Sejarah dan Perkembangan Pulsa Elektrik

Selamat siang para pembaca setia ku :)

Kali ini saya akan memposting tentang sejarah dan perkembangan pulsa , khususnya pulsa elektrik di Indonesia ini. Nantnya saya juga akan memposting tentang berapa saja tariff pulsa dan jika Anda berminat , Anda dapat menjadi agen pulsa dengan cepat! Bahkan saat ini setelah Anda membaca artikel saya pun Anda dapat menjadi agen pulsa hanya dalam waktu hitungan detik. Mengapa ? mari kita belajar dahulu bagaimana sejarah dan perkembangan pulsa elektrik di Indonesia.

Jika kita berbicara tentang perkembangan pulsa elektrik , maka tentu saja tidak dapat kita pisahkan dari bagaimana perkembangan telepon seluler atau telepon genggam yang akrab disebut dengan handphone atau HP. Pada tahun 2001’an handphone sudah mulai digunakan di Indonesia oleh semua lapisan masyarakat secara otomatis membuat kebutuhan akan pulsa elektrik pun semakin meningkat. Dahulu umumnya seseorang membeli pulsa atau mengisi ulang pulsa dengan menggunakan voucher pulsa atau yang biasa kita biang pulsa gesek. Namun kini sudah mulai jarang karena kemajuan teknologi dan cara serba cepat atau instan yang di terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Lagi pula dengan voucher pulsa dianggap oleh para operator sebagai tindakan pemborosan biaya dan juga tidak efisien. Oleh sebab itu para operator tersebut mulai mengembangkan teknologi pulsa elektronik yang terus berkembang hingga saat ini.

Dimulai sekitar tahun 2002 , Telkomsel mengeluarkan sebuah Autorefill dengan bekerjasama sebuah perusahaan swasta dan mengembangkan Autorefill ini atau yang disebut juga dengan B2B yaitu berupa EDC ( Electronic Data Capture ) yang hanya khusus ( karena dikhususkan) hanya untuk mengisi ulang saldo simpati. Nah , dengan adanya alat ini lah pengisian pulsa semakin mudah dan cepat karena tidak perlu lagi kita menggosok voucher lagi untuk mengisi ulang pulsa. Lalu sekitar tahun 2004 Telkomsel kembali mengembangka produknya dengan didirikannya M-Kios yang akhirnya memfasilitasi para outlet agar semakin mudah untuk mengisi ulang pulsa kepada para konsumen. Lalu kemudian berkembanglah dealer-dealer yang didirikan setelah itu untuk menjual pulsa secara cepat kepada konsumen. Dari dealer itu kemudian mengangkat beberapa sub dealer sebagai chanel resmi untuk mendistribusikan produknya. Nah dimulai dari sinilah beridirinya counter pulsa yang kini telah banyak di pasaran atau sekitar kita.

Pada intinya semua dapat digambarkan seperti cabang sebuah rantai makanan begitu lah bisnis pulsa ini. Harga yang ditawarkan pun juga beragam. Mengapa ? karena antara sub dealer dan dealer adanya kesenjangan dimana porsi yang diberikan pada dealer dengan sub dealer itu berbeda-beda. Maka mulailah berkembang sub dealer dengan berbagai macam produk yang ditawarkan didalamnya atau yang kita kenal dengan kios pulsa atau counter pulsa.

Anda tertarik untuk melakukan bisnis pulsa?

Anda dapat melakukannya sekarang juga! Bagaimana?

Cek postingan saya selanjutnya yaa..