Pembahasan Soal IPA Halaman 82-85 Kelas 8 Semester 2

Selamat siang.. Siang ini saya akan membahas soal-soal yang ada di buku paket IPA kelas 8 atau 2 SMP yang halaman 82-85. Yuk yang sudah kepo langsung saja di bahas bersama..

A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini!
(gambar halaman 62)
Gendang telinga, saluran eustachius, dan rumah siput ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf ....
a. P, S dan R
b. P, R dan T
c. R, S dan T
d. P, S dan T

2. Pada saat mendengar suara yang sangat keras, sebaiknya kita membuka mulut. Tujuan dari tindakan tersebut adalah ....

a. dapat bernapas lega
b. tekanan udara telinga tengah sama dengan telinga luar
c. suara dapat masuk ke rongga mulut
d. gelombang suara keras terpecah masuk ke dalam tubuh

3. Berikut ini adalah struktur yang terdapat dalam telinga manusia:

1. daun telinga,
2. saluran telinga,
3. gendang telinga,
4. tulang sanggurdi,
5. tulang landasan,
6. tulang martil,
7. koklea, dan
8. saraf pendengaran.

Setelah gelombang bunyi sampai di telinga, agar bunyi dapat didengar, getaran berturut-turut melalui struktur bernomor ....

a. 1-2-3-6-5-4-7-8
b. 1-2-3-4-5-6-7-8
c. 1-2-3-6-4-5-7-8
d. 1-2-3-5-4-6-7-8

4. Sebuah bandul digetarkan selama 1 menit sehingga menghasilkan 40 getaran. Periode bandul tersebut adalah ....

a. 1,5 sekon
b. 0,33 sekon
c. 0,25 sekon
d. 0,15 sekon

5. Perbedaan yang mendasar antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal adalah ....

a. frekuensi
b. amplitudo
c. arah rambatnya
d. panjang gelombang

6. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, panjang gelombang dari gelombang tersebut adalah ....

a. 6,8 meter
b. 6,7 meter
c. 6,6 meter
d. 6,5 meter

7. Perbedaan antara gema dan gaung terletak pada ....

a. jarak sumber bunyi dengan pendengar
b. jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul
c. amplitudo dan frekuensinya
d. kelengkapan kata yang terdengar

8. Dari permukaan air laut, sinyal bunyi dikirim ke dasar laut. Sinyal tersebut diterima kembali setelah 12 sekon. Jika cepat rambat bunyi dalam air adalah 1.800 m/s, maka kedalaman laut di tempat itu adalah ....

a. 21.600 m
b. 5.400 m
c. 8.100 m
d. 10.800 m

9. Telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi ....

a. kurang dari 20 Hz
b. lebih dari 20.000 Hz
c. antara 20- 20.000 Hz
d. lebih dari 200.000 Hz

10. Sebuah kolom udara memiliki panjang 40 cm. Jika garpu tala mempunyai frekuensi 320 Hz, maka besarnya cepat rambat gelombang bunyi di udara pada saat terjadi resonansi pertama adalah .....

a. 512 m/s
b. 513 m/s
c. 511 m/s
d. 515 m/s

B. Jawablah pertanyaan berikut

1. Perhatikan gambar berikut.
a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?
b. Tentukan amplitudo gelombang.
c. Tentukan periode gelombang.
d. Tentukan panjang gelombang.
e. Tentukan cepat rambat gelombang
f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.

Jawaban :

 t = 1 menit = 60 sekon
n = 40 getaran
Periode (T) = t/n
= 60/40
= 1,5 sekon
Jawab
a. Panjang gelombang 1,5 gelombang
b. A = 2 cm = 0,02 m
c. T = 1,5 sekon
d. λ = 20 cm (dari A ke C)
e. cepat rambat gelombang
v =
f. n = t/T
= 120/ 1,50
= 80 gelombang

2. Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut!
Jawaban :
S = v x t
= 320 x 1,5
= 480 m

3. Kelelawar memiliki kemampuan untuk mendengarkan bunyi ultrasonik, yaitu mampu mendengar bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz. Ternyata, ini berhubungan dengan ekolokasi, yaitu kemampuan kelewar untuk menentukan arah. Bagaimana mekanisme kelewar dalam ekolokasi? Jelaskan.

Jawaban : Gelombang suara yang masuk ke dalam lubang telinga akan menggetarkan gendang telinga (membran timpani). Getaran membrane timpani ditransmisikan melintasi telinga tengah melalui tiga tulang kecil, yang terdiri dari tulang martil, landasan, dan sanggurdi. Telinga tengah dihubungkan ke faring oleh tabung eustachius. Getaran dari tulang sanggurdi ditransmisikan ke telinga dalam melalui membran jendela oval ke koklea. Koklea merupakan suatu tabung yang bergulung seperti rumah siput. Koklea berisi cairan limfa. Getaran dari jendela oval ditransmisikan ke dalam cairan limfa dalam ruangan koklea. Dibagian dalam ruangan koklea terdapat organ korti. Organ korti berisi carian sel-sel rambut yang sangat peka. Inilah reseptor getaran yang sebenarnya. Sel-sel rambut ini akan bergerak ketika ada getaran didalam koklea, sehingga menstimulasi getaran yang diteruskan oleh saraf auditori ke otak.


