Pembahasan Soal IPA Kelas 7 Halaman 54 Semester 2

Selamat siang.. pembahasan selanjutnya saya lanjutnya untuk membahas halaman 54 pembelajaran di semester 2 ini. Yuk langsung saja mari kita bahas bersama..

find me on instagram @nifafani


1. Apa beda suhu dan kalor?

Jawaban : Suhu menyatakan panas dinginnya benda. Kalor menunjukkan jumlah panas (kuantitas panas) yang berpindah dari benda. Benda yang suhunya sama bukan berati memiliki kalor yang sama. Misal, segelas air dan seember air yang sama-sama bersuhu 40oC memiliki kalor yang berbeda.

2. Mengapa orang menggigil ketika kedinginan?

Jawaban : Saat kedinginan, mekanisme tubuh harus mampu membuat suhu tubuh naik. Salah satu mekanisme tersebut menggigil. Dengan menggigil, metabolisme tubuh semakin cepat, sehingga lebih banyak kalor dapat dihasilkan dari metabolisme tersebut dan suhu tubuh dapat meningkat.

3. Jelaskan, bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda.

Jawaban : Q = m × c × Î”t. Kalor untuk menaikkan suhu berbanding lurus dengan kenaikan suhu, massa benda, dan kalor jenis beda. Kalor untuk mengubah wujud benda bergantung massa benda dan jenis benda (dalam hal ini kalor laten benda), Q = m × L.

Penerapan

Kalor sebanyak 84 kJ ditambahkan pada 500 g air yang bersuhu 20oC. Menjadi berapakah suhu air
itu? Kalor jenis air 4.200 J/(Kg.K)

Suhu air menjadi:

t = 20 oC + 84.000 J : 4200 J/kgK × 0,5kg = 60o C

Berpikir Kritis

1. Berdasarkan Tabel 8.1, jika 1 kg benda-benda itu dipanaskan dengan menggunakan nyala api yang sama, manakah yang paling lambat naik suhunya? Jelaskan!

Jawaban : Air. Kalor jenis air paling besar di antara zat-zat yang lain.

2. Pada saat berolahraga, kamu mengubah energi kimia makanan menjadi energi untuk gerak serta energi panas. Pada saat itu, kamu berkeringat. Jelaskan, mengapa dengan berkeringat suhu tubuh kamu tetap stabil!

Jawaban : Saat keringat menguap, keringat itu mengambil panas (kalor) dari sekitar (termasuk dari tubuh), sehingga tubuh (yang panas oleh gerak) menjadi dingin.

Sekian dahulu pembahasan dari saya kali ini. terima kasih telah berkunjung ke blog @nifafani. Yuk yang mau request bisa langsung via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram @nifafani. Nantikan pembahasan soal-soal IPA Kelas 7 yang lainnya ya :))

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Soal IPA Kelas 7 Halaman 54 Semester 2"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel