Pembahasan 15 Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2

Selamat siang, berikut dibawah ini adalah Pembahasan dari 15 soal Bahasa Indonesia yang sebelumnya telah saya posting pada postingan yang sebelumnya yaitu 15 Soal SBMPTN Bahasa Indoensia.


Hmmm.. Siang hari ini saya juga sedang di temani oleh teman saya yang tengah ada masalah, saya berdoa agar masalahnya lekas selesai. Semua orang tentu memiliki masalah, sama seperti saya juga saya memiliki masalah. Kita saling membutuhkan satu sama lain, oleh karena itu kita perlu adanya komunikasi.

Oke langsung saja dari pada saya melantur kemana - mana ..


KUNCI JAWABAN

BAHASA INDONESIA

1. Ide pokok bacaan merupakan ide yang mendasari pengembangan suatu bacaan.Ide pokok tersebut pada umumnya terletak pada bagian awal bacaan.Hal itu seperti yang tampak pada bacaan tersebut.Ide pokoknya dinyatakan dalam kalimat pertama, yakni tentang ungkapan dalam dunia politik

 Jawaban: B

2.Bacaan tersebut, antara lain, menyatakan bahwa ungkapan dalam dunia politik sering membuat orang lain takut. Ungkapan tersebut secara tersurat dinyatakan dalam kalimat kelima.

 Jawaban: C

3.Simpulan merupakan pemakaman kembali atas kesluruhan isi paragraph. Kesimpulan dirumuskan berdasarkan pokok pembicaraan dari setiap kalimatnya. Adapun kalimat-kalimat di dalam paragraf itu berbicara tentang bencana yang hampir selalu terjadi di Indonesia, baik itu yang disebabkan oleh faktor alam ataupun sejarah Kebencanaan. Dengan demikian, Kesimpulannya adalah bahwa Indonesia merupakan daerah yang memang rawan bencana.

 Jawaban: D

4.Kata “di” dafat berfungsi sebagai kata imbuhan atau kata depan.
Di yang merupakan Kata imbuhan yang di tulis menyatu dengan kata yang mengikutinya. Sementara, di yang merupakan kata depan seperti halnya ke, dari ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya. Oleh karena itu, penulisannya di yang tempat, yakni di antaranya.

 Jawaban: A

5.Makna lesikal domestic adalah “binatang piaraan” atau “binatang jinak” . Dengan demikian, makna struktura untuk istilah domestikasi dalam kalimat itu adalah “proses menjinakkan” (hewan liar untuk kepentingan manusia).

 Jawaban: B

6.Kata-kata dinas pendidikan dalam cuplikan tersebut harus menggunakan huruf Kapital pada bagian awalnya. Hal ini terkait dengan salah satu fungsi huruf Kapital, yakni digunakan dalam penyebutan nama instansi (pemerintahan).

 Jawaban: B

7. Kata pemukiman bermakna “tempat bermukim” . Kata tempat   sudah digunakan sebelum bentukan kata permukiman. Oleh karena itu, penggunaan yang benar adalah bermukim sehingga makna “tempat” dalam kalimat tersebut tidak berulang dua kali.

 Jawaban: B

8. makna leksikal integrasi adalah pembaruan. Makna tersebut tidak mengalami pergeseran dalam kalimat tersut, yakni masih tetap bermakna pembaruan hingga menjadi kesatuan budaya yang baru.

 Jawaban: C

9. Kalimat tersebut sudah mengalami perluasan, baik yang berupa penambahan atribut ataupun berupa penambahan unsur (keterangan).
 Dengan demikian, unsur pokok kalimat itu adalah udara kotor menyebabkan kadar oksigen berkurang.

 Jawaban: B

10. Kalimat pada soal tidak baku karena tidak memiliki subjek. Adapun kata-kata karena eksploitasi yang terus menerus dan tidak diimbangi dengan penanaman kembali bukanlah subjek, melainkan keterangan. Hal itu ditandai oleh penggunaan konjungsi karena di depannya, Untuk mengubahnya menjadi subjek, kata karena tersebut harus dihilangkan.

 Jawaban: A

11. Ide pokok paragraf merupakan ide atau gagasan yang mendasari pengembangan suatu paragraf. Ide pokok paragraf pada umurnnya diletakkan pada bagian awal (kalimat pertama). Dalam. kalimat tersebut diketahui bahwa ide pokoknya berkenaan dengan”abrasi sebagai suatu proses”. Kalimat tersebut menyatakan tahap tahap terjadinya abrasi. ¡de pokok itu kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat di bawahnya.

 Jawaban: B

12. Paragraf itu menjelaskan perkembangan kajian ilmu bahasa yang sangat pesat. Penjelasan berikutnya dinyatakan bahwa hat itu berpengaruh pada praktik pengajaran bahasa (di sekolah). Dengan kata lain, pengajaran bahasa tidak akan mengalami perkembanganjika tidak ada kajian bahasa.

 Jawaban: E

13. Masalah utama suatu paragraf selalu disajikan pada bagian awal. Masalah tersebut berupa pernyataan umum yang bersifat merangkum keseluruhan isi paragraf. Dalam paragraf tersebut dinyatakan bahwa terdapat tiga hal yang perlu dilakukan dalam menghadapi bencana. Tiga hal yang dimaksud merupakan macam macam kegiatansiaga (dirinci di bawahnya).

 Jawaban: E

14. Kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk sebagai hasil gabungan dan dua buah kalimat yang sama-sama menggunakan subjek “hutan”. Penggabungan tersebut bisa menjadikan subjek kalimat keduanya dilesapkan, cukup disebutkan sekali pada kiausa pertamanya saja. Akan tetapi, kalimat pertamanya itu memiliki banyak kata. Hasil bentukannya itu menjadi panjang. Dengan demikian, subjek pada klausa keduanya harus tetap dihadirkan. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari ketidakjelasan atau kehilangan jejak atas maksud (subjek) pada klausa keduanya.

 Jawaban: B

15. Makna leksikal transformasi adalah perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi). Makna tersebut tidak berbeda dengan makna struktur atau kalìmatnya, yakni “perubahan bentuk”.

Jawabun: A

Terima kasih saya ucapkan untuk Kak Chania yang sudah memberikan waktu dan juga pikirannya untuk membantu keberlangsungan dan perkembangan blog yang sederhana ini. Buat kalian yang mau ikut join monggo ^^ Langsung kontak admin yaa via email di stefanikristina@gmail.com