Pembahasan 15 Soal SBMPTN Bahasa Inggris

Selamat malam, malam ini saya akan membagikan beberapa pembahasan dari soal-soal yang sebelumnya sudah pernah saya posting. Saya harap dari postingan-postingan ini dapat membuat Anda belajar lebih banyak lagi. Saya harap postingan ini juga membantu Anda dalam pembelajaran sehari-hari.

Malam ini perasaan saya sedang gundah gulana. Entah mengapa saya memiliki perasaan demikian. Rasanya sedih bercampur menjadi satu. Saya harap dengan berbagi bersama Anda saat ini dapat mengurasi perasaan galau saya.

Well menjadi orang yang baik itu tidaklah mudah ya teman-teman :')

Aduh saya jadi curhat lagi, maaf.. Yauda langsung saja yahh yuk di cek nih postingan yang berikut ini ^^

Buat yang belum baca soalnya, bisa langsung buka di 15 Soal SBMPTN Bahasa Inggris ya teman-teman ^^



BAHASA INGGRIS

1. Dan paparan bahwa sekolah terbelit masalah—pada paragraf 1, justifìksi dari melesetnya harapan dengan apa yang terjadi di sekolah-pada paragraf 2, keluhan atas kebijakan pemerintah Amerika tentang pendidikan—pada paragraf 3, dan mempertanyakan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah— pada paragraf 4, kita dapat menyimpulkan bahwa yang menjadi tajuk teks adalah keraguan tentang keefektifan sistem persekolahan di Amerika (doubts on the effectiveness of American school systems).

 Jawaban: D

2. Sejalan dengan tajuk teks pada pembahasan soal nomor 31 di atas, tujuan teks adalah untuk mengupas (discuss) apakah sistem persekolahan di Amerika betul-betul efektif untuk mendidik anak (jf the American schools is truly effective to educate children).

 Jawaban: A

3. Kata qualms4 pada baris ke-2 paragraf 1 memiliki pengertian ‘rasa cemas’ atau ‘keraguan’. Makna yang sama dapat diberikan oleh kata pada opsi (E) doubts. Kata pada opsi lain masing-masing memiliki arti: beliefs = keyakinan, requests = permohonan, remarks = komentar/ucapan, dan views = pandangan/pendapat

 Jawaban: E

4. Secara keseluruhan teks menyodorkan analisis bagaimana kebakaran hutan dan pemanasan global berkontribusi pada meningkatnya suhu (Global warning and forest fires as factors contributing to rising temperatures).

 Jawaban: A

5. Pada simpulan teks (paragraf terakhir), secara implisit disebutkan bahwa semua orang harus secara aktif terlibat dalam upaya menyelamatkan bumi dan kerusakan (all people must be actively involved in saving the world from destruction).

 Jawaban: E

6. Yang tidak dibahas dalam teks adalah tempat pernanasan global (the site of global warming. Di lain pihak, faktor-faktor yang memicu meningkatnya suhu dunia diulas pada paragraf 1 dan 2-terutama kalimat terakhir paragraf 2, solusi untuk mengurangi pemanasan global disodorkan pada paragraf 4 dan 5 pendidikan menyangkut pemanasan global ditawarkan pada paragraf 5, dan dampak dan kebakaran hutan diinformasikan pada paragraf 1 dan 2.

 Jawaban: D

7. Dilihat dan struktur teks yang cumulai dengan analisis pemicu pemanasan global diikuti sodoran solusi dan diakhiri dengan ajakan untuk mengurangi pemanasan global, jelas bahwa tujuan penulisan teks adalah untuk membujuk pembaca guna mengurangi meningkatnya suhu dunia (to persuade the readers to fight against the world rising temperature).

 Jawaban: B

8. “Some plans to reduce greenhouse gas emissions, such as Kyoto Protocol has been in place for years, but they have shown little results.” Kata ganti ‘they’ mengacu pada inti pembicaraan pada pernyataan sebelumnya, yakni some plans.

 Jawaban: C

9. Kata decomposition pada paragraf 2, secara konteks, memiliki pengertian ‘penguraian’ atau ‘penipisan’. Makna yang sama dapat diberikan oleh kata pada opsi (D) depletion. Kata pada opsi lain masing masing memiliki arti: developtnent = pengembangan, deterioration = kemerosotan/kemunduran, destruction pengusakan, dan diversity = keragaman.

 Jawaban: D

10. Yang dapat disimpulkan dan paparan paragraf 2 adalah bahwa dalam era informasi, orang-orang terhubung Lewat jejaring teknologi (in the information age, people are networked together through technology) Di lain pihak, pernyataan opsi (A) yang terjadi pada tahun 1990-an bukanlah ledakan informasi melainkan ledakan teknologi informasi. Opsi (B) berkontradiksi dengan pernyataan kalimat terakhir paragraf2-justru informasi tersedia tanpa mengenal batas geografis. Opsi (D) merupakan simpulan yang keliru; global village bukan tujuan lembaga atau organisasi dalam menciptakan dimensi penyebaran informasi yang canggih melainkan istilah yang menggambarkan dunia informasi tersebut. Dan opsi (E) jejaring dunia— world wide web—diciptakan bukan untuk menjawab kebutuhan komunikasi.

 Jawaban: C

11. Dan urut-urutan waktu yang runut (1940-an lalu 1970-an kemudian 1980-an pada paragraf 1, 1990- an pada paragraf 2, dan waktu kini pada paragraf 3), nampak bahwa penulis. menyajikan paparannya dengan membahas perkembangan teknologi secara kronologis (presenting the development of technology chronologically).

 Jawaban: E

12. Pernyataan opsi (A) sejalan dengan informasi kalimat ke-5 paragraf 1. Di lain pihak, pernyataan opsi (B) tidak sejalan dengan informasi kalimat ke-4 paragraf 1; opsi (C) tidak dinyatakan dalam teks baik secara implisit ataupun eksplisit bahwa setiap orang terhubung lewat jejaring dunia; pernyataan opsi (D) keliru—justru sebaliknya bahwa ilmu dan teknologi komunikasi mengtengahi kebiasaan dan gaya hidup orang; dan pernyataan opsi (E) bahwa ‘setiap orang harus selalu mewaspadai masa depan eknologi informasi’ tidak dieksplisitkan ataupun diimplisitkan dalam teks.

 Jawaban: A

13. Dan penyajian paparan perkembangan ., teknologj secara kronologis, jelas bahwa tujuan teks adalah untuk menggambarkan sejarah singkat teknologj informasi dan komunikasi (describe a brief history of information and communication technology).

 Jawaban: B

14. Paparan bahwa setiap orang dapat mengakses informasi dimanapun bisa ditemukan pada baris ke 20-22 (paragraf 2). Anywhere = regardless of their geographic location. 

 Jawaban: D

15. Kata merged pada paragraf 1 memiliki pengertian ‘menggabungkan’ atau ‘menyatukan’. Makna yang sama dapat diberikan oleh kata pada opsi (A) combined. Kata padaopsi lain masing-masing memiliki arti: helped = membantu, provided memberikan/menyediakan, served = melayani/menyajikan, dan connected = menghubungkan.

 Jawaban: A

Nah, sekian dahulu yahh postingan dari saya malam ini. Rasanya sedikit lega dapat berkomunikasi dengan Anda sekalian. Saya harap sih Anda mau meninggalkan pesan di halaman komentar yang mana demi saya juga kok hehe ^^

oke salam