belum optimal. Pemerintah masih belum dapat menjangkau anak-anak bangsa yang ada di seluruh Indonesia ini. Meski pada beberapa sekolah telah di bebaskan biaya kewajiban untuk membayar sekolah , namun belum semua siswa dapat merasakan bantuan dari pemerintah itu dan membuat semakin banyaknya angka siswa yang putus sekolah. Selain itu pada kota besar sering kali terjadi kecurangan , siswa atau siswi yang dapat dikategorikan cukup mampu justru mendapatkan bantuan dana dan bebas dari kewajiban biaya sekolah. Ini lah yang perlu pemerintah perhatikan untuk kedepannya :)

Pertanyaan :
Selain pemerintah , siapa lagi yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah ini ? Apa saja peran yang bisa di tampilkannya ?

Jawaban :
Selain pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengatasi masalah ini adalah orang tua dan guru-guru siswa atau siswi itu sendiri. Karena tanpa motivasi dan pengawasan mereka kepada peserta didik dan anak-anaknya , semua tidak akan memberikan pengaruh yang berarti .

Pertanyaan :
Apa solusi yang kalian ajukan untuk mengatasi masalah ini ? Bagaimana strateginya supaya solusi itu berhasil ?

Jawaban :
Menurut saya , solusi yang akan saya ajukan untuk mengatasi masalah ini adalah sebaiknya pemerintah lebih tegas dan lebih memperhatikan peserta didik yang kurang mampu . Pemerintah lebih jeli atau lebih teliti dalam menilai masyrakat kita. Strategi yang akan saya gunakan adalah dengan memberikan beberapa penyuluhan atau pemahaman kepada masyarakat agar lebih sering atau lebih baik dalam memperhatikan anak-anak mereka.

Pertanyaan :
Kemukakan bentuk pelanggaran hak warga negara yang pernah terjadi di daerahmu . Serta bagaimana solusi untuk menyelesaikannya ?

Jawaban :

Banyak sekali bentuk pelanggaran hal warga negara yang pernah terjadi di lingkungan saya , seperti halnya beberapa teman saya SD telah ada yang menikah dini , lalu ada yang bekerja sebelum lulus SMP , ada yang tidak taman sekolah karena pergaulan bebas dan lain-lain seperti megkonsumsi narkotika. Nah , untuk megatasi atau solusi penyelesaiannya menurut saya ini bukanlah hal yang mudah , perlu sering adanya bimbingan atau penyuluhan kepada masyarakat sekitar agar masyarakat semakin sadar dan tahu akan arti penting pendidikan bagi anak bangsa.

oke sekian dulu postingan dari saya , maaf jika ada salah kata.