15 Soal SBMPTN Bahasa Indonesia

Ada kalanya kita menjadi sibuk dan tidka tahu mau berbuat apa. Sama halnya seperti saya saat ini. entah apa yang harus saya lakukan. Sehingga dari pada waktu saya terbuang sia-sia saya pun memutuskan untuk update blog dan mengisinya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi Anda sekalian para pembaca yang setia dan baik hati.

Oke yuk langsung saja mari kita bahas satu persatu yaaa :)

BAHASA INDONESIA

Teks Berikut digunakan untuk inenjawab soal nomor 16-19

(1) Gangguan kesulitan belajar adalah gangguan yang mempengaruhi kemampuari otak untuk meneri ma, memperoses, menganalisa atau menyimpan suatu informasi. 
(2) Adanya masalah -masalah tersebut dapat menyebabkan seorang anak menjadi kesulitan untuk menyerap pelajaran secepat teman-temannya yang lain. 
(3) Gangguan kesulitan belajar menyebabkan  seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasj atau fokus pada SeSuatu, atau menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk membaca, menulis, mengeja atau mengerjakan soal bahasa.
(4) Dalam kajian psikolinguistik diketahui bahwa bahasa bukan hanya memengaruhi pikiran melainkan juga meningkatkan pikiran. 
(5) Fungsi demikian dapat dirasakan oleh siapa saja yang ‘belajar’ melalui jasa bahasa, baik lisan maupun tulis. 
(6) Selain itu tujuan utama dan kajian psikolinguistik pada dasarnya untuk menemukan struktur dan pr oses  yang melandasi kemampuan yang dimiliki oleh manusia dalam berbicara dan memahami bahasa serta menggali apa saja yang terjadi ketika seorang penutur sedang berbahasa.

1. Apakah gagasan pokok paragraf pertama?

A. Gangguan kesulitan belajar pada anak.
B. Penyebab gangguan kesulitan belajar.
C. Jenis-jenis gangguan kesulitan belajar
D. Gangguan kesulitan belajar membaca
E. Kesulitan untuk membaca merupakan gangguan belajar.

2. Manakah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf kedua?

A. Mengapa gangguan kesulitan belajar dapat terjadi?
B. bagaimana cara mengatasi gangguan kesulitan belajar?
C. Siapa yang mengemukakan teori psikolinguistik?
D. Apakah tujuan dasar kajian psikolinguistik?
E. Apa saja yang terjadi ketika seorang penutur sedang berbahasa?

3. Apa perbedaan gagasan antar paragraf dalam teks tersebut?

A. Paragraf memaparkan gangguan kesulitan belajar secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan gangguan kesulitan belajar secara khusus
B. Paragraf pertama memaparkan  gangguan kesuilian belajar, sedangkan paragraf kedua memaparkan teori psikolinguistik
C. Paragraf pertama memaparkan pengertian gangguan kesulitan belajar, sedangkan paragraf kedua memaparkan tujuan kajian Psikolinguistik.
D. Pargraf pertama memaparkan konsep gangguan Kestulitan bela jar. sedangkan paragraf kedua memaparkan kedudukan bahasa dalam kajian psikolinguistik
E. Paragraf pertama memaparkan konsep gangguan kesulitan belajar, sedangkan paragraf kedua memaparkan fungsi bahasa dalam psikolinguistik.

4. Apa kelemahan paragraf di atas?

A. Tidak ada hubungan antara gangguan kesulitan belajar dengan tujuan kajian psikolinguistik
B. Akibat dan gangguan kesulitan belalar (kalimat 3) tidak dijelaskan secara rinci pada bagian berikutnya.
C. Tidak ada hubungan antara gangguan kesulitan  belajar dengan kemampuan membaca, menulis,  mengeja atau mengerjakan soal bahasa.
D. Tujuan dasar psikolinguistik bukanlah  menemukan kemampuan berkomnikasi manusia.
E. Gangguan kesulitan belajar padaa anak hanya Terjadi  pada kesulitan mernbaca.

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 5-9.

