Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Halaman 46 Kelas 12

Selamat malam, hari ini saya akan share satu persatu mengenai Kunci Jawaban dari Soal Sejarah Indonesia halaman awal di Bab 1 dahulu yaitu 46. Sebelumnya Anda dapat membuka dan membaca pada halaman 46 untuk lebih jelasnya.

instagram @nifafani


Btw, saya ucapkan terima kasih kepada new admin dan juga kepada para pembaca sekalian yang mana telah memberikan konstribusi yang besar dalam perkembangan blog @NifaFani menjadi blog @SemuTeam. 

Kedepannya saya berharap dapat menampung setiap ide ataupun menjadi jembatan bagi Anda yang ingin bekerja sama untuk menjadikan Indonesia lebih maju melalui setiap karya kita. Untuk itu bilamana Anda tergerak untuk share something atau ingin menjadi freelance autor di blog ini, silahkan. Karena blog ini kini telah berganti nama yang mana ditujukan sebagai jembatan untuk Anda saling berbagi.

Baik, langsung saja mari kita bahas. More info dari informasi diatas dapat Anda mengkontak admin by email stefanikristina@gmail.com

LATIH UJI KOMPETENSI

1. Tuliskan beberapa akibat negatif konflik dalam kaitannya dengan proses integrasi bangsa. Jelaskan!

Jawaban : Memperlemah kesatuan bangsa, khususnya dalam menghadapi Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia, Kerugian lainnya dapat berupa kerugian fisik, materi, mental dan tenaga bangsa.

2. Jelaskan posisi perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Papua dalam menghadapi kolonial Belanda, yang membedakan mereka dengan daerah-daerah lain di Indonesia!

Jawaban : Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia rakyat Papua tidak berdiam diri saja, namun mereka juga turut aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Maka muncullah beberapa tokoh perjuangan yang begitu gigih memimpin perjuangan rakyat Papua dalam menghadapi colonial Belanda, yaitu Frans Kaisiepo, Silas Papare dan Marthen Indey. Yang membedakan adalah posisi Papua yang mana mereka sebelumnya tidak termasuk wilayah Indonesia namun mereka memperjuangkan diri selain menghadapi penjajah, mereka juga memperjuangkan diri mereka untuk masuk ke Indonesia.

3. Tuliskan persamaan dan perbedaan perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Hamengkubuwono IX dengan Sultan Syarif Kasim II.

Jawaban : Ini adalah persamaan dan perbedaan perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Hamengkubuwono IX dengan Sultan Syarif Kasim II

Persamaan
Perbedaan
-          Memilih untuk melawan Belanda dan bergabung dengan negara kesatuan Republik Indonesia
-          Sultan Hamengkubuwono IX di janjikan akan di jadikan seorang raja se-jawa. Sedangkan Sultan Syarif Kasim II dijanjikan sebagai Sultan Boneka Belanda oleh pihak Belanda.

 Nah, dari jawaban diatas bilamana ada kurang maupun lebihnya mohon maaf. Ini adalah jawaban saya pribadi. Anda dapat mengkoreksinya atau memperbaikinya.

NB : Semua jawaban bersumber dari buku pegangan siswa.