Artikel Makalah Pengantar Pendidikan Kata Pengantar dan Penutup



Kata Pengantar :)
 
Manusia adalah makhluk yang tumbuh dan berkembang . Setiap manusia pasti ingin mencapa kehidupan yang optimal. Oleh karena itu mereka terus mencari , menemukan , meningkatkan ilmu pengetahuan , keterampilan , dan kepriadian. Manusia juga akan terus berkerja dan berkarya. Itu lah tanpa kita sadari atau memang kita sadari , kita sebagai manusia pasti kan terus belajar dan belajar . Dalam makalah  pengantar pendidikan  kami akan menjelaskan apa saja mengenai pendidikan. Pada dasarnya setiap manusia akan terus belajar dan belajar selama manusia itu masih hidup. Belajar pun juga tidak hanya dari buku atau guru yang ada di sekolah , namun belajar juga dapat melalui binatang dengan tingkah lakunya atau juga hal-hal apa saja yang ada di sekitar kita. Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari lingkungan sekitar kita. Pendidikan sendiri juga merupakan suatu hal yang umum di bumi ini bagi setiap manusia . Pendidikan pun tidak terlepas dari kegiatan manusia . Menurut kamus besar bahasa Indonesia ( KBBI ) pendidikan adalah suatu usaha membentuk dan mengubah sikap dan tingkap laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui usaha pengajaran dan latihan. Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya untuk mendewasakan manusia itu sendiri. Menurut wadah yang menyelenggarakan pendidikan , pendidikan dapat dibedakan menjadi pendidikan formal , informal dan nonformal. Pendidikan formal adalah segala bentuk pelatihan atau didikan yang di berikan secara berjenjang baik bersifat umum maupun khusus seperti pendidikan SD,SMP,SMA,dan  Perguruan tinggi  baik negeri maupun swasta.Pendidikan informal adalah pendidikan yang biasa di berikan dalam keluarga atau masyarakat yang tidak terorganisasi atau tanpa organisasi tertentu . Sedangkan pendidikan nonformal adalah pendidikan yang di berikan secara terorganisasi namun di luar wadah pendidikan formal. Pada makalah ini akan di jelaskan mengenai apa itu pengantar pendidikan dan bagaiamana sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Di Indonesia pun terdapat beberapa masalah yang di hadapi oleh beberapa program pendidikan di Indonesia. Ada juga masalah-masalah rumit seperti pemerataan , Mutu dan relevansi , serta efisiensi dan efeksitifitas.


Penutup ;



Seperti yang telah di jelaskan dalam makalah “  pengantar pendidikan “ dapat di simpulkan bahwa dalam usaha pemerataan pendidikan di perlukan pengawasan yang serius oleh pemerintah jadi pemerintah tidak hanya tahu sedikit saja mengenai pendidikan yang ada di Indonesia ini , juga sampai keseluruhannya. Mulai dari mutu , sarana dan prasarana , dan tidak hanya anggaran pendidikan saja. Pelaksaan program belajar dan belajar perlu adanya inovasi baru karena cara belajar pada sistem pedidikan lama tida dapat di terapkan lagi. Oleh karena itu pemerintah perlu untuk membuat inovasi baru dalam dunia pendidikan. 

Dalam makalah pengantar pendidikan kami menyarankana agar pemerintah dapat meningkatkan mutu  pendidikan dan peningkatan kemampuan serta profesionalisme pendidik dapat di tingkatkan. Oleh karena itu keharmonisan dalam sistem pendidikan di Indonesia harus di lakukan dengan sebaik mungkin supaya dapat menekan masalah korupsi yang ada di dunia pendidikan.