Pembahasan Bahasa Indonesia Halaman 18 Kelas 11

Selamat malam, malam ini saya akan memperbaiki postingan di tanggal 10/11/2014 karena adanya beberapa saran dan masuka agar terciptanya blog yang baik dan menarik ini. Akhirnya saya menyempatkan diri untuk menmabah apa yang kurang dan mengganti dengan apa yang tidak semestimnya. Saya harap ini dapat bermanfaat untuk Anda. 

find me on instagram @nifafani


Oke langsung saja mari kita bahas pada pembahasan kali ini yaitu mengenai halaman 18 kelas 11

No 1 -->

Struktur Teks : Abstrak 
Fungsi Setiap Struktur Teks -->

Pada tahapan ini pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan di kembangkan menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang terkenal di kampungnya. Tanpa campu tangannya dalam meracik bumbu masak, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan pra tamunya makanan yang lezat. Begitulah pentingnya kehairan Makaji dalam dunia masak - memasak di kampung itu , sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya.

NO 4 -->

Struktur Teks : Orieantasi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->

Pada tahapan ini pengarang memberikan tinjauan untuk menimbulkan atau menumbuhkan atau juga menentukan arah cerita yang di kembangkan. Damhuri Muhammad menjelaskan bahwa beberapa tahun lalu , pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari itu tidak berjalan mulus bahkan hapir saja batal.

No 3 -->

Struktur Teks : Komplikasi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->

Pada tahapan ini , pengarang memberikan permasalahan atau kerumitan cerita yang dia buat . Seperti yang telah di jabarkan pada paragraf " Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini... "

NO 4 -->

Struktur Teks : Evaluasi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->

Pada tahapan ini pengarang memberikan penilaian pada cerita seperti yang telah di jelaskan pada paragraf 4 halaman 9 " Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu , seperti sawah tak berpembatang , tak ada yang bisa diandalkan. " Pada tahapan ini mulai tampak penyelesaiannya

NO 5 -->

Struktur Teks : Resolusi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->

Pada tahapan ini pengarang membuat keputusan atau kebulatan pendapat serta telah digambarkan dengan jelas pada paragraf  " Awalnya ia hanya tukang cuci piring di rumah milik seorang perantau dari Lareh Panjang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta " 

NO 6 -->

Struktur Teks : kode -->
Fungsi Setiap Struktur Teks -->

Pada tahapan ini pengarang memberikan bagian akhir atau bagian penutup dari cerita Juru Masak ini dengan paragraf " Dua hari sebelum kenduri berlangsung , Azrial anak laki-laki Makaji datang dari Jakarta ". Pada koda ini bersifat opsional sama dengan tahapan abstrak.


Nah sekian dulu posting malam ini :)) buat yang sudah baca jangan lupa comment yaa nilai kamu berapa :)) Aku dapat nilai A lohh .. Kalau kamuu?? :)
Selamat malam dan terima kasih telah berkunjung di blog kuu :))
Salam .. @NifaFani