Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Kelas X Halaman 140

Selamat pagi, pagi ini saya sudah hadir untuk Anda sekalian, menemani Anda untuk berbagi dalam suka maupun duka *ceilehhh*

Senang rasanya dapat bertemu dengan Anda kembali. Oh ya, beberapa waktu yang lalu saya menemani adik saya untuk membeli sebuah buku, diantaranya adalah buku ini. Jadi saya bisa berbagi dengan Anda ^^.

Hmmm... Oke baik langsung saja yuk ini dia pembahasan Soal Sejarah Indonesia Kelas X Halaman 140 Semester 1.

Dalam catatan sejarah, Kerajaan Majapahit dikenal sebagai kerajaan besar yang mampu menguasai hampir seluruh pulau di Nusantara, melampaui luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Kitab Negarakertagama mencatat puluhan daerah yang menyerahkan upeti kepada Kerajaan Majapahit.

1. Apa pelajaran yang dapat kamu petik dari belajar tentang perkembangan Kerajaan Majapahit?

Jawaban : Kerjaaan Majapahit adalah kerajaan yang cukup berkembang pesat. Wilayah kekuasaannya juga cukup luas. Banyak pencapaian yang telah di capai ole kerajaan Majapahit. Selain itu kini pada masa kita saat ini banyak peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih dapat kita saksikan.

2. Bagaimanakah Gajah Mada dapat menyatukan wilayah Nusantara?

Jawaban : Hal ini memang tidak dapat dilepaskan dan kegigihan Gajah Mada. Sumpah Palapa, ternyata benar-benar dilaksanakan.

3. Bagaimana penilaianmu tentang Sumpah Amukti Palapa dari Gajah Mada? Buatlah jawaban dalam 3-4 halaman!

Jawaban : Pada saat diangkat sebagai Mahapatih Gajah Mada bersumpah bahwa ia tidak akan beristirahat (amukti palapa) jika belum dapat menyatukan seluruh Nusantara. Sumpah itu kemudian dikenal dengan Sumpah Palapa sebagai berikut :

“Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, amun kalah ring Gurun, ring seran, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo,ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, saman isun amukti palapa”.

Artinya:

“Setelah tunduk Nusantara, saya akan beristirahat; Sesudah kalah Gurun seran, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, barulah saya akan beristirahat”

Sumpak Amukti Palapa dari gajah Mada betul-betul dilaksanakan. Berkat kegigihan Gajah mada tersebut sumpah ini dapat dilaksanakan dan wilayah kekuasaan majapahit pun meluas sehingga pada masa pemerintahan Gajah Mada, Kerajaan Majapahit berada pada masa keeemasan.

4. Buatlah peta wilayah Nusantara pada abad ke-10 sampai 15 Masehi



Nah, sekian dahulu yah pembahasan kita pagi ini. Saya mau keluar sebentar untuk membeli sarapan :D Tidak terasa sudah hampir satu jam saya bangun tapi belum sarapan juga, alamakkk bagaimana juga ini hehe.

Oh ya teman-teman jangan lupa untuk tinggalkan komentar kalian yahh.. Ditunggu lhoo ^^ Buat yang mau follow penulis langsung via instagram yaaa @nifafani