Pengertian Akuntansi

APA SIH AKUNTANSI ITU ?


Pernah kah kita mendengar kata akuntansi ? 

Lalu apa sih pengertian dari akuntansi? 

Akuntansi itu bisa diartikan dengan merupakan pengukuran , penjabaran , atau pemberian kepastian mengenai informasi yang nantinya akan membantu manager , investor , otoritas pajak dan pembuatan keputusan lain untuk membuat suatu alokasi sumber daya keputusan di perusahaan , organisasi , dan lembaga pemerintah. Nah , jika di definisikan - akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fungsinya untuk menyediakan suatu informasi yang kuantitatif , dan yang utama itu dalam pengambilan keputusan misalnya dalam bidang ekonomi yang menetap kan pilihan yang logis diantara beberapa tindakan alternatif. Ada juga yang mengaatkan bahwa akuntansi adalah seni mengukur dan berbicara atau berkomunikasi untuk menyiapkan  laporan  keuangan yang akurat hingga dapat di manfaat bagi manager , pengambil kebijakan dan para pihak yang berkepentingan lainnya.

Ada pun beberapa pengertian Akuntansi menurut beberapa para ahli. Apa sajakah iu? 

Para ahli mengungkapakan beberapa pendapatnya seperti berikut :

Menurut American Institute Of Ceritified Public Accounting ( AICPA ) adalah akuntansi sebagai suatu seni pencatatan , penggolongan , serta pengikhtsaran yang di lakukan dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter , transaksi , dan kejadian- kejadian yang umumnya itu bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.
Sedangkan
Menurut Warren dkk mengatakan bahwa akuntansi secara umum itu dapat didefiisikan atau diartikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi serta kondisi perusahaan.
Menurut Charles T . Horngren dan Walter T. Harrison mereka mengatakan akuntansi itu merupakan suatu sistem informasi dimana yang digunakan untuk mengukur aktivitas bisnis , memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
Sedangkan pengertian akuntansi yang lain menurut Rudianto , akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.
Nah yang kelima disini ada Menurut Littleton yang menjelaskan bahwa tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodic antara biaya ( usaha ) dan hasil ( prestasi ) . Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang di jadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.


Nah , bagaimana ? Apakah Anda sudah memahami tentang Akuntansi ?
Jika belum tinggalkan komentar Anda dan akan saya jelaskan kembali apa itu pengertian Akuntansi. Btw disini saya jadi teringat sahabat pena baru saya yang berkerja dibidang akuntansi di sebuat Akbid kalau tidak salah. Hmm menarik. 

Oke sekian dulu postingan dari ku , jangan lupa tinggalkan komentar Anda disini yaa :)) Terima kasih.

Salam Stefani