(1) Dengan pengalaman pergaulan internasional, kadang terbersit dalain pikiran saya kapan kurs rupiah menjadi sederhana. misalnya 1 dolar AS ekuivalen dengan Rp10 atau hahkan Rp10 atau bahkan Rpl? 
(2) Bisakah dan kapan itu bisa dilakukan 
(3)Ada dua cara 
(4) Pertama, kita terus memperbaiki kinerja perekonomian,  antara lain memperbesar surplus perdagangan dan menarik banyak modal asing sehingga berujung penguatan devisa. 
(5) Bila  dilakukan berkelanjutan, rupiah pun akan menguat melaIui mekanisasi pasar.
(6) Masalalinya berapa lama itu bisa kita lakukan? 
(7) Apakah menunggu sampai cadangan devisa menembus 1 triliun dolar AS, atau sepertí China yang kini cadangan devisanya hampir 3,3 triliun dolar AS. 
(8) Pasti makan waktu sangat Panjang. 
(9) Cara kedua, redenominasi yakni ‘memaksa” penghapusan beberapa nol (sesuai kebutuhan dan kelayakan) Sehingga kurs rupiah lebih ramping.
(10) melakukan ini tentu tak bisa sembarangan. 
(11) namun jelas lebih jauh ringan daripada harus memupuk cadangan devisa hingga 1 triliun dolar AS. 
(12) berdasarkan pengalaman sebelumnya, memang taka da Negara yang mirim Indonesia yang melakukannya hingga tak mudah mengadopsinya begitu saja.
(13) ada argumentasi bahwa umumnya Negara yang melakukan redenomisasi adalah Negara yang bermasalah dengan inflasi tinggi bahkan hiperinflasi(inflasi di atas 50 persen per bulan). 
(14) sementara itu, di Indonesia inflasi sekarang justru rendah (4,3 persen). 
(15) menurut saya, kedua kondisi ini tidak bertolak belakang. 
(16) jadi, Negara yang inflasinya besar ataupun kecil bisa saja melakukan redominasi, sejauh punya kepentingan sama yakni ingin menyederhanakan tampilan angka nol pad mata uangnya.

5. Penggunaan kata yang tidak tepat terdapat pada kata

A. ekuivalen dalam kalimat 1
B. devisa dalam kalimat  4
C. mekanisasi dalam kalimat 5
D. redenomisasi dalam kalimat  9
E.  Hiperinflasi dalam kalimat 13

6. Kesalahan penggunaan ejaan ditemukan pada kalimat ....

A. 1 dan 5
B. 3 dan 7
C. 8 dan 15
D. 11 dan 16
E. 13 dan 14

7. Kata ini pada kalimat 10 merujuk pada ....

A. kurs rupiah
B. penguatan devisa
C. surplus pcidagiirìgun
D. cudangan devisa
E. redenomisasi

8. Bagaimana hubungan ¡si antarpagraf dalam teks di atas?

A. Paragraf 1 merupakan penyebab paragaf 2.
B. Paragraf 2 menjelaska paragraf 1.
C. Paragraf 3 merupakan Pembanding paragraf 1.
D. Paragraf 2 merupakan akibat paragraf 1.
E. Paragraf 3 menjelaskan paragraf 1.

9. Kapan perampingan nilai nominal suatu mata uang dapat dilakukan?

A. Jika kinerja perekonomian suatu negara buruk.
B. Jika nilai ekspor tidak lebih besar daripada niai impor.
C. Jika ada keperluan mengurangi angka nol padamata uang.
D. jika nilai mata  uang merosot dengan sangat tajam.
E. Jika cadangan mata uang asing pemerintah banyak menyusut.

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 10-15.

(1) Lembaga KPPOD bekerja sama dengan US AID dan TheAsian Foundation (TAF) mengadakan survei daya saing daerah berdasar level economic governance. 
(2) Survei tersebut dilakukan pada  243 kabupaten/kota, yang tersebar pada 15 provinsi di Indonesia. 
(3) Indikator kinerja yang digunakan dalam survei ini adalah manajemen infrasruktur, aksebilitas dan kepastian lahan, serta program pengembangan sektor swasta. 
(4) Di samping ¡tu, terdapatempat indikator kinerja lainya, yakni hubungan antara peimerintah daerah dan sektor bisnis, biaya transaksi, integritas dan resolususi konflik, serta kualitas dari peraturan daerah.
(5) Berdasarkan tujuh komponen tersebut disusunlah indeks tata kelola ekonomi/economic governance index (EGI).
(6) Pembobotan untuk masing-masing indeks disusun menurut persentase perusahaan dimana memandang indeks tersebut sebagai masalah utarna yang memengaruhi lingkungan bisnis. 
(7) Hasilnya adalah empat permasalahan utama yang terdapat dalam pengelaan ekonomi lokal di Indonesia terdiri atas permasalahan manajemen infrastruktur, pembangunan sector swasta, aksesebilitas dan kepastian lahan, hubungan pemda dan sektor bisnis. 
(8) masing-masing permasalahan ini diberi bobot secara berurutan, yaitu 35,5%, 14,8%, dan 14%. 
(9) Berdasar  hasil survei, terdapat empat provinsi yang konsisten dalam memperoleich nilai EGI. 
(10) Keempat provinsi itu dengan indeks tata kelolanya dapat diamati pada tabel berikut.

