Kunci Jawaban PKN Halaman 227 Kelas 12

Selamat Pagi, Pagi ini saya ingin post mengenai Kunci Jawaban PKN Halaman 227. Mohon maaf sebelumnya bila saya sebelumnya telah lama tidak memposting kembali. Karena banyaknya kesibukan yang kini tengah saya lakukan saya jadi kurang memperhatikan akan perkembangan blog pribadi saya ini.

instagram @nifafani


Terima kasih sebelumnya saya ucapkan untuk Anda sekalian yang telah menunggu dan masih setia mengunjungi blog @NifaFani ini. Baik langsung saja mari kita bahas bersama untuk kunci jawaban PKN halaman 227 ini. 

Oh ya, tak lupa juga saya ucapkan salam saya untuk para siswa dan siswi dari  SMA Negeri 1 Barru Sulawesi Selatan. Wah ternyata tidak jauh kan dari Makassar :D Tapi saya ini sih dari Surabaya. Hai SMA Negeri 1 Barru.

Oke langsung saja..

NO
Nama Pakar
Makna Negara Federal/Serikat
1.


Abu Daud Busroh
   Negara Federasi adalah Negara yang tersusun dari beberapa negara yang semula berdiri sendiri dan kemudian negara-negara tersebut mengadakan ikatan kerja sama yang efektif, tetapi disamping itu negara-negara tersebut masih ingin mempunyai wewenang-wewenang yang dapat diurus sendiri.
2.
Al Chaidar
Negara Federasi adalah Negara yang berbicara tentang suatu negara besar yang berfungsi sebagai negara pusat dengan suatu negara konstitusi federal yang didalamnya terdapat sejumlah negara bagian yang masing-masing memiliki konstitusi sendiri-sendiri.
3.
C.F. Strong 
   Negara federal merupakan konsep yang digabungkan antara negara kesatuan dan negara konfederasi. Hal ini menurutnya sebuah konsep yang bertentangan namun bergabung menjadi apa yang disebut sebagai negara federal. Pada pelaksanaannya, bahwa penyelenggaraan kedaulatan ke luar dari negara negara bagian diserahkan sama sekali kepada pemerintah federal sedangkan kedaulatan ke dalam dibatasi.


2. Analisislah persamaan dan perbedaan pendapat-pendapat tersebut.

Jawaban : 

-Persamaan : Jika disimpulkan, dalam 3 makna yang berbeda dari beberapa pakar. Dapat disimpulkan bahwa Negara Serikat/Federal adalah negara yang bersusunan jamak, terdiri atas beberapa negara bagian yang masing-masing tidak berdaulat

-Perbedaan : Terdapat pada makna yang dikeluarkan C.F. Strong . bahwa penyelenggaraan kedualatan ke luar dari negara-negara bagian diserahkan sama sekali kepada pemerintah federal, sedangkan kedaulatan ke dalam dibatasi.

3. Coba kalian rumuskan pengertian negara kesatuan menurut pendapat kalian sendiri.

Jawaban : Negara kesatuan adalah negara yang bersusunan  tunggal, yaitu kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat. Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik kedalam maupun keluar.

Oke sekian dahulu postingan saya kali ini. Terima kasih telah berkunjung ke blog @NifaFani. Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau instagram @nifafani.
Oh ya untuk Anda yang ingin meninggalkan komentar harap berkomentar yang sopan dan membangun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Kunci Jawaban PKN Halaman 227 Kelas 12"

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel