Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 188 Kelas 11

Selamat sore, sore ini karena tak ada waktu untuk keluar.. Atau lebih tepatnya tidak ada yang mengajak keluar *upss* sebenarnya sih ada tapi saya memang sedang tidak keluar rumah akhirnya saya menyempatkan diri untuk memposting beberapa soal-soal lagi tentang sejarah Indonesia buat kalian yang saat ini duduk di bangku kelas 2 SMK/SMA. Terima kasih sebelumnya sudah mengunjungi blog saya.

Mari langsung saja kita bahas bersama untuk soal-soal di bawah ini..





1. Terjadinya Perundingan Renville menimbulkan perbedaan pendapat para tokoh bangsa Indonesia. Jelaskan alasan para tokoh yang menentang hasil perundingan Renville!

Jawaban : Para tokoh menentang hasil perundingan Renville karena  pembentukan pemerintahan peralihan yang tidak sesuai dengan yang terdapat dalam perjanjian Linggarjati.

2. Menurut pendapatmu, bagaimana peranan bangsa asing yang ikut serta memecahkan masalah Indonesia Belanda?

Jawaban : Menurut saya bangsa asing cukup banyak mengambil peran dalam memecahkan permasalahan Indonesia dengan Belanda terutama masalah kedaulatan negara. Karena bantuan, dukungan dan suara dari bangsa asing menjadi pertimbangan untuk sekutu yang ingin merebut kembali Indonesia.

3. Pada tanggal 1 Juli 1947 Belanda melakukan Agresi Militer I. Jelaskan latar belakang dan dampak terjadinya Agresi Militer Belanda I!

Jawaban : Agresi Militer 1 mengakibatkan Ibu kota RI dapat dikurung Belanda. Hubungan ke luar bagi Indonesia juga mengalami kesulitan, karena pelabuhan-pelabuhan telah dikuasai Belanda.

Secara ekonomis, Belanda juga berhasil menciptakan kesulitan bagi RI. Daerah-daerah penghasil beras jatuh ke tangan Belanda. Hubungan ke luar juga terhambat karena blokade Belanda. Tetapi Belanda belum berhasil menghancurkan mental dan kekuatan Tentara Indonesia yang didukung oleh
kekuatan rakyat.

4. Panglima Besar Jendral Sudirman beserta tentaranya melakukan perang gerilya sebagai bentuk perlawanan terhadap Belanda. Apakah kamu sepakat dengan tindakan yang dilakukan Sudirman? Jelaskan alasanmu!

Jawaban : Saya sependapat karena pasukan Belanda cukup banyak dan pada waktu itu dibutuhkan strategi-strategi khusus untuk melawan Belanda.

5. Perjuangan bangsa Indonesia mencapai kedaulatan penuh mengajarkan kepada kehidupan sekarang bagaimana pentingnya kemerdekaan penuh. Menurut pendapat kamu, apakah saat ini Indonesia sudah
merdeka 100%? Apakah ada sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia yang belum merdeka? Apabila ada, coba kamu tuliskan contoh dan analisislah penyebabnya!

Jawaban : Indonesia memang betul telah merdeka. Tidak ada lagi penjajah secara 'fisik' yang keras menjajah Indonesia. Namun, Indonesia masih tetap dijajah meski tidak secara fisik. Contohnya di bidang teknologi. Semua barang elektronik import, meski ada buatan lokal namun harga jauh lebih mahal dan konsumen pun banyak yang lebih percaya atau menggunakan produk luar negeri. Selain itu Indonesia juga masih tetap di jajah dalam bidang budaya karena kebudayaan asing lebih dominan dibanding kebuduyaan sendiri.

Bilamana ada pertanyaan atau ingin request jawaban bisa langsung kontak via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram @nifafani.

Terima kasih telah berkunjung ke blog @nifafani. Nantikan postingan - postingan yang selanjutnya yaa.. Saya mohon maaf bilamana ada kesahalan baik dalam pengucapan maupun dalam tulisan ini. Bila ada yang kurang berkenan silahkan meninggalkan komentar atau kirimkan via email stefanikristina@gmail.com. Jawaban ini saya dapatkan dari buku panduan belajar siswa pelajaran sejarah Indonesia. Bila ada kesalahan mohon diperbaiki.