Pembahasan Soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 118 - 119

Selamat malam, akhirnya hari minggu ini berada pada puncaknya yaitu malam hari. Tak terasa besok sudah memasuki hari senin. Wah adik-adik sekalian tentu sudah kembali beraktifitas bukan? Rasanya sungguh tak terasa sama sekali. 

find me on instagram @nifafani


Malam ini saya akan membagikan mengenai pembahasan soal Agama Islam kelas 9 untuk halaman 118-119. Buat yang masih asing dengan berbagai kegiatan di blog ini, kamu bisa tanyakan kepada kakak-kakak kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 10, 11, 12, SMA maupun SMK. Kurang lebihnya saya pikir mereka lebih memahami akan apa yang tengah saya posting.

Saya harap mendapatkan tanggapan yang positif juga dari para pembaca setia blog @NifaFani kelas 9 ini.

Oke yuk langsung saja mari kita bahas bersama..

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Sebelum Islam datang, Nusantara berada dalam pengaruh agama ....

a. Kristen
b. Hindu-Budha 
c. Kong Hu Cu
d. Katolik

2. Islam masuk di Nusantara melalui cara ....

a. penjajahan 
b. peperangan 
c. damai
d. penipuan

3. Berikut ini yang bukan termasuk teori masuknya Islam ke Nusantara adalah ...

a. teori Mekah 
b. teori Indonesia 
c. teori Gujarat
d. teori Cina

4. Kerajaan Aceh mencapai puncak keemasan pada masa pemerintahan ....

a. Sultan Iskandar Muda 
b. Sultan Alaudin Riayat Syah 
c. Sultan Ali Mughayat Syah
d. Sultan Malik Al-Saleh

NB : DIJUAL NOVEL DENGAN HARGA MURAH NOVEL UNDER 5000 DAN NOVEL HARGA DI BAWAH 20000

5. Para mubaligh yang menyebarkan Islam di Nusantara dengan menjalin tali silaturahmi, membaur dengan masyarakat. Hal ini merupakan cara menyebarkan melalui ....

a. perkawinan 
b. pendidikan 
c. kesenian
d. hubungan sosial

6. Sultan Demak Bintoro yang pertama adalah ....

a. Sultan Trenggono 
b. Raden Patah 
c. Adipati Unus
d. Sunan Prawoto

7. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kebesarannya pada masa pemerintahan ....

a. Sultan Agung Hanyakrakusuma
b. Panembahan Senopati 
c. Prabu hanyokrowati
d. Pangeran Benowo

8. Kerajaan Makasar merupakan gabungan dari dua kerajaan, yaitu ....

a. Kerajaan Gowa-Ternate 
b. Kerajaan Ternate-Tidore 
c. Kerajaan Bone-Wajo
d. Kerajaan Gowa-Tallo

9. Sunan Gunung Jati berjasa besar dalam mendirikan Kerajaan Banten. Nama asli sunan Gunung Jati adalah ....

a. Umar Said 
b. Faletehan 
c. Ja’far Shadiq
d. Raden Rahmat

10. Raja terakhir kerajaan Banjar adalah ....

a. Sultan Muhammad Seman 
b. Raden Samudra 
c. Sultan Muhammad Said
d. Sultan Jamaluddin

B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut ini !

1. Jelaskan sejarah awal mula masuknya Islam di Nusantara!

Jawaban : Sejarah awal masuknya Islam di Nusantara : Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Sebelum Islam datang, Nusantara berada dalam pengaruh agama Hindu- Buddha. Pengaruh-pengaruh tersebut berdampak pada pola hidup masyarakat di Indonesia. Namun, dalam perkembangannya pengaruh Islam jauh lebih kuat daripada agama Hindu-Buddha. Masuknya agama Islam di Nusantara melalui jalur perdagangan berlangsung dengan cara-cara damai. Ajaran Islam mudah diterima dan mendapat perhatian dari penduduk Nusantara. Berbagai sumber sejarah menyatakan bahwa agama Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Namun eksistensi para pemeluk ajaran Islam menjadi jelas pada abad ke-13 yang ditandai dengan berdirinya kerajaan Samudra Pasai di Aceh sebagai kerajaan Islam yang pertama.

2. Bagaimana cara-cara para mubaligh menyebarkan Islam di Nusantara?

Jawaban : Cara para mubalig menyebarkan Islam di Nusantara adalah perdagangan, perkawinan, pendidikan, hubungan sosial, kesenian.

3. Bagaimana cara masuknya Islam melalui jalur pendidikan atau pengajaran?

Jawaban : Cara masuknya Islam melalui jalur pendidikan atau pengajaran adalah para mubalig mendirikan lembaga pendidikan Islam di beberapa wilayah Nusantara. Lembaga pendidikan Islam ini berdiri sejak pertama kali Islam masuk Indonesia. Nama lembaga-lembaga pendidikan Islam itu berbeda tiap daerah. Di Aceh misalnya, lembaga-lembaga pendidikan Islam di sana dikenal dengan nama meunasah, dayah dan rangkang. Di Sumatera Barat dikenal adanya surau. Di Kalimantan dikenal lembaga pendidikan Islam langgar. Sementara di Jawa dikenal pondok pesantren. Di situlah berlangsung pembinaan, pendidikan dan kaderisasi bagi calon kiai dan ulama. Mereka tinggal di pondok atau asrama dalam jangka waktu tertentu menurut tingkatan kelasnya. Setelah menamatkan pendidikan pesantren mereka kembali ke kampung masing-masing untuk menyebarkan Islam. Melalui cara inilah Islam terus berkembang menyebar di daerah-daerah yang terpencil.

4. Ceritakan sejarah berdirinya kerajaan Samudera Pasai!

Jawaban : Sejarah berdirinya kerajaan Samudera Pasai adalah Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Samudera Pasai yang terletak di pesisir timur laut Aceh, Kabupaten Lhok Seumawe atau Aceh Utara sekarang. Aceh dan Sumatera bagian Utara merupakan daerah di Indonesia yang pertama kali mendapatkan dakwah Islam. Munculnya daerah tersebut sebagai kerajaan Islam yang pertama di Indonesia diperkirakan mulai awal atau pertengahan abad ke-13 M. Sebagaimana diketahui proses islamisasi daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi pedagang-pedagang Muslim terjadi sejak abad ke-7 M. Kawasan Aceh yang strategis dan berada di pintu masuk Selat Malaka menjadikan Aceh sebagai tempat pertemuan para pedagang dari berbagai daerah di Nusantara dan para pedagang dari luar negeri, khususnya para pedagang Islam. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau pengaruh Islam Songot kuat di Aceh dan diwujudkan dalam bentuk munculnya kerajaan Islam Samudra Pasai

5. Sebutkan prestasi besar Sultan Agung selama memerintah kerajaan Mataram!

Jawaban :

Prestasi besar Sultan Agung selama memerintah kerajaan Mataram adalah:

a. Memperluas daerah kekuasaannya meliputi Jawa-Madura (kecuali Banten dan Batavia), Palembang, Jambi, dan Banjarmasin.
b. Mengatur dan mengawasai wilayahnya yang luas itu langsung dari pemerintah pusatnya (Kota Gede).
c. Melakukan kegiatan ekonomi yang bercorak agraris dan maritim. Mataram adalah pengekspor beras terbesar pada masa itu.
d. Melakukan mobilisasi militer secara besar-besaran sehingga mampu menundukkan daerah-daerah sepanjang pantai utara Jawa dan mampu menyerang Belanda di Batavia sampai dua kali. Andaikata Batavia tidak dipagari tembok-tembok yang tinggi, benteng-benteng yang kuat, dan persenjataan yang modern, sudah pasti Batavia jatuh di tangan Mataram.
e. Mengubah perhitungan tahun Jawa Hindu (Saka) dengan tahun Islam (Hijrah) yang berdasarkan peredaran Bulan (sejak tahun 1633).
f. Menyusun karya sastra yang cukup terkenal, yaitu Sastra Gending dan kitab suluk. Misalnya Suluk Wujil (1607 M) yang berisi wejangan Sunan bonang kepada abdi raja majapahit yang bernama Wujil.
g. Menyusun kitab undang-undang baru yang merupakan perpaduan dari hukum Islam dengan adat-istiadat Jawa yang disebut Surya Alam.

Sekain dahulu postingan saya. Untuk Anda yang ingin berkomunikasi dengan penulis dapat melalui email stefanikristina@gmail.com atau via DM instagram @nifafani. Terima kasih telah berkunjung.

Beberapa jawaban diatas saya ambil dari sumber buku pegangan guru yang mana Anda dapat mengunduhnya secara pribadi dan juga beberapa kawan serta relasi.

Untuk yang kepo mengenai sumber jawaban ini bisa kontak saya via email dan akan saya perkenalkan langsung dengan beberapa teman saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada orang-orang yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini.