Pedoman Diet Golongan Darah B



Hubungan Diet dan Golongan Darah

Hubungan golongan darah dan diet merupakan gagasan baru kebanyakan orang, namun mereka sering kali menemukan bahwa hal ini menjawab beberapa pertanyaan yang membingungkan mereka selama ini. Ada satu mata rantai yang hilang dalam pemahaman kita mengenai proses yang mengarah pada kesehatan atau penyakit. Ada banyak alasan mengapa terdapat begitu banyak paradks dalam studi tentang makanan dan keberlangsungan penyakit. Analisis golongan darah telah memberikan jalan keluar bagi segala paradox tersebut.

Golongan darah menjadi kunci dari seluruh sistem kekebalan tubuh, dan merupakan factor penjelas yang penting dalam profil kesehatan Anda. Antigen golongan darah berfungsi seperti penjaga gerbang yang membentuk antibody untuk mencegah penyakit yang masuk ke tubuh. Saat sebuah antibody bertemu antigen mikroba yang mencoba menyusup, akan terjadi reaksi yang disebut aglutinasi. Antibodi akan melekat pada antigen virus/mikroba dan melekat begitu erat.

Tapi, terdapat banyak factor yang menyebabkan terjadinya penggumpalan. Ilmuwan telah mempelajari bahwa ada banyak makanan yang dapat menggumpalkan sel sel golongan darah tertentu. Artinya, suatu makanan dapat merugikan sel salah satu golongan darah, tapi bermanfaat bagi sel golongan darah lainnya.

Diet golongan darag B merupakan cara untuk mengembalikan fungsi penjagaan alami dari sistem kekebalan tubuh, memperbaiki jam metabolism Anda dan membersihkan darah dari lektin yang berbahaya. Tergantung pada kondisi tubuh dan tingkat kecocokannya, setiap orang akan menyadari manfaat diet golongan darah ini.

Pedoman Diet Untuk Orang Bergolongan Darah B


diet sehat golongan darah B
pedoman diet untuk orang bergolongan darah B


Kunci diet golongan darah B adalah keseimbangan. Orang bergolongan darah B tumbuh dan berkembang baik melalui makanan dari hewani dan tumbuhan. Apabila Anda mengkonsumsi makanan dengan komposisi seimbang antara daging, produk susu, serealia, dan sayuran, Anda dapat mencegah penyakit penyakit berat yang lazim pada kehidupan modern, seperti penyakit jantung dan kanker.




Diet Anda dikelompokan menjadi empat berlas kelompok makanan:

1. Daging dan unggas

2. Makanan hasil laut

3. Telur dan produk susu

4. Minyak dan lemak

5. Kacang kacangan dan biji bijian

6. Polong Polongan

7. Serealia, Roti dan Pasta

8. Sayur Sayuran

9. Buah-Buahan

10. Jus dan sirop

11. Bumbu bumbuan

12. Penyedap rasa

13. Tanaman obat dan teh herbal

14. Berbagai minuman

Pada setiap kelompok, makanan ini dibagi menjadi tiga kategori; SANGAT BERMANFAAT, NETRAL, DAN DIHINDARI. Maksud pembagian ini adalah..


- SANGAT BERMANFAAT adalah makanan yang bertindak seperti OBAT
- NETRAL adalah makanan yang bertindak seperti MAKANAN
- HINDARI adalah makanan yang bertindak seperti RACUN

Tambahan;

- Untuk oraang bergolongan darah B sebaiknya hindari makanan laut seperti kepiting, lobster, udang, remis, dan lainnya. Hewan – hewan laut itu mengandung lektin yang akan mengganggu sistem golongan darah B

- Hindari minyak wijen, minyak bunga matahari, dan minyak jagung, karena mengandung lektin yang merusak saluran pencernaan pada orang bergolongan darah B.

- Kebanyakan kacang kacangan dan biji bijian tidak dianjurkan untuk orang bergolongan darah B. Kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari adalah sebagian dari kacang kacangan dan biji bijian yang mengandung lektin yang mengganggu produksi insulin pada orang bergolongan darah B. 

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

-          Apakah saya harus melakukan semua perubahan sekaligus agar diet golongan darah B berhasil?

Tidak. Sebaliknya, disarankan Anda untuk memulainya perlahan lahan secara bertahap menghindari makanan yang tidak baik bagi Anda dan menambah porsi makanan yang sangat bermanfaat. Banyak program diet yang mengharuskan Anda untuk mengubah gaya hidup secara drastis.

-          Apakah ada suatu olahraga yang dianjurkan untuk orang bergolongan darah B?

Orang bergolongan darah B akan sehat dengan olahraga yang bukan sepenuhnya aerobic atau juga yang tidak sepenuhnya tertuju pada relaksasi mental. Program olahraga menengah yang seimbang seperti hiking, sepeda santai, olahraga beladiri yang kurang agresif, tenis, dan kelas aerobic. Olahraga kompetisi seperti squash, sepakbola, atau basket tidak baik untuk orang yang bergolongan darah B. Jadwal olahraa yang paling efektif (seminggu) adalah tiga hari olahraga fisik dan dua hari olahraga relaksasi seperti yoga.

Sumber : Buku DIET SEHAT GOLONGAN DARAH B Edisi Revisi Olus Glosari



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pedoman Diet Golongan Darah B"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel