Pengertian Narkoba dan Dampaknya

Hai Sahabat setia pembaca blog @NifaFani , siang ini saya kembali akan berbagi artike tentang pengertian Narkoba dan Dampaknya. jika Sebelumnya saya telah memposting tentang pengertian narkotika , maka sekarang saatnya membahas lebih detail dan juga ditambah dengan dampak-dampaknya.

TAHU KAH ANDA TENTANG NARKOTIKA ??
Kalau belum jangan lupa baca pada postingan sebelumnya yaitu : pengertian narkotika
Hmm , Narkoba sepertinya bukan lah hal yang asing lagi jika kita mendengarnya. Banyak berita pada media cetak maupun media maya yang menjelaskan berapa jumlah orang yang menggunakan narkoba hingga berapa juga orang yang meninggal setiap tahunnya hanya karena narkoba.
Wah serem juga nih :(
Dampak Narkoba


Tapi jangan salah , kini narkoba tidak hanya digunakan oleh kalangan atas saja namun juga oleh kalangan kelas bawah bahkan hingga pelajar. Hmm sepertinya Narkoba sudah benar-benar menjadi hal yang biasa sekali yah. Bahkan artis ibukota pun banyak yang terkena kasus bahwa mereka menggunakan atau mengonsumsi narkoba. Haduhh seram banget :(. 
Contohnya saja Artis ibu kota salah satunya yang sempat heboh pada beberapa waktu yang lalu itu Roger Danuarta . Hmm sayang sekali , padahal saya fans dengan dia. Sempat mengecewakan ketika mengetahui bahwa Roger sang artis yang ganteng itu terjerat dalam dunia narkoba.
Roger Danuarta
Tapi tidak apa itu sudah berlalu , yang penting kini . Kita harus tahu dan paham dengan pasti bahwa NARKOBA ITU BERBAHAYA. Mengapa ? Karena narkoba dapat diibaratkan sebagai pintu dimana pintu tersebut adalah pintu pembuka atau jalan kita menuju kematian. Nah , seram bukan ? Makanya mulai sekarang cobalah untuk saling mengingatkan jika Anda memiliki teman yang aktif mengonsumsi narkoba. Apa lagi jika teman Anda itu masih berstatus pelajar. Hal ini sungguh bahaya sekali. Bahaya itu bisa hanya untuk diri sendiri atau orang lain loh. 


Di Indonesia ini narkoba telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Efek kenikmatan sementara yang di berikan oleh narkoba membuat setiap orang yang mencobanya ingin merasakan terus dan terus. Narkoba akan bermanfaat jika dalam dunia kedokteran. Namun seiring dengan waktu yang berjalan , narkoba menjadi di salah artikan dan digunakan dengan dosis yang berlebihan hingga menimbulkan efek samping yang fatal. .
Apa sih dampak atau efek dari Narkoba ?

Narkoba yang di konsumsi secara terus menerus akan menimbulkan efek kecanduan hingga munculnya resiko kematian. Nah pemakaian narkoba dalam jumlah sedikit maupun banyak jika dikonsumsi secara terus menerus tentu juga dapat merusak organ tubuh serta menimbulkan rasa sakit akibat langsung dari adanya narkoba dalam darah. 

Ada pun dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik sebagai berikut :
  • mukanya pucat 
  • berat badan pada orang yang mengonsumsi narkoba akan turun secara drastis
  • buang air besar dan kecil pun akan kurang lancar
  • tangannya di penuhi bintik-bintik merah
  • bibirnya menjadi kehitam-hitaman
  • lalu ada gangguan pada jantung dan pembuluh darah ( kardiovaskuler) seperti infeksi akut otot jantung atau gangguan peredaran darah
  • gangguan pada kulit seperti alergi dan eksim
  • akan sering sakit kepala 
  • mual-mual dan muntah serta suhu tubuh meningkat


Ada juga dampak penyalahgunaan narkoba terhadap lingkungan sosial yaitu :
  1. gangguan mental 
  2. anti-sosial dan asusila 
  3. akan di kucilkan oleh lingkungan 
  4. merepotkan dan menjadi beban keluarga 
  5. pendidikan terganggu 
  6. masa depan suram atau madesu
Jika kita telah mengetahui pengertian Narkoba dan dampaknya , maka apakah yang akan kita lakukan ?

Satu hal yang harus kita lakukan adalah ikut memberantas Narkoba dan jangan hanya tinggal dima saja. Karena narkoba ada disekitar kita. Tanpa kita sadari mungkin disamping kita saat ini ada yang mengonsumsi narkoba atau bahkan teman dekat kita pun sedang mengonsumsi narkoba ?

Kita tidak pernah tahu apa yang ada dipikiran orang lain , kita tidak tahu apa masalah yang sedang dihadapi  orang lain atau bahwa teman terdekat kita. Oleh karena itu jangan lah menjadi individu yang cuek akan sekitar. Cobalah untuk peduli akan apa yang ada disekitarmu. Karena tanpa kita peduli , siapa yang akan merangkul dan turut simpati akan penderitaan mereka ?

Sekian postingan dari saya kali ini..

Salam , Stefani