Artikel Makalah Pernikahan Dini Kata Pengantar dan Penutup



 Kata Pengantar ;;) 
 
Puji Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas karuniaNya saya dapat menyelesaikan makalah mengenai penikahan dini ini. Tidak lupa juga  kepada teman , keluarga dan para guru saya yang memberikan bimbingan serta masukan yang berarti hingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Penikahan dini mungkin tidak asing lagi jika kita dengar kan karena telah banyak disekitar kita yang melakukan pernikahan dini. Entah itu teman , saudara , atau bahkan keluarga dekat kita sendiri. Pernikahan dini adalah pernikahan yang di lakukan oleh salah satu atau kedua pasangan yang berusia di bawah tahun atau bahkan belum mencukupi umurnya untuk menikah ( sebelum 18 tahun ) yang biasa masih termasuk pada golongan usia remaja. Pada umumnya usia orang yang menikah dini seharusnya masih duduk pada bangku SMA ( Sekolah Menengah Atas ). Dengan adanya pernikahan dini juga menimbulkan dampak khusus, baik untuk remaja yang melakukan serta bagi sang anak yang nantinya di lahirkan serta keluarga yang dibina. Kecenderungan untuk menikah dini sepertinya telah menjadi sebuah trend di masyarakat sekitar kita. Meskipun pernikahan dini bukan merupakan hal yang baru di Indonesia ini , Ada sekitar 12-20 % menurut survey yang mengatakan bahwa pernikahan dini di lakukan oleh pasangan baru khususnya pasnagan yang berusia masih muda ( di bawah umur ). Pernikahan bukanlah suatu hal yang main-main. Pernikahan tidak dapat di sama artikan dengan sebuah game. Dalam sebuah pernikahan di butuhkan kedewasaan tanggung jawab baik fisik maupun mental. Oleh karena itu dalam makalah ini kami akan mengulas semua tentang pernikahan dini hingga akibat atau dampak yang akan di timbulkan dari pernikahan dini. Demikian makalah yang dapat saya buat. Mengingat keterbatasan waktu serta pengetahuan yang saya miliki , saya akui makalah ini memiliki banyak kesalahan . Oleh karena itu saya harapkan kritik dan sarannya oleh pembaca..



Penutup ;)

Sesuai dengan judul pada makalah ini yaitu “ penikahan dini” , kami mengulas semua tentang pernikahan dini yang di mulai dari arti hingga dampak-dampak yang diakibatkan dari pernikahan dini. Tema mengenai pernikahan dini memang seharusnya untuk di angkat dalam sebuah diskusi agar mengurangi jumlah orang yang menikah di usia dini serta mencegah timbulnya dampak-dampak yang diakibatkan dari pernikahan dini. Dengan adanya makalah ini diharapkan kecenderungan untuk menikah dini semakin berkurang baik bagi pelajar maupun mahasiswa yang kini beranggapan bahwa pernikahan dini adalah suatu trend yang terus berkembang dan meningkat.  .

Dari segala uraian yang di sampaikan melalui makalah “  penikahan dini “ , para pembaca yang membaca maupun yang nantinya akan mengangkat makalah ini sebagai suatu landasan untuk berdiskusi, dapat menggunakannya sebaik mungkin. Karena makalah ini dibuat agar terciptanya suatu kesadaran bagi para remaja khususnya yang akan melakukan pernikahan dini. Pernikahan dini sebenarnya bukanlah suatu hal yang menguntungkan , melainkan merugikan bagi pihak-pihak yang menjalaninya. Oleh karena itu kesadaran diri yang tinggi sangat di perlukan. Serta pemahaman dan pengertian mengenai hukum pernikahan di bawah umur atau pernikahan dini ini di pahami dan di mengerti dengan baik. Karena menikah bukanlah hal yang sepele atau hal yang biasa. Ada banyak hal yang harus kita lakukan setelah menikah. Bukan hanya kenikmatan sementara, namun proses-proses dalam membina keluarga sangat lah penting untuk di pikirkan sebelum menikah..