Pembahasan Agama Islam Halaman 95 Kelas 12

Selamat pagi, salam sejahterah bagi kita semua. Pagi ini saya hendak membagikan Kunci Jawaban Agama Islam Halaman 95. Yuk mari langsung saja kita bahas bersama. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk Anda para pengunjung setia blog @NifaFani.

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1. Jelaskan isi kandungan Q.S. Luqm±n/31:13!

Jawaban : Q.S. Lukm±n/31:13 mengandung perintah agar kita menyembah Allah Swt. Yang Maha Esa tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun dan menegaskan bahwa perbuatan syirik adalah bentuk kezaliman yang besar.

2. Jelaskan jasa-jasa ibu yang termuat dala Q.S. Luqm±n/31:14!

find me on instagram @nifafani


Jawaban :

1) mengandung dan melahirkan anak;

2) menyapihnya selama dua tahun, yaitu mendidik dan menyusuinya".

3. Rasulullah menyuruh agar kita berbicara sesuai dengan kadar intelektual lawan bicara kita, jelaskan maksudnya!

Jawaban : Rasulullah menyuruh agar kita berbicara sesuai dengan kadar intelektual lawan bicara kita, maksudnya, yang digunakan hendaknya bahasa yang dapat dipahami dan sesuai dengan tingkat intelektual objek dakwah. Ketika berbicara di hadapan kalangan masyarakat awam, gunakan bahasa yang berbeda dengan yang digunakan untuk berceramah di hadapan kaum terpelajar dan sebaliknya.

4. Jelaskan pentingnya penguasa yang adil bagi tegaknya amar ma’ruf nahi munkar!

Jawaban : Pentingnya penguasa yang adil bagi tegaknya al-Amru bi al-Ma’rμf wa an-Nahyu ‘an al-Munkar adalah agar dapat menjadikan kekuasaan sebagai alat untuk menegakkan al-Amru bi al-Ma’rμf wa an-Nahyu ‘an al-Munkar untuk semua golongan.

5. Strategi apa yang kamu gunakan ketika harus berdakwah di lingkungan masyarakat petani miskin? Jelaskan!

Jawaban : Strategi yang saya gunakan ketika harus berdakwah di lingkungan masyarakat petani miskin adalah dengan memperhatikan tingkat sosial-ekonomi. Kondisi ekonomi masyarakat di mana kita berdakwah merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para dai. Jika secara ekonomi mereka termasuk dalam kategori mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) karena miskin, jangan didominasi materi tentang kewajiban zakat, tetapi motivasi bagaimana agar zakat yang diterima dapat produktif dan selanjutnya tidak lagi menjadi mustahiq, tetapi menjadi muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) karena sudah mandiri secara ekonomi.

Baik, sekian dahulu dari saya. Mohon maaf bilamana ada kurang maupun lebihnya. Bila ada yang kurang berkenan Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau DM instagram @nifafani