Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas X Halaman 213






Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas X Halaman 213

Pada halaman 210-2013 akan ada Biografi dari B.J. Habibie yang dapat kalian baca di modul kalian masing-masing. Pembahasan di bawah ini belum tentu benar, jadi kalian harus membaca kembali untuk memastikan apakah jawaban ini benar atau tidak.

Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas X Halaman 213
Sumber Google

Mohon untuk tidak mengcopy paste begitu saja, tapi juga membacanya terlebih dahulu. 


Setelah mendengarkan pembacaan biografi diatas, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu susun sebelumnya. Untuk memudahkan menjawab, tulislah pertanyaan dan jawaban dalam kolom-kolom seperti di bawah ini di buku kerjamu.


NO.
Pertanyaan
Jawaban
1.
Siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut?
B. J. Habibie, Nama dan Gelar Lengkapnya adalah
Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie.
2.
Permasalahan apa yang dihadapi tokoh tersebut?
Bapak Habibie kehilangan ayahnya ketika tahun 1950, ayahnya meninggal dunia sehingga ibunya harus membanting tulang untuk membiayainya sekolah.
Setelah menikah kehidupan Habibie makin keras sehingga ia dan istrinya harus hidup berhemat.
3.
Bagaimana cara tokoh tersebut memecahkan permasalahan hingga mencapai keberhasilan?
Bapak Habibie berusaha keras dalam bidang pendidkannya, ia tidak ingin mengecewakan ibunya yang telah bersusah payah sehingga ia menghasilkan banyak prestasi.
Saat berumah tangga, ia memutuskan untuk berjalan kaki meski tempat kerja dan tinggalnya jauh serta istrinya rela mengantrie di tempat pencucian umum demi menghemat biaya.
4.
Hal apakah yang menarik dari tokoh tersebut?
Tetap berjuang meskipun susah, seperti paribahasa berakit rakit kehulu berenang renang ketepian.
5.
Hal apakah yang dapat diteladani dari tokoh tersebut?
Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini bapak Habibie patut kita teladani atau contoh dalam menjalani hidup ini.
6.
Mengapa teks tersebut disebut biografi?
Biografi adalah riwayat hidup seseoran yang ditulis oleh orang lain. Nah teks ini menyajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah bagaimana bapak Habibie dapat sukses. Bapak Habibie juga termasuk orang yang terkenal dan berpengaruh di Negeri ini.
7.
Dilihat dari isinya, apa yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya ( cerpen dan cerita rakyat ) ?
Cerpen atau cerita rakyat adalah cerita yang berkembang di masyrakat, atau diambil dari kehidupan sehari-hari. Namun apabila Biografi ini menceritakan tentang bagaimana sejarah tokoh tersebut dapat berhasil dan apa saja yang ia peroleh. Biografi lebih spesifik pada satu individu untuk di ceritakan hingga membuat orang lain yang membacanya menjadi menambah wawasannya dan dapat dijadikan teladan bagi mereka yang membacanya. Memotivasi agar menjalani hidup ini dengan baik dan mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat.



Sekian dahulu postingan kali ini.. Buat yang mau terhubung di FACEBOOK isa klik SUKA di HALAMAN FACEBOOK klik disini >> disini <<


Agar kalian tidak ketinggalan update terbaru bisa klik ikuti di halaman samping blog ini ^^. Sekali lagi terima kasih telah berkunjung,, jangan lupa untuk tinggalkan komentar kalian yaa..

Mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan