Pembahasan Buku Ajar IPS Kelas IX Halaman 8

" ku tertipu lagi oh uohooo.. Lelaki buaya darat.. " hehehehe.. siang-siang yang panas, kebetulan sedang makan siang dan ngetik untuk postingan ini saya mendengar lagu dari Bunda Maya yang menyanyikan lagu lelaki buaya darat ini. Saya tertarik dan jadi mendownload deh. Sehingga saat ini di tengah ngetik postingan untuk kalian semua, saya sambil mendengarkan lagu dari Bunda Maya dengan judul Lelaki Buaya Darat.

Oke yuk langsung saja kita bahas bersama untuk postingan kali ini ^^




Pembahasan Soal Latihan Buku Ajar IPS Kelas IX Semester 1 Halaman 8

1.Apa yang di maksud dengan negara berkembang (developing country) ?

Jawaban : Negara berkembang atau (developing country) adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau rendah, atau dalam perkembangan.

2. Sebutkan tolak ukur atau indikator dalam penggologan negara sebagai negara maju atau negara berkembang!

Jawaban : Ada beberapa tolak ukur atau penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang, sebagai berikut :

- Pendapatan perkapita : Pendapatan rata-rata penduduk suatu negara satu tahun.

- Tingkat pertumbuhan dan jumlah penduduk : Laju pertumbuhan penduduk di negara berkembang jauh lebih tinggi di bandingkan negara maju. Di negara maju bisa 1/2 jumlahnya di bandingkan negara berkembang

- Jumlah penduduk miskin : Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan

- Tingkat kesehatan, angka kematian bayi dan ibu melahirkan, usia harapan hidup : Di negara maju angka kematian ibu dna bayi rendah, berbanding terbalik dengan negara berkembang yang relatif tinggi. Hal ini dikarena di negara maju mereka mampu membeli kebutuhan hidup dan memenuhinya, sedangkan di negara berkembang tidak. Kemudian untuk usia harapan hidup ini juga sangat berpengaruh dalam menentukan kualitas hidup rakyat. Semakin panjang usia harapan hidupnya maka semakin baik kualitas kehidupannya.

- Tingkat pengangguran : Di negara maju umumnya tingkat penganggurannnya rendah, sebaliknya di negara berkembang tingkat penganggurannya cukup tinggi.

- Tingkat pendidikan dan angka melek huruf : Suatu negara dikatakan maju apabila angka melek huruf tinggi atau angka buta huruf cukup rendah.

- Mata pencaharian dan pengolahan sumber daya alam : Sebagian negara maju adalah tenaga kerja terdidik yang bekerja di bidang industri dan jasa, sedangkan sebagian besar penduduk di negara berkembang kurang terdidik dan lebih banyak bekerja di bidang agraris.

- Tingkat produktivitas : Tingkat kualitas hidup penduduk mendorong semakin tingginya produktivitas masyarakat yang bermuara pada semakin tingginya pendapatan per kapita dan pendapatan nasional.

- Indikator kualitatif : Tingkat partisipasi masyarakat di negara berkembang dalam penegakan hukum masih relatif rendah berbeda dengan di negara maju.

3. Sebutkan ciri-ciri negara berkembang!

Jawaban : 

Ciri  ciri negara berkembang adalah :

- Pendapatan perkapita relatif rendah sehingga kualitas standar hidup penduduknya rendah

- Laju pertumbuhan dan jumlah penduduk relatif tinggi.

- Angka kemiskinan dan pengangguran relatif tinggi

- Kualitas pendidikan penduduknya rata-rata rendah sehingga angka buta huruf tinggi

- Tingkat pengangguran tinggi

- Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga

- perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban

- sifat penduduk kurang mandiri

- sangat tergantung pada alam  dan keterganungan terhadap negara maju

- Pengolahan sumber daya alam belum optimal

- Intensitas mobilitas rendah

4. Bagaimanakah tingkat pendidikan di negara maju?

Jawaban : Tingkat pendidikan di negara maju relatif tinggi dengan bisa dilihat dari sebagian besar penduduknya telah bebas buta huruf, tingkat rata-rata penduduknya cukup tinggi, dan semua penduduk usia sekolah menempuh pendidikan.

5. Sebutkan negara-negara maju yang ada di Eropa!

Jawaban : Negara-negara maju yang ada di Eropa : Inggris , Prancis, Belanda, Jerman , Spanyol, Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark, Belgia, Austria, Swiss, Estonia, republik Ceko, Yunani, Irlandia, Italia, Luksemburg, Portugal, Rusia, Spanyol Andorra, Hongaria, Vatikan.

Nah sekian dahulu yahh postingan hari ini. terima kasih telah berkunjung ke blog @nifafani.