Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 12

Sebelum saya akan membahas soal bahasa Indonesia halaman 12 , maka saya sebelumnya akan membahas halaman 11 :D Mari kita simak terlebih dahulu bahasan berikut ini :

pada soal halaman 12 kita diminta untuk memberikan contoh mengenai konjung eksternal dan konjungsi internal. Namun apakah yang di maksud dengan konjungsi eksternal dan konjungsi internal itu ?

Konjungsi Eksternal adalah : Konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa deskripsi bebeda atau kualitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks. 
Sedangkan Konjungsi Internal adalah : konjungsi yang menghubungkan argumen atau ide yang terdapat di antara dua klausa simpleks atau dua klompok klausa.


Konjungsi eksternal itu mempunyai 4 kategori makna yaitu penambahan : contoh = dan , atau perbandingan : contoh = tetapi , sementara waktu : contoh = Setelah , dan , atau dan sebab - akibat : contoh = sehingga . karena , sebab . jika , walaupun , meskipun.

Konjungsi Internal terbagi juga dalam 4 kategori makna yaitu penambahan : contoh = selain itu , di samping itu , lebih lanjut perbandingan contoh = akan tetapi , sebaliknya , sementara itu , di sisi lain waktu : Contoh = pertama , kedua , kemudian , lalu , berikutnya sebab akibat : contoh = akibatnya , sebagai akibat , jadi , hasilnya

Konjungsi Eksternal :
Penambahan = Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang di namakan "siklus hidrologi"
Perbandingan = Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai yang besar
Waktu = Sementara di perbaiki rumah ini masih dapat di tinggali karena hanya bagian depan yang di perbaiki (X)
Sebab - Akibat = karena perbedaan temperatur di atmosfer , uap berubah menjadi air.

Konjungsi Internal :
Penambahan = selain itu kita dapat memanfaatkan bagian administrasi untuk menyumbang dana (X)
Perbandingan = Sebaliknya Doni dapat membantu Dina dalam tugas bahasa Indonesia minggu depan (X)
Waktu = Terjadinya gempa bumi yang pertama , energi yang di hasilkan oleh lempengan yang bergerak kemudian adanya pelepasan energi(X)
Sebab Akibat = Akibat adanya pelepasan energi yang di hasilkan oleh tekanan pada lempeng itu lah membuat Gempa Bumi(X)