10. Kalimat yang tidak efektif terdapat pada ....

A. 1 dan 6 D. 4 dan 9
B. 2 dan 7 E. 5 dan 10
C. 3dan8

11. Pernyataan manakah yang paling sesuai dengan isi Label tersebut?

A. Provinsi Jawa Timur mernperoleh nilai rata-rata EGI tertinggi.
B. Urutan provinsi dalam tabel sesuai dengan nilai rata-rata EGI.
C. Selain Sumsel. tidak ada provinsi yäng mempunyai nilai EGI melebihi Jatim
D. Rata-rata nilai EGI tertinggi dicapai oleh Provinsi Sumsel.
E. Nilai rata-rata EGI Bali di bawah nilai EGI Kabupaten Madiun.

12. Simpulan manakah yang paling tepat untuk teks tersebut?

A. Manajemen infrastruktur merupakan indikator yang paling Iemah dalam pengelolaan ekonomi.
B. Seluruh daerah menghadapi masalah yang sama dalani pengelolaan ekonomi masa depan.
C. Provinsi Bali,,Jatim, Sumsel, dan Jabar tidak. konsisten memperoleh nilai EGI.
D. Empat permasalahan utama pengelolaan ekonomi merupakan penentu daya saing suatu daerah.
E. Hubungan antara pemda dan sektor bisnis merupakan indikator penentu daya saing daerah.

13. Penulis teks tersebut bertujuan agar pembaca ....

a. meyakini bahwa Lembaga KPPOD telah bekerja sama dengan US AID dan The Asian Foundation dalam mengadakan survey daya saing daerah berdasar level economic govermance (EGI)
b. memahami bahwa indeks tata kelola ekonomi didasarkan indicator manajemen infrastruktur, aksesbilitas dan kepastian lahan, program pengembangan sector swasta, hubungan antara pemerintah daerah dan sector bisnis, biaya transaksi, integritas dan resolusi konflik, serta kualitas dari peraturan daerah
c. menyadari bahwa indicator kinerja, yakni biaya transaksi, integritas dan resulusi konflik, serta kualitas dari peraturan daerah, bukanlah tergolong indicator yang terpenting dalam penentuan nilai EGI
d. mendapatkan gambaran yang lebih proposional bahwa besaran bobot biaya transaksi adlah 35,5%, integritas dan resolusi konflik 14,8%, serta kualita dari peraturan daerah adalah 14%
e. memperoleh gambaran bahwa propinsi jatim, sumsel, bali, dan jabar di antara daya saing ekonomi yang baik secara konsisten

14. apa kelemahan isi teks tersebut?

a. Pembobotan indicator kinerja yang dijelaskan tidak disertai argumentasi.
b. Tidak ada penjelasan bidang kerja antara KPPOD dengan US AID dan TAF.
c. Pengurutan provinsi dalam table tidak didasarkan kepada urutan perolehan nilai.
d. Tidak ada penjabaran mengenai empat permaalahan pengelolaan ekonomi local.
e. Pengurutan kota dalam table tidak konsisten menurut urutan pemerolehan nilai.

15. Skema manakah yang paling tepat menggambarkan teks tersebut



Nah, sampai disini dahulu postingan dan updatean yang saya bisa kirim sore hari ini. Hari ini adalah hari selasa, tanggal 26 Juli 2016 Pukul 16 : 49. terima kasih ya telah berkunjung ke blog @nifafani. terima kasih juga untuk kak Chania yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini. Oh ya di tunggu ya untuk updatean kita di Youtube ^^ terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Soal SBMPTN Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel