Artikel Makalah Tasawuf Kata Pengantar dan Penutup



Kata Pengantar ;;) 
 
Pada kesempatan kali ini saya selaku penulis akan membuat makalah mengenai makalah tasawuf. Dewasa ini kita sering kali telah di butakan dengan perkembangan teknologi yang terus maju dengan pesat. Sering kali juga kita lupa dan mensalah arti kan suatu penafsiran hingga artinya jauh dari arti yang sesungguhnya. Dalam makalah “ ini dia contoh makalah tasawuf “ kami akan menjelaskan secara rinci mengenai arti dari tasawuf  dan bagaimana sebagian orang menyalah artikan arti dari tasawuf, etimologi , tokoh tasafuw yang ada di Indonesia, lalu bagaimana contoh pemahamannya, serta ilmu pengetahuannya , kesenian dan sejarah dari tasawuf itu sendiri lalu bagaimana huku dalam mempelajari ilmu tasawuf juga akan kami jelas kan secara rinci dalam makalah ini. Istilah tasawuf kini telah banyak di salah artikan oleh sebagian orang. Oleh karena itu makalah ini dibuat agar salah paham itu tidak terjadi kembali sehingga setiap orang dapat mengerti dan memahami makna dan arti tasawuf yang sebenarnya . Tidak hanya mengerti , juga dapat melakukannya sesuai dengan ilmu tasawuf tersebut. Demikian makalah yang dapat saya buat . Saya akui makalah ini masih memiliki banyak kekurangan , oleh karena itu saya harapkan bagi para pembaca dapat memberikan kritik dan saran agar saya dapat memperbaiki pada makalah yang akan saya buat selanjutnya. Saya mohon maaf jika terdapat salah kata atau kurangnya penulisan..




Penutup ;;) 

Seperti yang telah di jelaskan pada isi makalah “ ini dia contoh makalah tasawuf “ ini , kami menyimpulkan bahwa tasafuw adalah suatu ilmu untuk menucikan jiwa , membangun dhahir dan batin , menjernihkan akhlaq, serta untuk memperoleh kedamaian abadi. Tasawuf adalah perkembangan dari tradisi mitisme islam , yang awalnya  termasuk dalam gerakan zuhud. Sebagian orang berpendapat bahwa tasawuf adalah kegiatan beribadah yang di lakukan hanya dengan duduk dan berdiam diri selama seharian , dan pemahaman inilah yang merupakan “ salah “. Ilmu tasawuf adalah ilmu yang memelajari bagaimana kita ( saya dan Anda ) berperilaku di hadapan ALLAH Yang Maha Ada . Mengenai pendapat dari definisi tasawuf sendiri pun ada banyak. Seperti yang telah di jelaskan pada isi makalah ini, ada pendapat dari Syekh Junaid Al Bagdad , Dzunnun Al Misri , Prof . Dr. Hamka , Sahal As Tastury , dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak pendapat , dapat di simpulkan bahwa tasawuf adalah perilaku oleh manusia yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa  dengan mensucikan diri dan meninggalkan sifat dan sikap yang tercela di masa lalu melalui ibadah-ibadah mereka ..
Dengan telah di buatnya makalah “ ini dia contoh makalah tasawuf “ maka kami harap dapat berguna bagi para pembaca dan tidak hanya di baca saja , namun juga mari kita sebar luaskan arti penting dari tasawuf ini. Sehingga tidak ada lagi kesalah arti atau kesalahpahaman mengenai arti dari tasawuf ini. Makalah ini juga dibuat tidak hanya untuk di mengerti dan di baca saja . Tapi kami selaku penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai arti dari tasawuf , pemahaman , pengertian , ilmu pengetahuannya , etimologi ,  kesenian dan sejarah , bagaimana sebagian orang menyalah artikan tasawuf , dan  hokum dalam mempelajari tasawuf dan apa saja kegunaan tasawuf. .