Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 105 Kelas X Semester 2

Selamat siang.. Pada kesempatan kali ini saya akan share untuk pembahasan soal-soal pelajaran Sejarah Indonesia untuk halaman 105 kelas X Semester 2. Buat yang ingin tahu sumber jawaban, sumber jawabannya nggak jauh jauh kok, sumbernya dekat di mata yaitu bersumber dari buku panduan pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Semester 2 tentunya juga milik siswa.

find me on instagram @nifafani


NB : DIJUAL NOVEL DENGAN HARGA MURAH HARGA DI BAWAH 5.000 DAN JUGA ADA NOVEL YANG HARGANYA DI BAWAH 20.000. NOVEL ASLIIII BUKAN FOTOCOPY DAN MERUPAKAN KOLEKSI PRIBADI!!

Oke langsung saja mari kita bahas bersama..

1. Diskusikan mengapa bahasa Melayu cepat berkembang di Nusantara?

Jawaban : Bahasa merupakan sarana pergaulan. Bahasa Melayu digunakan hampir di semua pelabuhan-pelabuhan di Kepulauan Nusantara. Bahasa Melayu sejak zaman kuno sudah menjadi bahasa resmi Negara Melayu (Jambi). Bahasa Melayu juga banyak digunakan di perdagangan sehingga bahasa Melayu cepat berkembang di Nusantara.

2. Bagaimana Islam dapat mempercepat proses integrasi bangsa Indonesia? Uraikan jawaban kamu dalam 2 - 3 lembar!

Jawaban : Islamisasi adalah proses sejarah yang panjang yang bahkan sampai kini masih terus berlanjut… Kalau para ahli sejarah mempersoalkan tentang asal usul nasionalisme Indonesia, atau integrasi bangsa, mereka menyebutkan Islam sebagai salah satu faktor utama maka hal itu bisa diartikan pada sifat Islam yang universal dan pada jaringan ingatan kolektif yaitu keterkaitan para ulama di Nusantara dalam berbagai corak jaringan sosial guru-murid, murid sesama murid; penulis-dan-pembaca, dan tak kurang pentingnya ulama-umara serta ulama dan umat.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah wujud konkret dari proses integrasi bangsa. Proses integrasi bangsa Indonesia ini ternyata sudah berlangsung cukup lama bahkan sudah dimulai sejak awal tarikh masehi. Pada abad ke-16 proses integrasi bangsa Indonesia mulai mengalami kemajuan pesat sejak proses Islamisasi.

Agama Islam yang masuk dan berkembang di Nusantara mengajarkan kebersamaan dan mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama. Islam mengajarkan persamaan dan tidak mengenal kasta-kasta dalam kehidupan masyarakat. Konsep ajaran Islam memunculkan perilaku ke arah persatuan dan persamaan derajat. Disisi lain, datangnya pedagang-pedagang Islam di Indonesia mendorong berkembangnya tempat-tempat perdagangan di daerah pantai.

Proses integrasi juga terlihat melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan antarpulau. Sejak zaman kuno, kegiatan pelayaran dan perdagangan sudah berlangsung di Kepulauan Indonesia. Pelayaran dan perdagangan itu berlangsung dari daerah yang satu ke daerah yang lain, bahkan antara negara yang satu dengan negara yang lain. Kegiatan pelayaran dan perdagangan pada umumnya berlangsung dalam waktu yang lama. Hal ini, menimbulkan pergaulan dan hubungan kebudayaan antara para pedagang dengan penduduk setempat. Kegiatan semacam ini mendorong terjadinya proses integrasi.

Angkutan yang paling murah dan mudah adalah angkutan laut (kapal/perahu), maka berkembanglah pelayaran dan perdagangan. Terjadinya pelayaran dan perdagangan antarpulau di kepulauan Indonesia yang diikuti pengaruh di bidang budaya turut berperan serta mempercepat perkembangan proses integrasi.

Kegiatan perdagangan antarpulau mendorong terjadinya proses integrasi yang terhubung melalui para pedagang. Proses integrasi itu juga diperkuat dengan berkembangnya hubungan kebudayaan. Bahkan juga ada yang diikuti dengan perkawinan.

Bahasa juga memiliki peran yang strategis dalam proses integrasi. Kepulauan Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau yang dihuni oleh aneka ragam suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki bahasa masing-masing. Untuk mempermudah komunikasi antarsuku bangsa, diperlukan satu bahasa yang menjadi bahasa perantara dan dapat dimengerti oleh semua suku bangsa.Para pedagang di daerah-daerah sebelah timur Nusantara, juga menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar. Dengan demikian, berkembanglah bahasa Melayu ke seluruh Kepulauan Nusantara Masuk dan berkembangnya agama Islam, mendorong perkembangan bahasa Melayu. Buku-buku agama dan tafsir al- Qur’an juga mempergunakan bahasa Melayu.

Nah, mungkin baru itu saja yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini. Bila ada kurang maupun lebihnya mohon maaf yaa.. Buat kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 10, bisa request untuk pembahasan via email stefanikristina@gmail.com atau via DM instagram @nifafani.

Pembahasan yang saya berikan mungkin ada salah. Namun dapat menjadi pelajaran untuk Anda. Jangan lupa untuk di koreksi terlebih dahulu ya..

Btw tinggalkan komentar yang positif agar para pembaca yang lain dapat bersemangat dengan komentar yang Anda tinggalkan.

Terima kasih telah berkunjung ke nifafani's blog..