Nasehatku Tuk Adikku

Biasanya aku nulis kalau lagi gabut, sedih, atau pengen aja. Kali ini.. kayaknya lagi bener-bener pengen deh makanya nulis. Tulisanku kali ini aku tujuan tuk adik-adikku atau orang yang menganggapku sebagai kakaknya. Ya kali kali ada orang lain yang nganggep aku kakak selain adek adekku hehe.

Entah apa yang membuatku ingin menulis semua ini. Belum tentu juga adekku baca, tapi kalau kalian pada baca, aku mau kalian tahu aku punya pesen ini untuk kalian, yang mungkin sudah pernah aku sampaikan melalui lisan bukan hanya lewat tulisan ini saja.


Pertama :

Ketika kalian sudah tamat SMA, aku tahu keinginan kalian pasti banyak atau mungkin kalian bingung mau melangkah kemana seperti aku dulunya? Inget aja pesanku, Kuliah! Kerja! Nabung! Pendidikan itu penting, nggak harus dari kampus mahal atau ternama yang penting kalian sarjana karna kalau kalian ga bisa berwirausaha kalian masih bisa bekerja ikut orang dengan bekal ijasah itu. Lalu kerja, ku sarankan kalian segera kerja agar bisa memenuhi kebutuhan yang kalian inginkan. Kalian boleh mencontoh dari aku ataupun orang lain, ambil yang baik dan buang yang buruk. Pilah dan pilih agar kelak kalian ga menyesal ketika mengambil keputusan. Lalu, Menabung! biarpun itu hanya 100 perak atau 500 perak sisihkan, Tidak harus punya rekening tabungan atau reksadana apalagi deposito. Cukup belajar sisihkan beberapa ratus rupiah, percayalah suatu saat nanti akan jadi berlipat dan " kebiasaan " yang sudah kalian terapkan ini akan berguna di masa depan.


Kedua :

Untuk adikku yang cowok, menurutku kamu masih belum dewasa, tapi aku percaya kelak kamu akan jadi laki laki yang baik dan loyal, mengerti tanggungjawabmu sebagai laki laki dan nggak akan membuat wanita sakit hati karena aku tahu kamu cukup berhati hati orangnya. Sedari muda kamu sudah belajar tuk bekerja, jadi aku percaya kelak ketika kamu membina keluarga keluargamu tak akan kamu biarkan sampai susah. Satu pesanku, jangan sampai hilang kesadaran bahwa kamu laki laki, karena beban laki laki dan perempuan seharusnya tak sama. 

Untuk adikku yang cewek, kelak kalian kalau menikah akan menjadi ibu. Tapi sebelum itu mungkin kalian akan punya pacar dulu, melalui kenalan, pendekatan, jadian, syukur kalau nggak putus yah langsung ke jenjang pernikahan. Tapiii pesanku tuk kalian, jangan mudah tuk jatuh cinta seperti kakak mu ini wkwk nanti kalian jadi bucin. Bagaimanapun laki laki seharusnya datang kerumah tuk menjemputmu, meminta izin orang tuamu, membuktikan bahwasanya ada etiket dia menghargaimu. Bukan malah kamu yang menjemputnya atau kemudian bertemu ditengah jalan. Kalau suatu waktu sampai keluarganya tahu tiba-tiba kamu di marahi atau kalian henti komunikasi. Hmm nggak dek nggak gitu dan jangan. Cari laki laki yang baik, yang mau dateng kerumahmu, ketemu saudaramu, ketemu orang tua kita dan kemudian sesekali berbicara dan akrab dengan keluarga, Aku percaya kelak kalian akan mendapatkan yang terbaik. Bawa dalam doa, kalian pasti bisa mendapatkan laki laki yang bertanggung jawab. Dan jangan lupa! Laki laki yang banyak omongnya mengatakan akan membuktikanmu di akhir nanti setelah menikah, itu adalah bulshit! Jangan percaya omongan lelaki karena pada intinya yang ada dipikiran lelaki adalah nafsu sesaat.


Ketiga :


Tetep kontak dengan keluarga. Jangan lupa kakak adik dan juga papa mamamu, sebenci bencinya kamu, semarah marahnya kamu, mereka adalah keluarga, dan keluarga adalah satu, mungkin ada yang namanya mantan, tapi mantan keluarga ga pernah ada. Bangun hubungan yang baik, mengalah ketika ada salah satu yang emosi, dan jangan menyimpan dendam karena itu nggak baik. 


Aku percaya kalian adalah pribadi yang dewasa. Aku berikan pandangan yang cukup terbuka tuk kalian. Aku bagikan setiap pengalaman ku pada kalian. Aku harap kelak kalian akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik, dan aku sebagai seorang kakak kan selalu mendoakan kalian agar senantiasa dalam perlindunganNya. Kan diberkati baik dalam pendidikan, pekerjaan, hingga kehidupan berkeluarganya nanti. Inget yaaa, baik tuk kalian yang cowok maupun cewek, jadilah pribadi yang bisa dipercaya. kalau kalian mengatakan A maka lakukanlah A jangan B kalau kalian berjanji A maka tepatilah janji itu terutama kamu adekku yang cowok, orang bisa dipercaya karena mulut dan perbuatannya, jangan bisa memberikan janji manis tapi perbuatannya bak bajingan bangsat! Orang ga akan lagi percaya padamu. 


Jangan pernah kamu membual hal manis kemudian kamu melupakannya atau hanya berbiacara tanpa mewujudkan, hati hati ada orang yang sekali tersakiti maka ia tak bisa memaafkanmu lagi. Ibarat kertas sekali kamu meremasnya maka ia akan kucel kusut atau bahkan robek, namun apakah kertas itu bisa kembali mulus seperti semula? Tidak, karena semua sudah membekas dan nggak akan lagi bisa kembali mulus seperti sebelumnya, kecuali kamu memulai lagi dengan kertas yang baru. Hmmm kalau itu ibarat hati pasanganmu, apakah kemudian kamu akan mencari pasangan baru? :') maka dari itu, berhati hatilah ketika memilih  pasangan. Ingat pesanku, orang yang baik nggak akan sekedar membual, tapi akan memberikanmu tindakan dan wujud yang nyata bahwa ia benar benar serius dan menyayangimu.


Dan mungkin ini tambahakan lagi yang terakhir, carilah pasangan yang mana datangnya dari Tuhan, Setia dan Taat pada Tuhan, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nasehatku Tuk Adikku"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel