Keliling Jogja Cuma 300 Ribuan






Jogja adalah tempat yang bikin nagih dan selalu rindu buat balik! (untuk wisatawannya ya.-termasuk saya-). Beberapa waktu yang lalu saya dan teman pergi ke Jogja dengan perjanjian budget min 400ribuan, namun ternyata yang kita keluarkan sekitar 300ribuan untuk nge-trip di Jogja, makan, dan juga biaya akomodasi + transportasi. Wahhh kok murceee, murah cekali? Kali ini saya akan membagian pengalaman kita selama di Jogja beserta berapa saja pengeluaran yang kami keluarkan ^^.. Yukk langsung scroll-scroll ke bawah!

sumber: Google


Awalnya teman saya memiliki 7 list, kemudian karena ada yang searah maka kami tambah satu destinasi sehingga ada 8 list tempat yang ingin kami kunjungi.. berikut adalah list tempat wisata yang kami kunjungi selama di Jogja.

  1. Malioboro
  2. Taman Sari
  3. Kota Gede
  4. Tugu Jogja
  5. Museum Benteng Vredeburg
  6. Monumen Jogja Kembali
  7. Gumuk pasir Parangkusumo
  8. Pantai Depok
Pertama, kami memulai perjalanan dengan menggunakan motor dari Ponorogo. Jalur yang kami lewati adalah Ponorogo-Wonogiri-Klaten-Jogja. Kurang lebih perjalanan 4-4,5jam. Ditengah perjalanan kami singgah di Wonogiri untuk memesan penginapan. Saya menggunakan Traveloka untuk setiap transaksi menginap dimanapun dan kapanpun karna buat saya harganya cucok banget deh ✌. Dapatlah kami penginapan dengan harga Rp. 45.000

Untuk penginapan..

Di Jogja banyak sekali penginapan dengan harga Rp. 45.000 - Rp. Jutaan. Nah untuk backpack biasanya pasti cari yang di bawah Rp. 100.000,-an kan? Pilihan kami akhirnya jatuh pada penginapan Janti Transit Room Syariah Sleman. Kata-katanya aja sudah ada syariah jadi meskipun dengan harga murce dan saya juga pergi dengan teman pria, kami tinggal ditempat yang terpisah. Modelnya memang seperti kos-kosan dengan kamar mandi luar, namun plusnya kita memiliki privacy lebih (jadi satu ruangan tidak dicampur dengan orang lain yang ala dormitory). Perlu diketahui kebanyakan pengipan di Jogja dengan harga dibawah Rp.50.000,- atau sekitar itu, tentu sudah pasti dormitory  room yang mana satu ruangan bisa hingga 4-6 orang dengan ranjang susun. Nah berhubung kawan saya kurang nyaman, akhirnya kami memilih Janti Transit Room Syariah. (kalian bisa pesan via aplikasi Traveloka dan harganya cukup murah banget buat saya.

Sekilas tentang penginapan kami.. 

Ruangan seperti kamar kos, terpisah antara cowok dan cewek. Cewek di sayap kiri dan cowok di sayap kanan(kalau nggak salah kiri dan kanannya yaa) Jadi aman kok meski kalian datang liburan dengan teman pria atau pacar atau siapalah yang lawan jenis. Kalau misalnya masi pingin ngobrol atau nongkrong bisa di teras tengah. Tentang minus dari penginapan ini, ada jam malamnya, sekitar pukul 23.30 gerbang utama bakalan dikunci sama yang jaga (jadi yang mau jalan-jalan malem jangan sampai lupa waktu yaa). Lalu di kamar tidak ada kipas angin, buat teman saya sih ini minus banget, gerah boo, tapi syukurnya saya sih selama di penginapan aman-aman saja, hari pertama memang gerah banget apalagi ngalami listrik padam, tapi yaa disiasati aja, saya mandi malam baru kemudian tidur jadi nggak kerasa gerahnya. Selebihnya dengan harga segitu dan juga fasilitas yang diberikan. O. K. E deh.

Lanjut...tentang makanan..

Selama di Jogja kami dua kali makan soto ayam dipinggir jalan dengan harga sekitar Rp. 5.000 - Rp. 6.000 per porsinya, lalu makan Nasi Gudeg di Malioboro dengan harga Rp. 12.000 per porsinya (kalau nggak nambah telur dan lain lain yaa), makan nasi Pecel dengan harga Rp. 8.000 per porsinya. Makan di Angkringan (ini relatif yaa, tapi aseli murah sekali, sampai rasanya saya nggak bisa percaya kalau harganya murah ^^ ) Yahh tentang makan ini kalian bisa atur sendiri yang pasti kalau mau cari murah ya di pinggir jalan atau kalian cek  tempat makan yang ada harganya biar nggak tahu-tahu  selesai makan bayar mahal ^^. 

Lanjut.. Tempat Wisata dan Tiket..

Kali ini saya akan membahas tentang tempat wisata yang kami kunjungi dan berapa biaya tiket masuknya. 

1. Malioboro

Disini kami cuma bayar parkir saja, karena masuk kawasan Malioboro tidak dipungut biaya. Kami bayar parkir Rp.3.000 karena menggunakan motor. Disekitar Mailoboro banyak orang menjual cenderamata, oleh-oleh, pakaian, sandal, dan makanan. Yah kami disana sempat makan dua kali, maybe next time saya bakalan nyobain makan sate di Malioboro. Harga satu porsi sate dan juga lontong kurang lebih Rp.15.000 - Rp.18.000 saya lihat kemarin. Pokoknya tenang aja, nggak ada yang mahal selama di Jogja asal gaya nge-trip kalian aja ga berlebihan,hehe.

2. Taman Sari

Selain membayar parkir sekitar Rp. 2.000/Rp,3.000 (saya lupa) kita juga dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000/pengunjung apabila tidak membawa kamera. Jadi buat kalian yang bawa kamera tentu ada tambahan biaya. Oh ya saat masuk di Taman Sari, nantinya kalian bakalan ketemu bapak-bapak atau ibu ibu yang bisa bawa kalian keliling di Taman Sari dan nemuin tempat-tempat yang tak terduga. Inget! saat di Taman Sari jangan sampai tiket masuk kalian hilang, karena tiap tempat yang kalian masuki nanti bakalan diperiksa kembali, jadi jangan sampai hilang yaa tiketnya ^^. Untuk biaya yang kami keluarkan untuk tour guide kami adalah sebesar Rp. 25.000. Jadi kurang lebih biaya masuk di Taman Sari sekitar Rp.28.000 utnuk satu orang dan satu kendaraan bermotor.

3. Kota Gede.

Saat sore hari nggak tahu mau kemana akhirnya saya dan teman memutuskan untuk mencari spot foto yang bagus di Kota Gede. Ketemulah kami beberapa tempat foto yang bagus. Salah satunya Rumah Pesik, dekat dengan makam-makam raja(kalau nggak salah). Biaya yang dikeluarkan adalah biaya Parkir dengan harga Rp.3.000,- Perlu diingat Apabila Anda datang ke Kota Gede dan berniat untuk mengambil gambar terutama diwilayah daerah makam-makan, jangan sampai lewat dari pukul 18.00 (Sebelum adzan magrib). kenapa? Karena ada tulisannya dilarang. Jangan tanya alasan lainnya yaa karna saya dan teman pun juga tidak tahu, hehe.

4. Tugu Jogja

Ingin bersantai dan menikmati suasana di Jogja? Akhirnya kami memutuskan untuk malamnya nongkrong di Tugu Jogja. Kami parkir dan singgah di sebuah Angkringan Kopi Joss. Sepertinya Kopi ini telah banyak digemari orang, teman saya yang penasaran akhirnya memesan Kopi Joss, saya sendiri nggak berani minum kopi saat itu meski penasaran (takut nggak bisa tidur, tar yang ada begadang). Harga makanan di Angkringan nggak perlu di ragukan lagi, jelas murah! Kupikir yang murah cuma di burjo burjo. 

5. Museum Benteng Vredeburg

Kebetulan saat itu sedang ulang tahun atau setelah liburan ya? Jadi banyak sekali yang berubah, untuk tiket masuknya adalah Rp. 3.000,-

6. Monumen Jogja Kembali

Di Monumen Jogja Kembali ada taman namanya Taman Pelagi Kalau malam jelas bagus di Taman Pelangi, berasa sedang pacaran (andaikan ). Untuk biaya tiket masuknya adalah sekitar Rp,10.000,-/orang dan Rp.2.000/kendaraaan motor apabila parkir)


7. Gumuk Pasir

Penasaran dengan tempat spot foto yang instagramable banget, akhirnya kami memutuskan untuk datang ke Gumuk Pasir. Biaya yang kami keluarkan selain membeli minuman adalah Parkir (Rp. 3.000,-) dan juga apabila ingin memasuki taman bunga matahari dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000,- Murah bukan?

8. Pantai Depok

Pantai ini satu jalan apabila ingin ke arah gumuk pasir. Biaya untuk memasuki wilayah Pantai Depok adalah Rp. 10.000/orang.

-- Akhirnya 8 list kawan saya pun terwujud dan kami kembali pulang ke Ponorogo bersama.

Kurang lebih pengeluaran kami selama di Jogja adalah Rp. 278.000,- Namun pengeluaran ini tidak termasuk pengeluaran pribadi dan juga apapun yang kita beli di Indomart yaa.. Jadi keperluan pribadi saya, tidak saya masukkan pada daftar pengeluaran saya. 

Intinya, nge-trip ke Jogja nggak harus yang mahal kok ^^ budget Rp. 500.000,- bisa bikin kamu happy dan juga keliling Jogja lhoo ^^.

Buat yang penasaran berapa bensin dari Ponorogo - Jogja dan Jogja Ponorogo .. Rp. 27.000 ( kurang lebih sekitar segini, fulltank dengan motor honda beat.) Cukup murah banget kalau misalnya kita berangkat dengan membawa kendaraan pribadi(karena kita tidak perlu sewa ^^)

Pulangnya kami tidak melalui Klaten, namun rute kami Jogja-Solo-Wonogiri-Ponorogo. Yahhh akhirnya ^^ Estimasi waktu memang kurang lebih sama, karena kami jalannya ada singgah makan malam di Solo. Intinya perjalanan kali ini menyenangkan meskipun saya mengalami beberapa hal.

Jadi, masih takut atau ragu buat nge-trip ke Jogja? Duh duhh jangan takut atau ragu gaess! Yuk nabung dari sekarang ^^. Siapa tahu tahun depan bisa nge-trip bareng saya hihi. 

Sekian dahulu postingan dariku.. Mohon maaf yaa nggak sertakan foto-foto karena pada waktu itu handphone saya hilang jadi tidak bisa dokumentasi. Intinya saya cuma ingin share perjalanan ke Jogja itu nggak mahal tapi menyenangkan sekali! Tertarik untuk liburan bareng? atau ingin kenalan? Yukk kepoin instagram saya di @stefanikristina. DM aja untuk minta follback pasti akan saya follback. but no unfoll,yes!


Jogja, I Love youu and miss you - Mey Sub


0 Response to "Keliling Jogja Cuma 300 Ribuan"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com