Pembahasan Soal IPS Buku Ajar Kelas IX Halaman 87

Selamat pagi, wahh Surabaya cerah banget nih pagi ini. Asli nggak salah dehh ngeblog pagi-pagi gini. Pagi ini kakak nggak sendirian lho ngeblognya ^^ Lagi di temai oleh adik cantik yang biasanya suka ngebo, ehh ini mau bantuin ngetik buat kalian semua lho ^^



Jadi ajak kakak, adik kalian yahh buat baca dan kunjungi blog ini ^^ Oh ya, bilamana bermanfaat jangan lupa untuk tinggalkan komentar Anda yahh..

Oke yukk langsung saja, ini dia...

Pembahasan Soal Buku Ajar IPS Kelas 9 Semester 1 Halaman 87

1. Sebutkan faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional!

Jawaban : Faktor pendorong adanya perdagangan internasional antara lain dikarenakan adanya perbedaam sumber daya alam, untuk memenuhi kebutuhan nasional, adanya perbedaan selera dalam kehidupan, Untuk memperoleh barang yang tidak dapat di produksi dalam negeri, Adanya hubungan kerja sama dan diplomatik, Penguasaan ilmu penegtahuan dan teknologi yang lebih banyak, Adanya kelebihan atau kekuragan hasil produksi, dan yang terakhir adanya komunikasi dan sarana transportasi.

2. Sebutkan tiga manfaat dari perdagangan internasional !

Jawaban : Manfaat dari pada perdagangan internasional antara lain : Untuk memenuhi kebutuhann akan barang dan jasa, Dapat memperoleh barang atau jasa dengan harga yang lebih murah, Mendorong kegiatan ekonomi dalam negeri, Memperluas lapangan pekerjaan, Merupakan sumber pendapatan bagi negara, Menambah jumlah barang dan kualitas barang, Memperoleh manfaat dari adanya spesialisasi dalam bentuk keunggulan komparatif dan peningkatan kemakmuran, meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi, Meningkatkan proses tukar menukar antar negara, Meningkatkan devisa negara.

3. Jelaskan mengapa kebijakan ekonomi internasional yang dilakukan dapat menghambat perdagangan internasional?

Jawaban : Setiap negara tentunya akan selalu melindungi barang-barang hasil produksi sendiri. oleh karena itu, setiap negara akan memberlakukan beberapa kebijakan untuk melindungi barang-barang dalam negeri. Antara lain dengan cara sebagai berikut:

- Adanya tarif dan bea cukai : Tarif adalah pembebanan (custom duties) terhadap barang-barang yang melewati batas kenegaraan. tarif dapat digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu : bea ekspor, bea transit, bea import, dan uang jainan import.

- Kuota : Kuota adalah kebijakan dalam pembatasan jumlah barang yang diperbolehkan masuk maupun keluar di suatu negara.

- Subsidi : Subsidi adalah bantuan pemerintah untuk produsen lokal.

- Exchange control : Pemerintah menerapkan sistem lalu lintas devisa secara terkontrol dengan aturan-aturan tertentu yang disesuaikan dengan kepentingan negara bersangkutan.

- State Trading Operation : Peranan pemerintah dalam perdagangan melakukan kegiatan ekspor.

- Politik dumping : adalah politik atau kebijakan yang dilakukan dengan cara emnjual produk luar negeri lebi murah dari pada dalam negeri.

4. Sebutkan lima sumber devisa negara!

Jawaban : Sumber devisa negara dapat diperoleh dengan : Adanya kegiatan ekspor, Perdaganagan jasa, Turis Internsional, Bantuan dari luar negeri, Kredit luar negeri, dan Pengiriman uang asing dari luar negeri.

5. Apa yang dimaksud dengan sistem kurs mengambang atau bebas?

Jawaban : Kurs mengambang atau bebas adalah sistem kurs yag ditentukan oleh kekuatan tarik-menarik faktor permintaan dan faktor penawaran terhadap mata uang asing.

Nah, sekian dahulu yahh postingan dari saya pagi ini ^^ nantikan postingan-postingan yang lainnya.!! Oh ya, jangan lupa untuk ajak kakak dan adik-adik kalian untuk mengunjungi blog @nifafani ini! karena dijamin setiap harinya bakalan ada yang baru lhoo ^^

Okee see you yaa, jangan lupa follow instagram @nifafani