Artikel Perilaku Konsumen Kata Pengantar dan Penutup



 Kata Pengantar : )

Makalah perilaku konsumen . Sebelumnya kami  akan menjelaskan mengenai konsumen. Konsumen adalah setiap orang yang memakai atau mengkonsumsi suatu barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat .Sedangkan perilaku konsumen adalah suatu aktivitas ketika seseorang memilih , mencari , membeli , menggunakan , dan mengevaluasi suatu produk atau jasa untuk di gunakan demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dalam perlaku konsumen dapat di bedakan menjadi dua , yaitu perilaku konsumen rasional dan perilaku konsumen irasional. Perbedaan dari perilaku konsumen yang rasional dengan irasional adalah pelaku konsumen resional akan memikirkan dahulu barang yang hendak di beli apakah barang tesebut atau jasa yang akan di gunakan penting atau tidak. Sedang kan perilaku konsumen yang irasional adalh perilaku konsumen yang tidak memikirkan apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Perilaku konsumen adalah hal-hal yang mendasari dari konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika penjualan barang atau jasa tersebut berharga rendah , maka proses jual beli tersebut akan di lakukan dengan mudah. Beda jika harga barang atau jasa tersebut bernilai jual tinggi , maka proses pengambilan keputusan untuk membeli suatu barang atau jasa tersebut akan sulit atau di lakukan dengan pertimbangan yang matang. Dalam pemasaran , pemahaman mengenai perilaku konsumen ini sangat lah penting. Dengan adanya strategi pemasaran yang baik atau tepat dapat membuat konsumen menjadi tertarik hingga barang atau jasa dapat terjual dengan mudah .



Penutup : )

Dalam makalah “  perilaku konsumen” kami telah menjelaskan bagaimana perilaku konsumen secara rasional dan irasional. Bagaimana perilaku konsumen tersebut mempengaruhi proses jual dan beli suatu barang dan jasa. Bagaimana perilaku konsumen ini sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran dan bagaimana strategi pemasaran yang baik atau tepat hingga membuat konsumen tertarik untuk membeli suatu produk , barang , atau jasa. Dalam makalah ini juga di jelaskan bagaimana seorang konsumen mengambil suatu keputusan pembelian . Ada lima hal yang sering di lakukan oleh konsumen sebelum mengambil keutusn pemelian sebagai berikut : konsme akan mengena masalah dahulu lalu pencarian informasi , mengevaluasi alternative , kemudia keputusan pembelian , dan evaluasi pasca pembelian. Juga terdapat factor – factor yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian , lma factor yang relevan adaah motvasi , persepsi , pembentukan sikap , dan integrasi.

Dengan di buatnya makalah perilaku konsumen dapat di simpulkan bahwa perilaku konsumen dengan pemasaran saling berhubungan sehingga antara strategi pemasaran dan perilaku konsumen perlu di perhatikan agar proses jual beli dan pengambilan keputusan untuk membeli suatu barang berjalan dengan mudah dan saling menguntung kan. Seoran pemsar juga memerlukan roda analisis konsumen yang digunakan untuk sebagai kerangka kerja yang digunakan oleh pemasar untuk meneliti , menganalisis , dan memahami perilaku konsumen agar menciptakan strategi pemasaran yang baik. Pendekata dan menelti perlaku konsumen pun juga perlu untuk di lakukan sebagai penerapan strategi marketing suatu perusahaaan .