Pembahasan Soal Agama Islam Halaman 233 Kelas 12

Selamat siang, siang ini saya ingin berbagi bersama Anda dalam pembahasan soal Agama Islam halaman 233 kelas 12. Sebelumnya saya mohon maaf karena baru sempat untuk berbagi kembali. Oh ya, mohon dong untuk informasinya mengenai blog ini apakah ada kekurangan atau standart saja? Mohon untuk berikan masukan dengan meninggalkan komentar ya..

find me on instagram @nifafani


Oke mari langsung saja kita bahas bersama..

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Asia!

Jawaban : -

2. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Eropa!

Jawaban : -

3. Sebutkan sebuah bukti fisik tentang kejayaan Islam di Turki!

Jawaban : Sebuah bukti fisik kejayaan Islam di Turki ialah adanya sebuah masjid/museum terkenal di Istambul bernama Aya Sofia. Asalnya adalah sebuah gereja yang bernama Hagia Sophia yang dirubah menjadi masjid ketika ditaklukkan tentara Islam. Di Aya Sofia dipamerkan surat-surat Khalifah (Usmans Fermans) yang menunjukkan kehebatan Khilafah Utsmaniyah dalam memberikan jaminan, perlindungan dan kemakmuran kepada warganya maupun kepada orang asing pencari suaka, tanpa memandang agama mereka (toleransi).

4. Apa yang kalian ketahui tentang keberadaan umat Islam di Amerika?

NB : Dijual Novel- Novel Murah dengan Harga di bawah 5000 rupiah atau Harga di bawah 20000 rupiah

Jawaban : Yang saya ketahui tentang keberadaan umat Islam di Amerika adalah bahwa pada mulanya kebanyakan berasal dari keturunan orang kulit hitam yang dikenal dengan sebutan “Black Moslem”. Black Moslem didirikan oleh Elijah Muhamad di Chicago. Sesuai dengan namanya Black Moslem mendapat banyak pengikut terutama dari orang-orang yang berkulit hitam. Black Moslem didukung oleh orang-orang berkulit hitam dan berjuang menuntut persamaan hak. Elijah Muhamad dalam organisasinya mengambil prinsip-prinsip ajaran agama Islam yang tidak membedakan warna kulit”.

5. Sebutkan salah satu nama ilmuwan yang memiliki banyak keahlian beserta bidang keahliannya!

Jawaban : -

6. Tuliskan biografi singkat salah seorang ilmuwan muslim yang kalian ingat!

Jawaban : -

7. Sebutkan nama salah seorang ilmuwan muslim yang paling kalian kagumi dengan menjelaskan alasannya!

Jawaban : -

8. Jelaskan tiga faktor yang mempercepat berkembangnya dakwah Islam di Spanyol menurut analisis kalian!

Jawaban : Tiga faktor yang mempercepat berkembangnya dakwah Islam di Spanyol ialah; 1) Raja-raja Islam yang berkuasa memberi kebebasan pada rakyatnya untuk memeluk masing-masing sehingga lahir rasa empati dan banyak yang memeluk agama Islam secara sukarela, 2) Keberadaan kerajaan Islam di Spanyol merupakan perantara sekaligus obor kebudayaan dan peradaban dan 3) Spanyol menjadi pusat kebudayaan, karena banyaknya para sarjana dan mahasiswa dari berbagai pelosok dunia berkumpul menuntut ilmu di Granada, Cordova, Seville dan Toledo.

9. Jelaskan tiga faktor penyebab kemunduran Islam di dunia menurut analisis kalian!

Jawaban : Tiga faktor penyebab kemunduran Islam di dunia adalah: 1) timbulnya materialisme, yaitu kegemaran penguasa dan masyarakat menerapkan gaya hidup malas yang disertai sikap bermewah mewah. Sikap ini tidak hanya negatif tapi juga mendorong tindak korupsi dan dekadensi moral, 2) hilangnya keadilan di masyarakat yang akibatnya merembes kepada elit penguasa dan sistem politik dan 3) berpindahnya Sumber Daya Manusia (SDM) ke negara lain (braindrain) dan berkurangnya pekerja terampil karena mekanimse rekrutmen yang terganggu. Semua itu bermuara pada turunnya produktifitas pekerja dan di sisi lain menurunnya sistem pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

10. Dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia adalah untuk menyebarkan rahmat bagi alam semesta, dengan menanamkan nilai-nilai Islam yang luhur. Berdasarkan informasi yang kalian dapatkan dari berbagai sumber, negara manakah yang menurut kalian paling Islami (karena menerapkan nilai-nilai Islam)? Sebutkan salah satu contoh nyata dari pengamalan nilai Islami tersebut!

Jawaban : -

Sekian dahulu bantuan yang dapat saya bagikan. Mohon di koreksi terlebih dahulu karena mungkin ada salah kata maupun perbuatan. Terima kasih saya ucapkan bagi Anda para pembaca dan pengunjung setia blog @nifafani. Tanpa Anda mungkin blog ini tidak akan terus berjalan dan berkembang karena hanya pembaca lah yang membuat seorang penulis bersemangat untuk memposting dan berbagi.

Beberapa jawaban diatas saya ambil dari sumber buku pegangan guru yang mana Anda dapat mengunduhnya secara pribadi dan juga beberapa kawan serta relasi.

Untuk yang kepo mengenai sumber jawaban ini bisa kontak saya via email dan akan saya perkenalkan langsung dengan beberapa teman saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada orang-orang yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini.