Makna Gereja

Gereja, seringkali kita menyebutkannya atau bahkan setiap minggu kita beribadah didalam Gedung ini. Namun, sudahkah Anda paham akan makna dari Gereja?



Apakah arti “gereja” sesungguhnya? Kata “gereja” dalam bahasa Indonesia berasal dari sebuah kata dalam bahasa Portugis yaitu igreja (baca: igreza). Kata igreja dalam bahasa Portugis ini dekat sekali dengan kata iglesia dalam bahasa Spanyol yang mempunyai arti yang sama, yaitu “gereja”. Kata iglesia ini dapat ditelusuri kembali ke kata aslinya dalam bahasa Yunani yaitu ekklesia. Kata ekklesia berasal dari dua kata, yaitu ek dan klesia. Kata ek berarti “keluar”. Sementara itu, kata klesia berasal dari kata kerja kalein yang berarti “memanggil”. Dengan demikian, kata ekklesia mengandung arti “dipanggil keluar”. Artinya, anggota-anggota gereja adalah orang-orang yang dipanggil untuk keluar dari lingkungannya, dari sanak keluarganya, dari kaum kerabatnya, untuk menjadi bagian dari sebuah komunitas baru yang bernama gereja. Orang-orang ini termasuk kita semua dipanggil keluar untuk menjalankan tugas kita untuk memberitakan kasih Allah yang dinyatakan melalui Yesus Kristus. Kasih itu harus disampaikan dengan perkataan dan perbuatan kita.

Nah, Gereja bukan semata-mata hanya gedung saja, namun dibalik gedung yang dibangun megah dan nyaman untuk para jemaatnya itu Gereja memiliki arti penting bagi setiap jemaatnya.

Namun seiring perkembangan zaman, para majelis Gereja dan jemaatnya serta terutama pendeta, hanya mementingkan bagaimana bangunnan Gerejanya. Sebenarnya ini bukanlah sikap dan cermin yang baik dari umat Kristiani. Karena yang terpenting bukan gedungnya, namun bagaimana kita, Anda dan saya sebagai Jemaat, sebagai saksi Allah, sebagai umat Kristiani, anak-anak Allah, bertumbuh dalam iman, Iman bersamaNya, Dia yang maha kuasa, Pencipta langit dan bumi beserta segala isinya.