Pengertian Seni Rupa

Dewasa ini kita pasti sering mengetahui tentang seni rupa. Dalam dunia Multimedia pun pasti tidak asing bahkan sangat akrab sekali dengan seni rupa. Lalu apa sih seni rupa itu?

Pertama-tama mari kita artikan satu persatu dari apa yang di maksud dengan berapresiasi Seni Rupa ..

Apresiasi seni rupa adalah merupakan aktivitas mengindra karya seni rupa , merasakan , mnghayati serta menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati segala keebragaman setiap konsep dan variasi artistik eksistensi dalam dunia seni rupa.

Dalam buku Brent G Wilson yaitu evaluation of Learning in Art Education , apresiasi seni memiliki tiga domain yaitu perasaan (feeling) yang terkait dengan perasaan keindahan , lalu ada valuing atau penilaian yang terkait dengan nilai seni , dan yang terakhir ada empati atau emphatizing yang terkait dengan sekiap hormat kepada dunia seni rupa.

Sebenarnya seni adalah hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Baik seni rupa , tulis , musik ,drama, atau tari.Mungkin kita tidak menyadarinya bahwa seni tersebut dengan diri kita , lalu ada juga dalam kehidupan sehari-hari. Jadi , mengapa kita perlu takut dengan seni ?

Pada hakikatnya semua manusia di anugrahi oleh Tuhan yang Maha esa dengan apa yang di sebut " sense of beauty " atau rasa keindahan / Meskipun ukuran yang dimiliki setiap manusia tidak sama, namun jelas setiap manusia secara sadar atau tidak menerapkan perasaaan tersebut bahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Seni Rupa

Lalu apa hubungannya dengan seni rupa?

Seni rupa memang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita , contohnya saja saat kita memantas diri dalam berpakaian , saat kita memilih dasi , lalu saat kita memilih sepatu , atau bahkan saat kita merias wajah kita atau bisa di bilang saat berdandan. Demikian pula saat kita ingin melengkapi kebutuhan hidup , kita selalu di pandu oleh rasa keindahan.