Pembahasan Sejarah Indonesia Halaman 34

Hai hari ini saya akan memposting tentang kunci jawaban dari soal pada buku paket Sejarah Indonesia kelas 2 SMA atau SMK dan sederajat . Untuk Anak MM pasti langsung deh jiplak saja bukan ? wkwk

Pertama - tama mari kita buka halaman 34 :)
Disana Anda akan menemukan 5 soal :) Yuk segera dibahas :D


Pertanyaan :
bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang ? Terdapat dua model strategi , ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang , tetapi ada non kooperatif dengan Jepang atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kristis !

Jawaban :
Menurut pendapat saya organisasi pergerakan yang di bentuk Jepang di Indonesia pada masa pendudukan Jepang ini sungguh memberikan banyak manfaat bagi rakyat Indonesia khususnya bagi para pejuang kita yang memanfaatkan organisasi ini sebagai wadah untuk mempersiapkan Indonesia merdeka. Lalu model strategi yang dimaksud kooperatif dengan Jepang adalah suatu strategi siasat para pajuang Indonesia yang seperti membela Jepang namun justru tidak memihak sedikitpun pada Jepang. Sedangkan gerakan bawah tanah adalah gerakan rahasia yang mereka lakukan untuk melawan Jepang.

Pertanyaan :
Dalam pelaksaan pemerintah , wilayah Indonesia di bagi - bagi dari tingkat karesidenan sampai desa. Mengapa dan apa alasan Jepang ?

Jawaban :
Jepang membagi wilayah Indonesia dari tingkat karesidenan sampai ke desa selain untuk mengajarkan suatu sistem pemerintahan yang benar pada suatu negara , Jepang juga berusaha memanfaatkan rakyat Indonesia , dimana jika mereka dapat mengatur bangsa Indonesia ini mereka dapat memobilisasi rakyat Indonesia untuk membantu Jepang pada perang Asia.

Pertanyaan :
Bagaimana penilaianmu berhadilkan taktik Jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda, " Jepang saudara tua "  Pan-Asia dengan " Gerakan Tiga A " ?

Jawaban :
Semua yang di lakukan oleh Jepang pada awalnya memang mebuat ketertarikan sesaat bagi rakyat Indonesia dalam arti bangsa Indonesia simpati pada bangsa Jepang. Namun dengan berbagai prpaganda " Jepang saudara tua " lambat laun membuat bangsa Indonesia mulai tidak tertarik lagi pada Jepang.

Pertanyaan :
Mengapa Jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi - organisasi militer dan semimiliter di Indonesia ?

Jawaban :
Alasan yang cukup mudah untuk menjawab hal ini . Seperti tujuan utama Jepang membentuk setiap organisasi adalah untuk menyiapkan bangsa Indonesia agar dapat membantu Jepang pada Perang Asia. Begit juga alasannya mengapa Jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi - organisasi militer dan semi militer di Indonesia.

Pertanyaan :
Bagaimana pandangan dan penilaianmu tentang sikap tokoh - tokoh Indonesia yang mau duduk sebagai pengurus dan anggota dari berbagai organisasi pergerakan yang di bentuk Jepang ? Apakah luntur semangat nasionalismenya ? Jelaskan!

Jawaban :
Tokoh - tokoh Indonesia yang mau duduk sebagai pengurus atau anggota dari berbagai organisasi yang di bentuk Jepang ini belum tentu rasa nasionalisme mereka turun. Belum tentu. Justru karena mereka memiliki rasa nasionalisme yang tinggi maka mereka aktif dalam setiap organisasi yang di bentuk oleh Jepang dengan tujuan untuk membuat Indonesia segera merdeka atau mempersiapkan Indonesia merdeka.