Soal Matematika Kelas 7 Ayo Kita MENALAR halaman 9

Soal Matematika Kelas 7 Ayo Kita MENALAR halaman 9

note : gaes, sebelumnya maaf kalau tulisannya ga begitu rapi, tapi admin harap bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal-soal yang ada,,, jawabannya belum tentu betul jadi tolong di baca kemudian dipahami, dan kerjakan dengan seteliti mungkin. Nikmati belajar dari rumah saat ini ya gaes.. intinya meski dirumah harus tetap belajar, oke? ;)

Oh ya, buat kalian yang mau follow followan di Instagram boleh banget nih.. klik aja link di bawah ini, atau kalian bisa cari instagram @davidkristendi.

instagram @davidkristendi
sumber instagram @davidkristendi


Sekian, yuk langsung aja mari kita selesaikan soalnya...

Cara  Penyelesaian

Kedua bilangan sama-sama tersusun oleh empat angka. Nilai angka 6 (bernilai 600) pada bilangan 8631 lebih besar dari nilai angka 5 (bernilai 500) pada bilangan 8592. Oleh karena itu, 8631 lebih dari 8592. Kedua bilangan tersebut mempunyai banyak angka penyusun yang sama, yaitu empat. Nilai angka terbesar (yaitu ribuan) sama-sama ditempati oleh angka “8” sehingga nilainya sama, yaitu 8.000. Nilai angka terbesar kedua (yaitu ratusan) pada bilangan 8592 ditempati oleh angka “5”, sehingga nilainya 500. Sedangkan pada bilangan 8631 ditempati oleh angka “6”, sehingga nilainya adalah 600. Dengan membandingan kedua bilangan tersebut (500 dan 600) kita dapat menentukan bahwa 600 lebih besar dari 500. Dengan kata lain, tanpa menghiraukan nilai angka yang lebih kecil pada kedua bilangan, kita dapat menyimpulkan bahwa 8631 lebih besar dari 8592. Setelah memahami cara membandingkan kedua bilangan pada kedua contoh tersebut, kita dapat membandingkan bilangan bulat yang lain, termasuk bilangan bulat negatif. Namun perlu kita ingat pada garis bilangan, bahwa semakin ke kiri nilai bilangan negatif, nilainya semakin kecil.

Latihan Soal

1.Tentukan bilangan mana yang lebih besar antara −547578 dengan −595326. 

2. Tentukan bilangan mana yang lebih besar antara −547578 dengan −5195326.

3. Andaikan simbol “b” mewakili suatu angka, tentukan angka b agar bilangan 63b452 lebih kecil dari 635452. Jelaskan. 

4. Andaikan simbol “c” mewakili suatu angka, tentukan angka b agar bilangan c45279 lebih kecil dari 63545. Jelaskan. 

5. Jelaskan bagaimana langkah-langkah yang kalian lakukan untuk membandingkan dua bilangan jika banyak angka penyusunnya berbeda. 

6. Jelaskan bagaimana langkah-langkah yang kalian lakukan untuk membandingkan dua bilangan jika banyak angka penyusunnya sama. 

Jawaban

1. –547578

 2. –547578 

3. b < 4, b anggota bilangan bulat 

4. Tidak ada c yang memenuhi, karena tempat kedudukan c lebih dari tempat kedudukan semua angka pada bilangan 63545. 

5. Langkah-langkah membandingkan dua bilangan dengan banyak angka penyusun berbeda adalah cukup dengan melihat bilangan yang memuat banyak angka penyusun lebih banyak. 

6. Langkah-langkah membandingkan dua bilangan dengan banyak angka penyusun sama adalah: 

a. lihat angka penyusun dari nilai tempat terbesar (dari paling kiri) 
b. jika sama, maka lanjutkan hingga angka yang berbeda pada nilai tempat yang sama, dan 
c. jika  berbeda, maka angka yang lebih besar berada pada bilangan yang lebih besar pula.


Sekian dahulu soal kali ini, nantikan soal-soal dariku di postingan yang selanjutnya yaa gaes <3 terima kasih sudah membaca, dan mengunjungi postinganku kali ini. Jangan lupa untuk klik ikuti di tombol pengikuti di side bar sebelah kanan blok ini yaaa gaes.

Sekali lagi, terima kasih <3









Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Matematika Kelas 7 Ayo Kita MENALAR halaman 9"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel