Tugas Inisiasi ke4 Mata Kuliah Managemen

Hallooo Selamat siang teman-teman dan para pembaca sekalian. Hari ini memasuki inisiasi yang ke 4, yang mana saat ini saya masih semester awal dan sendirian di kos, bersamaan dengan itu saat ini saya sedang mengerjakan soal-soal dan membaca modul. Cukup banyak juga rupanya :)) Tapi saya senang karena saya dapat berbagi dengan Anda. Nah yukk langsung saja kita bahas beberapa soal di bawah ini..



Diskusikanlah hal-hal sebagai berikut :
1. Sebutkan dan jelaskan karakteristisk pengawasan yang efektif
2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mendorong suatu perusahaan merubah budayanya.

Jawaban :
1. Menurut saya sesuai yang telah saya baca pada modul inisiasi ke 4, pengawasan yang efektif adalah sebagai beikut:

Karakteristik pengawasan yang efektif :

a. Akurat.

Datanya sahih/ falid. Informasi yang tidak akurat akan menyebabkan perusakan pengendalian atau menimbulakan masalah baru. Karena itu informasi yang baik diperlukan untuk perbaikan masa mendatang.

b. Tepat waktu.

Evaluasi dilakukan secepatnya. Bilamana informasi datang terlambat maka akan memberikan dampak pada pengendalian di masa yang akan datang.

c. Ekonomis.

Manfaat sistem pengawasan harus lebih tinggi dari biaya yang dikeluarkannya. Sistem pengendalian harus memperhitungkan biaya yang dilekuarkan. Dengan demikian, perusahaan kecil tidak perlu menerapkan sistem pengendalian yang kompleks yang biasa dipakai oleh perusahaan besar.

d. Fleksibel.

Fleksibel terhadap ancaman atau kesempatan dari eksternal.Dalam bisnis tidak ada yang stabil selamanya. Untuk itu diperlukan planning B atau rencana B untuk mensiasati pada perencaan sebelumnya atau rencana A.

e. Obyektif.

Kriteria jelas. Kejelasan dapat membuat anggita organisasi tahu apa yang harus mereka lakkan. 

f. Disesuaikan dengan rencana dan struktur.

Untuk memastikan apakah hasil disesuaikan dengan tujuan. Sistem pengendalian yang baik ditujukan untuk memastikan apakah hasil yang diperoleh sesuai dengan yang di rencanakan.

g. Disesuaikan dengan manajer.

Harus disesuaikan dengan karakteristik manajer yang mengawasi atau diawasi. Pengendalian ditujukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Dengan demikian, pengendalian harus menghasilkan informasi yang bisa dimengerti.

h. Memfokuskan pada titik strategis.

Pendalian yang baik seharusnya memfokuskan pada titik strategis saat kemungkinan penyimpangan terjadi cukup besar atau penyimpangan yang terjadi mengakibatkan kerugian yang besar.

i. Mengarah pada perbaikan.

Informasi yang di dapatkan di harapkan dapat memperbaiki kekurangan yang ada.

Pada intinya pengawasan yang baik adalah harus di sesuaikan dengan rencana dan struktur organisasi, kepribadian, atau karakteristik individu manajer, serta kebutuhan untuk efisiensi dan efektivitas. Di samping itu pengawasan juga harus mampu memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu serta mengarah pada upaya perbaikan.

2.  faktor-faktor pendorong suatu perusahaan merubah budaya :
Jawaban : 
• Terjadinya krisis yang dramatis.
• Penggabungan perusahaan.
• Penggantian pimpinan.
• Kondisi internal yang tidak kondusif.

Maaf sebelumnya tulisan ini bersumber dari Modul Pegangan Mahasiswa Sebuah Universitas, mahasiswa yang menulis adalah salah satu mahasiswa bidikmisi yang kuliah di Ponorogo. Bilamana ada salah kata dan perbuatan dapat menghubungi admin via email stefanikistina@gmail.com atau langsung tinggalkan komentar di bawah ini.. 

Mohon berkomentar dengan sopan.