Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Bab 5 Part 1

find me on instagram @nifafani
Selamat pagi, pagi ini karena susah untuk tidur akhinya saya menyempatkan diri untuk memposting lagi di blog. Huft.. Nggak tahu lagi apa yang harus saya lakukan. Frustasi dengan semuanya *alay* tapi nggak kok :).




Baik langsung saja..

1. Jelaskan bentuk krisis moneter yang melanda Indonesia, yang terjadi pada masa akhir pemerintahan Orde Baru!

Jawaban : Ketika krisis ini melanda Indonesia, nilai rupiah jatuh secara drastis, dampaknya terus menggerus di segala bidang kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, politik dan sosial. Tidak sampai menempuh waktu yang lama, sejak pertengahan tahun 1997, ketika krisis moneter melanda dunia, bulan Mei 1998, Orde Baru akhirnya runtuh. Krisis moneter membuka jalan bagi kita menuju terwujudnya kehidupan berdemokrasi yang sehat, yang selama ini terkukung oleh sistem kekuasaan Orde Baru yang serba menguasai semua sisi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

2. Jelaskan tentang wujud ketegangan-ketegangan sosial yang terjadi di masyarakat pada masa akhir pemerintahan Orde Baru!

Jawaban : Pada saat krisis semakin dalam, muncul ketegangan-ketegangan sosial dalam masyarakat. Pada bulan-bulan awal 1998 di sejumlah kota terjadi kerusuhan anti Cina. Kelompok ini menjadi sasaran kemarahan masyarakat karena mereka mendominasi perekonomian di Indonesia. Krisis ini pun semakin menjalar dalam bentuk gejolak-gejolak non ekonomi lainnya yang membawa pengaruh terhadap proses perubahan selanjutnya.

3. Jelaskan, perbedaan antara masa pemerintahan Orde Baru dengan Orde Reformasi dalam hal kebebasan berpendapat!

Jawaban : Pada masa Orde Baru dalam hal berpendapat tidak sebebas ketika pada Orde Reformasi yang begitu banyak orang bersuara.

4. Jelaskan tentang makna Reformasi!

Jawaban : Reformasi adalah gerakan untuk mengubah bentuk atau perilaku suatu tatanan, Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia.

5. Ceritakan tentang gerakan mahasiswa yang berperan dalam jatuhnya pemerintahan Orde Baru!


Jawaban : Dalam beberapa minggu setelah terpilihnya kembali Soeharto sebagai Presiden RI, kekuatan-kekuatan oposisi yang sejak lama dibatasi mulai muncul ke permukaan. Meningkatnya kecaman terhadap Presiden Soeharto terus meningkat yang ditandai lahirnya gerakan mahasiswa sejak awal 1998. Gerakan mahasiswa yang mulai mengkristal di kampus-kampus, seperti ITB, UI dan lain-lain semakin meningkat intensitasnya sejak terpilihnya Soeharto. Demonstrasi-demonstrasi mahasiswa berskala besar di seluruh Indonesia melibatkan pula para staf akademis maupun pimpinan universitas. Garis besar tuntutan mahasiswa dalam aksi-aksinya di kampus di berbagai kota, yaitu tuntutan penurunan harga sembako (sembilan bahan pokok), penghapusan monopoli, kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) serta suksesi kepemimpinan nasional. Aksi-aksi mahasiswa yang tidak mendapatkan tanggapan dari pemerintah menyebabkan para mahasiswa di berbagai kota mulai mengadakan aksi hingga keluar kampus. Maraknya aksi-aksi mahasiswa yang sering berlanjut menjadi bentrokan dengan aparat kemanan membuat Menhankam/Pangab, Jenderal Wiranto, mencoba meredamnya dengan menawarkan dialog. Dari dialog tersebut diharapkan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat kembali terbuka. Namun mahasiswa menganggap bahwa dialog dengan pemerintah tidak efektif karena tuntutan pokok mereka adalah reformasi politik dan ekonomi pengunduran diri Presiden Soeharto.

Sekian dahulu dari saya..