Pembahasan Soal SBMPTN Sejarah 2

Terima Kasih untuk Anda yang masih setia mengunjungi blog @nifafani. Berikut adalah pembahasan dari pada soal - soal yang sebelumnya sudah pernah di upload. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat membuka pada halaman >> 15 Soal SBMPTN Sejarah


Nah buat yang sudah penasaran, yuk langsung saja mari kita bahas bersama..



PEMBAHASAN DAN JAWABAN 

TES KEMAMPUAN DASAR ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

SBMPTN 2014

SEJARAH

1. Pemilu 1955 dilakukan untu dua keperluan, yaitu untuk memilih anggota DPR (29 September) dan dewan konstituante (25 Desember). Empat partai yang memperoleh suara terbanyak, yaitu:

Jawaban: A

2. Bung Hatta muda pernah bersekolah di Handels Hogore Schools, Rotterdam, Belanda. Disana ia masuk organisasi pergerakan mahasiswa Indische Vereeniging, pada 1921. Pada tahun 1922, bersama para mahasiswa Indonesia lainnya, ia mengubah nama Indische Vereeniging menjadi Indonesische Vereeniging yang kemudian dikenal sebagai perhimpunan Indonesia.

Jawaban: C

3. Pengertian bangunan batu raksaksa yang tertera dalam opsi:

a. Candi, bangunan batu untuk memuliakan orang-orang besar yang telah wafat dan tempat atau beribadah peninggalam masa Hindu-Budha.
b. Punden berundak, bangunan batu bertingkat sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang.
c. Dolmen, meja batu tempat meletakan sesajen bagi roh nenek moyang.
d. Sarkofagus, batu besar yang menyerupai mangkuk dua tangkup seperti peti jenazah.
e. Menhir, tugu batu yang berfusngsi sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang.

Jawaban: C

4. Pada waktu Kerajaan Sriwijaya mengembangkan kekuasaanya pada abad ke-7, selat Malaka sudah mulai dilalui pedagang muslim. Hal ini diketahui berdasarkan berita Tiongkok pada zaman Tang, yang juga menyebutkan bahwa pemukiman masyarakat muslim telah ada di daerah Sumtra.

Jawaban: D 

5. Kabinet parlemen dimulai sejak Sultan Syahrir diangkat menjadi perdana Menteri pada November 1945 dan berakhir setelah pemerintahan juanda,tahun 1959.Selama periode ini,sering terjadi pergantian perdana mentri.Hal ini terjadi karena setiap partai yang duduk di parlemen selalu mengedapkan kepentingan partainya masing-masing dari pada kepentingan bangsa dan Negara.

Jawaban: B

6. Organisasi semimiliter bentukan pemerintahan pendudukan jepang yang terdapat pada opsa,yaitu:

a. Keibodan,merupakan pembantu polisi yang anggotanya berusia 20-25 tahun(diubah 26-35 tahun).
b. Seinendam,adalah organisasi barisan pemuda yang dilatih untuk menjaga dan mempertahankan tanah airnya. Anggotanya berusia 14-25 tahun(diubah 14-22 tahun).
c. Fijinkai,adalah jimpuan perempuan yang keanggotanya sudah berusia 14 tahun

Jawaban: C

7. Dijatuhkannya bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki memiliki tijuan strategis.selain sebagai markas militer,Hiroshima juga dikenal sebagai kota pelabuhan yang besar di jepang.Sementara Nagasaki merupakan kota industry perkapalan yang sudah maju. Hancurnya Kedua Kota tersebut praktis telah melumpuhkan perekonomian jepang.

Jawaban: E

8. Sebagai pihak dan kalah dalam PD II,jepang tidak mungkin lagi memberi Kemerdekaan kepada bangsa Indonesi.Terlebih jepang pun sudah terikat perjanjian dengan sekutu untuk mempertahankan status quo. Dilain peristiwa,proklamasi Kemerdekaan RI hanya di bacakan oleh Sukarno dan didampingi oleh Moh.Hatta.

Jawaban: C

9. Salah satu hal yang melatar belakangi bangsa Eropa menjelajahi samudra luas adalah kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satunya ialah teori heliosentris  yang di kemukakan oleh Nicolaus Copernicua. Banyak para penjelajah Eropa yang mencari sumber rempah-rempah Ke dunia yang belum mereka kenal terilhami oleh teori tersebut dan berhasil menemukannya. Dari temuan baru ini, Kemudian berkembang menjadi praktik imperialisme.

Jawaban: A  

10. Negarakertagam (Desawarnana) ditulis oleh Empu Prapanca atas inisiatif sendiri setelah berhenti dan jabatan Dharmadyaksa Kasogatan, kemudian meninggalkan ibukota dan menjadi seorang pertapa di pedesaan. Isinya banyak menyanjung Raja Hayam Wuruk, serta kewibawaan Kerajaan Majapahit.

Jawaban: D

11. Isteri Sedar merupakan organisasi perempuan yang didirikan oleh Suwarni Pringgodigdo pada tahun 1930, di Bandung. Sebagai organisasi perempuan, Isteri Sedar merupakan organisasi pertama yang melakukan propaganda menyuarakan antikolonial sebagai konsekuensi dan keyakinan nasional yang radikal.

Jawaban: A

12. Perkembangan Islam di Pulau Jawa sangatlah pesat. Hal ini tidak terlepas dan adanya toleransi masyarakat Hindu-Buddha yang mau menerima keberadaan masyarakat Islam di tengah-tengah kehidupannya. Apabila ditelisik Iebihjauh, ternyata toleransi ini dapat tercipta berkat dakwah-dakwah para mubalig yang dilakukan secara damai dan senantiasa menghormati budaya-budaya masyarakat Jawa ketika itu. Perkembangan Islam di Jawa pun makin pesat tatkala para raja mulai menganut agama ini yang kemudian diikuti oleh para rakyatnya.

Jawaban: E

13. Hasil KMB meliputi hal-hal sebagai berikut.

a. Belanda rnengakui RIS. sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
b. Pengakuan kedaulatan dilakukan selambat lambatnya tanggal 30 Desembe 1949.
c. Masalah Irian Barat akan diadakan perundingan lagi dalam waktu 1 tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS.
d. Antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni-Indonesia Belanda yang dikepalai Ratu Belanda.
e. Kapal-kapal perang Belanda akan ditarik dan Indonesia dengan catatan beberapa korvet akan diserahkan kepada RIS.
f. Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur, sedangkan Tentara Hindia-Belanda (KNIL) akan dibubarkan dengan catatan bahwa para anggotanya yang diperlukan akan dimasukkan dalam kesatuan TNT.

Jawaban: A

14. Ketika menjajah Hindia-Belanda, pernerintah kolonial Hindia-Belanda menerapkan kebijakan segregasi bagi masyarakat Eropa, Timur Asing (Vremde Oosterlingen) dan Pribumi (Iniander). Salah satu caranya, yaitu dengan pengawasan ketat terhadap golongan Vremde Oosterlingen melalui peraturan Wijkensteisel. Wijkenstelsel merupakan peraturan yang menginstruksìkan bahwa orang-orang timur asing harus bertempat tinggal pada wilayah tertentu sesuai dengan komunitasnya. 

Jawaban: D

15. Mohenjo Daro dan Harappa merupakan dua kota purba yang terkubur lama di Lembah Sungai Indus. Sebab sebab kehancuran peradaban yang canggih ini telah diselidiki oleh banyak ilmuwan. Selain peperangan dan kerusakan lingkungan, bencana banjir disebut-sebut sebagai sebab utama hancurnya peradaban Mohenjo Daro dan Harappa.

Jawaban: D

Nah, cukup sekian dahulu postingan saya kali ini. Nantikan postingan - postingan yang lainnya yaa.. Di tunggu untuk komentarnya dei keberlangsungan blog ini..