Pembahasan 15 Soal SBMPTN Biologi 2

Selamat malam.. Malam ini ditemani oleh kacamata imut saya yang baru saja ketemu, hehe *maklum suka lupa taruh dimana* jadi saya update kembali postingan ini untuk Anda sekaliann.. Tak terasa juga malam ini sudah pukul 23:11 waktu Indonesia Bagian Barat. Hmmm saya harap postingan ini dapat bermanfaat yahh untuk Anda sekalian..

Postingan ini saya buat lanjutan dari postingan yang sebelumnya yaitu 15 Soal SBMPTN Biologi 2 buka deh di buka buat yang belom tahu ^^

Hmm... tiba-tiba dada saya terasa sesak, entah mengapa perasaan ini begitu sesak saya rasa. Saya harap akan baik-baik saja.
Yuk langsung saja kita bahas bersama..

Jawaban BIOLOGI

1. Perhatikan penjelasan berikut ini.

A. Epidermis merupakan lapisan paling luar sehingga berfungsi untuk melindungi jaringan yang terdapat di bagian lebih dalam.

B. Kutikula merupakan lapisan yang melindungi epidermis dan berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan.

C. Stomata (mulut daun) merupakan salah satu derivat epidermis pada daun yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas.

D. Trikomata merupakan salah satu derivat epidermis yang memiliki struktur bervariasi menyerupai rambut, sisik, tanduk, dan lain-lain. Trikomatapada daun secara urnum berfungsi sebagai pelindung dan mencegah penguapan yang berlebih.

E. Mesofil merupakan jaringan parenkim (jaringan dasar) yang mengandung banyak kioroplas di dalamnya. Parenkim palisade dan parenkim spons termasuk ke dalam mesofil. Parenkim palisade banyak mengandung kioroplas sehingga pada bagian ini fungsi autotrof dapat berlangsung. Sedangkan parenkim spons mempunyai ruang antarsel sehingga berfungsi untuk pertukaran gas.

Jawaban: E

2. Polymerase chain reaction (PCR) merupakan suatu teknik atau metode perbanyakan DNA secara enzirnatik yang dilakukan di dalam tabung (in vitro).

Jawaban: D

3. taksonomi Manusia



4. Ribulosa bifosfat karboksilase berfungsi untuk mengikat CO2 saat proses reaksi gelap pada foto sintesis. Fotosintesis terjadi di kloropas

Jawaban: A

5. photoderma merupakan lapisan terluar dari meristem primer yang akan berkembang menjadi epidermis. Photoderma merupakan salah satu sitem jaringan yang dihasilkan dari sel-sel meristem pada daerah diferensiasi sel.

Jawaban: A

6. Bagian yang berperan dalam pertumbuhan sekunder adalah kambium. Sel-sel kambium membelah ke arah dalam membentuk xilem sekunder dan sel-sel kambium yang membelah ke arah luar membentuk floem sekunder. Pembentukan xilem sekunder dan floem sekunder dipengaruhi oleh musim dan menimbulkan terbentuknya lingkaran tahun.

Jawaban: E

7. Proses pengubahan glukosa menjadi CO2 dan H20 merupakan proses katabolisme. Katabolisme merupakan proses penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Pada proses ini dihasil kan energi. Katabolisme terjadi melalui 4 tahapan, yaitu sebagai berikut.

1. Glikolisis, proses penguraian glukosa menjadi dua molekul asarn piruvat. Proses glikolisis menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH.

2. DekarboksilaSi oksidatif, proses penguraian asam piruvat menjadi asetil koenzim A. Proses ini menghasilkan 2 NADH.

3. Siklus Krebs, menghasilkan 6 NADH, 2 FADH, dan 2 GTP.

4. Transpor elektron, proses pengubahan sumber elektron (NADH dan FADH) ke dalam bentuk energi.

Jawaban: C

8. Berikut ini yang merupakan Kelompok Protista Mirip. Tumbuhan (Alga) adalah sebagai berikut

1. Rhodophyta B erhabitat di laut dalam. Mengandung pigmen fikoeritrin, memiliki kiorofil a, kiorofil d, karoten, dan fikosianin. Rhodophyta melakukan reproduksi secara aseksual dengan spora.

2. ChloroPhYta Umumnya hidup di air tawar, beberapa ada yang hidup di laut. Memiliki kiorofil a, kiorofil c, karoten, xantofil, dan fikosantin. Chiorophyta melakukan rcproduksi secara aseksual dengan membentuk zoospora dan reproduksi seksual dengan cara peleburan sel jantan dan betina dengan konjungsi.

3. Cyanophyta Ditemukan di mana-mana (kosmopo litan). Memiliki pigmen kiorofil, karoten, fikosianin, dan fikoeritrin. Reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan akinet.

4. Phaeophyta: Hidup di laut. Memiliki Pigmen fukosantin, karoten, xantofil, kiorofil a, dan kiorofil c. Phaeophyta melakukan reproduksi secara aseksual dengan fragmentasi

5. Chrysophyta: Umumnya hidup di air tawar, namun ada juga yang hidup di laut. Memiliki pigmen fukosantin, karoten, kidrofil a, dan kiorofil b. Chrysophyta melakukan reproduksi aseksual dengan cara pembelahan biner dan zoospora.

Jawaban: B

9. Respirasi anaerob merupakan proses respirasi yang tidak memerlukan oksigen. Respirasi ini dapat berlangsung. di udara bebas, tetapi proses respirasinya tidak menggunakan 02 yang berada di udara. Sel yang melakukan respirasi secara anaerob dapat menghasilkan ATP hanya saja jumlahnya jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan respirasi aerob.

Jawaban: B

10. Sintesis protein terjadi di ribosom melalui tahap transkripsi (nukieus) dan translasi (ribosom) yang ditentukan oleh gen. Kecepatan sintesis protein ditentukan oleh konsentrasi DNA karena pada transkripsi peinbentukan RNAd dibentuk dan DNA.

Jawaban: C

11. Glukagon dihasilkan oleh pankreas ketika kadar glukosa dalam darah berkurang. Glukagon mempercepat perpindahan glukosa ke dalam sel. Glukagon akan merangsang terjadinya glikogenolisis (proses perubahan glikogen menjadi glukosa) dan glukoneogenesis (proses pembentukan glukosa dan senyawa yang bukan karbohidrat) sehingga menyebabkan penguraian simpanan glikogen.

Jawaban: D

12. Ikan bergerak menggunakan otot segmental dengan dukungan ruas tulang belakang dan juga sirip. Sementara itu gurat sisi berfungsi untuk menentukan tekanan hidrostatis serta menjaga keseimbangan tubuh.

Jawaban: E

13. Jelas terlihat pada grafik bahwa ketika populasi kelinci menurun, populasi serigala meningkat. Sebaliknya ketika populasi kelinci naik, populasi serigala turun.

Jawaban:B

14. Pada fase S terjadi proses sintesis protein dan replikasi DNA. Sintesis protein terjadi rnelalui tahap transkripsi (DNA mengkopi din menjadi RNAduta) dan translasi (proses penerjemahan kodon pada RNAd oleh RNAt).

Jawaban: C

15. Replikasi (perbanyakan DNA) terjadi pada tahap interfase. Interfase terdiri atas tiga fase, yaitu fase pertumbuhan primer (G 1) (metabolisme sel, perbanyakan organel), fase sintesis (S) (sintesis protein dan replikasi DNA), fase pertumbuhan sekunder (G2) (perbanyakan organelorganel).

Jawaban: C


Terima kasih telah mengunjungi blog @nifafani, terima kasih juga tetap setia dengan blog ini. Saya harap Anda dapat dengan senang hati meninggalkan jejak kunjungan Anda pada laman komentar :D