4 Sekarang ini banyak teknologi baru yang memanfaatkan sistem sonar. Menurut kamu adakah dampak negatif dengan penggunaan sistem sonar ini dalam perkembangan teknologi?

Jawaban : Salah satu dampak negatif penggunaan sistem sonar di dalam laut adalah mengganggu aktifitas mamalia laut saat bermigrasi.

5. Pernahkah kamu berdiri di trotoar jalan kemudian mendengar suara sirine mobil ambulan? Saat mobil berada di kejauhan bunyi sirene mobil terdengar pelan. Ketika mobil bergerak mendekati kamu, bunyi akan terdengar semakin keras kemudian bunyi sirine mobil akan terdengar melemah lagi setelah mobil menjauh. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa bunyi sirine mobil berubah-ubah ketika mobil bergerak mendekati/menjauhi kamu?

Jawaban : Bunyi sirine ambulan yang terdengar berubah-ubah karena pengaruh kecepatan gerak ambulan yang berubah-ubah. Gejala ini dikenal dengan istilan efek Doppler.kecepatan tertentu. Karena itulah bunyi sirine ambulan ketika jauh dan dekat berbeda keras/lemahnya bunyi yang kita dengar.

6. Terdapat dua buah gabus terapung di atas permukaan air berjarak 6 meter satu sama lain. Kedua gabus bergerak naik turun bersama-sama ketika dilalui gelombang. Di antara kedua gabus tersebut terdapat dua puncak gelombang. Tentukan sketsa gambarnya dan panjang gelombangnya.
Jawaban :
find me on instagram @nifafanu
(sketsa gambar)

b. Dari gambar terlihat bahwa kedua gabus berjarak 6 m membentuk 3 buah gelombang (3λ) Dengan demikian, panjang gelombang = jarak antara 2 gabus sehingga
3 λ = 6 m
λ = 6/3 = 2 m
Jadi panjang gelombang tersebut adalah 2 meter.

7. Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, maka timbul bunyi.

a. Menurut pendapatmu, apakah bunyi dapat dipantulkan?
b. Jika dapat dipantulkan, bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!
c. Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? Jelaskan jawaban kamu disertai contoh.
d. Bagaimana cara kerja sonar?

Jawaban : Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, maka timbul bunyi.

a. Pemantulan dapat terjadi karena benda yang bergerak memiliki energi. Ketika benda bergerak dan ada yang menghalangi, maka benda tersebut akan bebalik arah (memantul) dengan energi yang masih dimilikinya.

b. Jika berteriak pada dinding tebing, maka beberapa saat kemudian akan terdengar suara yang sama persis dengan suara yang diteriakkan. Suara tersebut berasal dari suara yang dipantulkan kembali karena terkena dinding tebin. Bunyi pantul yang terdengar lengkap setelah bunyi asli disebut gema. Jika berteriak di dalam ruangan kosong, maka akan terdengar suara yang akan mengikuti suara asli, sehingga suara asli tidak terdengar jelas. Suara tersebut berasal dari suara asli yang dipantulkan oleh dinding ruangan. Bunyi pantulan yang hanya terdengar sebagian dan tiba bersamaan dengan suara asli sehingga bunyi asli tidak terdengar jelas disebut gaung atau kerdam.

DIJUAL NOVEL HARGA DI BAWAH 5.000 dan HARGA di BAWAH 20.000 MINAT? DIJAMIN NO TIPU-TIPU. ASLI KOLEKSI PRIBADI.

c. Sifat bunyi yang dapat dipantulkan dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman air, mencari reruntuhan kapal, mencari lokasi yang banyak ikannya, dan mengukur panjang lorong gua. Untuk mengukur kedalaman laut, dilakukan dengan cara memancarkan bunyi ke dasar laut. Di dasar kapal diberi detector untuk mendeteksi bunyi pantul yang dipancarkan dari dasar laut.Dengan mengukur waktu yang diperlukan sejak bunyi dipancarkan sampai ditangkap detektor, maka kedalaman laut dapat ditentukan. Untuk mengukur kedalaman suatu gua yang belum pernah dijamah manusia, dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang bunyi. Gelombang bunyi tersebut dipancarkan dari mulut gua kemudian gelombang tersebut akan dipantulkan jika mengenai dinding gua. Dengan mengukur waktu yang diperlukan gelombang kembali ke pengirim dapat ditentukan panjang goa tersebut.

d. Untuk menentukan kedalaman laut dan menentukan letak benda menggunakan sifat pemantulan bunyi, digunakan alat yang disebut sonar. Sonar di kapal akan mengirimkan suara yang mengenai reruntuhan kapal atau dasar laut akan dipantulkan kembali. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari sumber bunyi ke suatu benda kemudian kembali ke sumber bunyi akan dicatat oleh alat tersebut. Semakin lama waktu yang diperlukan, maka semakin jauh jarak benda tersebut.


Sekian dahulu yang dapat saya bagikan. Mohon maaf bila ada salah kata atau perbuatan. Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram DM @nifafani.