Pengantar Ekonomi Mikro



1. Keadaan apa yang menyebabkan timbulnya ilmu ekonomi?
Jawaban : Penyebab timbulnya ilmu ekonomi adalah kebutuhan manusia yang tak terbatas jumlah dan ragamnya serta tersedianya sumber daya yang terbatas namun mempunyai alternative penggunaan hingga timbul pilihan.

2. Dari berbagai defisini mengenai ilmu ekonomi, menurut Anda mana yang paling tepat dan berikan alasannya!
Jawaban : Definisi A. Samuelson, definisi ini menyangkut kesejahteraan optimum, dalam penggunaan sumber daya oleh konsumen dan produsen, untuk berbagi kelompok masyarakat di masa sekarang dan yang akan datang

3. Kemukakan masalah pokok yang dihadapi oleh setiap organisasi ekonomi!
Jawaban : Masalah pokok yang di hadapi oleh seluruh masyarakat ekonomi adalah apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. Ini harus dipecahkan sebagai konsekuansi dari kelangkaan sumber daya yang tersedia dan kebutuhan manusia yang tak terbatas. 

---------------

1. Sebagai ilmu pengetahuan, metodologi apa yang di terapkan ilmu ekonomi dalam pengambilan kesimpulan ?
Jawaban : Metodologi yang digunakan bisa induktif atau deduktif dalam menggeneralisasikan atau mengambil kesimpulan  secara umum. Ini menyangkut fakta, pengujiann, verifikasi, dan perumusan prinsip atau teori yang bisa digunakan untuk merumuskan rekomendasi kebijakan.

2. Bedakan dan jelaskan apa hubungan antara faktor, hukum, asumsi, hipotesis, model, dan prinsip atau teori!
Jawaban : Fakta adalah kumpulan kenyataan yang disajikan secara sistematis menyangkut yang relevan merupakan statistik deskripsi. Hukum adalah suatu pernyataan yang pasti benar, asumsi adalah yang sementara berlaku untuk mempermudah, hipotesis adalah pernyataan yang belum di buktikan kebenarannya secara ilmiah. Model adalah penyerehaanaan dunia nyata dan prinsip atau teori adalah pernyataan yang telah diuji kebenarannya. Semua merupakan rankaian untuk membuat kesimpulan umum berupa teori atau prinsip. Rumuskan atau susun dulu hipotesis, kumpulkan fakta, uji, dan verifikasikan hipotesisnya, gunakan model alat analisis ilmiah.

3. A. Marshall mengemukakan mengenai keseimbangan pasar secara parsial. Jelaskan dan apa inti pokoknya?
Jawaban : Ini merupakan keseimbangan di satu pasar komoditi atau sumber tertentu secara terpisah tanpa melihat impaknya pada pasar lain. Gunting Marshall menyatakan harga dan kuantitas keseimbangan pasar di tentukan oleh permintaan konsumen dan penawaran produsen, yaitu biaya dan manfaat yang diperoleh dengan konsep pendekatan marjinal.

--------------------------

1. Apa unsur dalam system perekonomian pasar persaingan serta apa pernannya masing-masing?
Jawaban : Unsur dalam system ekonomi pasar adalah motivasi kepentingan pribadi, pemilikan pribasi, kebebasan memilih dan berusaha, serta persaingan yang adil dan jujur. Masih diperlukan peran pemerintah untuk menjaga berlaku atau berjalannya dengan keamanan dan kepastian hukum serta seminimal mungkin campur tangannya.

2. Bagaimana system harga pasar persaingan menyelesaikan tiga asalah pokok yang dihadapi oleh setiap organisasi ekonomi? Kemukakan bagaimana logikanya!
Jawaban : Apa dan berapa yang di produksi adalah barang dan jasa yang harganya tinggi dan menguntungkan secara maksimal. Bagaimaa harus diproduksi dengan kombinasi factor yang memberikan biaya terendah memilih menggunakan factor produksi atau input dengan harganya murah. 
Untuk siapa di produksi merupakan penyelesaian masalah distribusi, yaitu lebih banyak kepada yang penghasilannya tinggi.

3. Apa yang di maksud dengan tuntunan tangan gaib dalam system ekonomi persaingan?
Jawaban : tuntunan tangan gaib berpedoman pada unsur-unsur system pasar maka sumber daya akan teralokasi dan digunakan secara efisien dan memberikan kesejahteraan Optimal. Setiap perubahan dengan berpedoman pada unsur-unsur pasar, menuntun pada perubahan dan menuju ke keseimbangan baru yang  juga selalu optimal.

4. Kemukakan pendapat Anda mengenai bekerja system harga persaingan terhadap perekonomian!
Jawaban : Meskipun telah terlihat logika kebaikan atau manfaatnya dengan mencapai kesejahteraan optimal, tetapi kritiknya adalah prsaingan tak selalu hasilnya baik, persaingan melemahkan kedaulatan konsumen, mereka yang efisien memperoleh manfaat besar, dan sistemnya tidak berjalan bila ada kegagalan pasar.

5. Bagaimana peran perusahaan podusen dan rumah tangga konsumen dalam gambaran aliran melingkar pertukaran tak langsung?
Jawaban : Model aliran melingkar pendapatan pengeluaran menggambarkan secara skematis aliran barang-barang dan jasa-jasa dari sector produsen perusahaan ke sector rumah tangga konsumen dan aliran pengeluaran uang dan pembayaran dari sector rumah tangga ke sector perusahaan, serta aliran sumber daya atau factor-faktor prouksi dari sector rumah tangga ke sector perusahaan dan aliran uang pembayaran balas jasanya dalam proses produksi berupa upah dan gaji, sewa, bunga, dan keuntungan dengan arah berlawanan.

----------------------------

Modul 2:

1. (a) Bedakan antara kurva, skedul, dan fungsi permintaan!
(b) Apa yang dimaksudkan dengan permintaa individual dan permintaan pasar akan suatu komoditi?

Jawaban : 
(a) Permintaan menunjukkan berbagai kuantitas yang diminta pada berbagai tingkat harga. Kurva dinyatakan dengan garis pada dua sumbu. Skedul dinyatakan dengan table dan angka, sedangkan fungsi dinyatakan dalam persamaan matematika.
(b) Permintaan individual adalah permintaan perorangan, permintaan pasar adalah penjumlahan seluruh permitaan individual secara horizontal.

2. Faktor-faktor apa yang menentukan permintaan dan penawaran ? Jelaskan masing-masing!
Jawaban :
Faktor-faktor yang menentukan permintaan adalah harga, selera, pendapatan (penghasilan), banyaknya pembeli, harga barang konsumsi lain, dan ekspetasi. 

3. Bedakan antara pergerakan sepanjang kurva permintaan dan pergeseran permintaan akan suatu komoditi!
Jawaban :
Pergerakan sepanjang kurva permintaan menunjukkan perubahan jumlah yang diminta karena perubahan harganya. Pergeseran permintaan adalah perubahan permintaan karena perubahan factor lain selain harga.

4. Jelaskan proses penentuan harga dan kuantitas keseimbangan!
Jawaban :
Analisis permintaan dan penawaran pasar menghasilkan harga keseimbangan atau tariff angkutan yang lebih tinggi selama periode beban puncak dan lebih rendah  pada periode lepas puncak. 

5. Beri contoh bagaimana model permintaan dan penawaran dapat digunakan sebagai alat analisis!
Jawaban : Contohnya adalah pemberian subsidi atau pengenaan pajak atas suatu komoditi yang menyebabkan perubahan pada kurva permintaan dan atau penawarannya.

--------------------------------------

1. A, Respons perubahan suatu factor yang mempengaruhi jumlah yang diminta disebut elastisitas permintaan. Coba tuliskan rumus elastisitas harga dan jelaskan artinya!
B, Apa yang dimaksud dengan elastisitas permintaan harga silang?
Jawaban :