Petualangan


Hidup tidak lah lepas dari kata belajar. Setiap manusia entah disaat umur berapapun kata belajar masih akan selalu digunakan. Belajar sesuatu yang baru dengan pribadi yang egois dapat menghambat apa yang akan menjadi tujuan kita. Belajar itu bukan paksaan. Tapi belajar itu tanggung jawab dan kewajiban.

Pada umumnya kewajiban seorang pelajar adalah belajar. Tapi tak urung kewajiban seorang pekerja pun juga belajar. Belajar menghadapi masalah, belajar menyelesai kan masalah, belajar memahami proses hidup dan lain lain. Belajar tidak hanya sebatas berkutat pada buku namun juga belajar dapat diartikan dalam menggali pengalaman.

Pengalaman . Pengalaman adalah guru yang paling baik. Pengalaman juga menghantarkan kita dalam proses menuju kedewasaan. Dengan adanya berbagai pengalama kita dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk serta membuat semuanya itu indah . Pengalaman bagiku adalah lika liku kehidupan. karena pengalaman setiap orang itu bervariasi dan bermacam- macam. pengalaman juga tidak hanya bersifat positif tapi juga ada yang besifat negatif.

Negatif. dalam kehidupan ini kata negatif atau perbuatan negatif tidak lah asing lagi untuk dibahas atau menjadi topik perbincangan suatu masyarakat atau lembaga. Mulai dari segala lingkungan yang paling dasar keluarga, hingga dalam urusan kepemerintahan suatu negara. Dalam postingan ini segala yang akan ditulis akan menceritakan suatu lembaga pendidikan yang baru bagi seorang siswi dan mulai beradaptasi.


Adaptasi. Disaat kita mulai menyukai sesuatu, maka kita tak akan berniat untuk melepaskannya. Rasa ego kita muncul dan mengalahkannya. lalu disaat yang bersamaan jika kita harus melepaskannya maka rasa ego itu akan terhapus menjadi rasa keterpaksaan. adaptasi yang telah dilakukan lalu akan dilakukan lagi itu tidaklah mudah. Dengan lingkungan yang berbeda-beda dan kalangan yang asing maka semua itu sulit untuk pribadi tertentu.Saat kita melakukan adaptai maka kita membutuhkan iman yang kuat. Disaat kita beradatasi dengan lingkungan yang penuh hal negatif maka agama adalah hal yang paling kuat untuk dipertanyakan. Pasti kata iman yang akan muncul dan mulai untuk diuji. bagaimana kemampuan dalam menjaga diri dengan baik. Jika kita dalam lingkungan baru itu dapat terbawa dengan arus negatif maka iman kitalah yang tidak kuat. sebenarnya bukanlah iman atau agama yang akan dibahas, kembali seperti tadi yang akan dibahas adalah pengalaman.


Satu tahun dalam dunia seni lalu meninggalkannya. belajar seni dimulai dari titik nol yang hanya disertai rasa ingin tahu yang tinggi hingga semua bisa berjalan dengan baik lalu ternyata hanya terhempas dan berjalan satu tahun. Bukan kata percuma yang muncul. Tapi beruntung :) Beruntung masa satu tahun itu dapat melihat indah dan manisnya dunia seni , seni pertunjukan.


Sama halnya dengan saat kita mencintai seseorang, saat kita mulai mencintai , menyayangi, menghargai suatu hal maka akan sulit untuk kita melepaskannya. Dari dunia seni berpindah pada dunia bisnis. Dunia orang-orang yang bertolak belakang dengan seniman dan seniwati.  memang sukar tapi semua harus dijalani demi sesuatu. mebahagiakan orang tua.

Orang tua. ada seorang kakak pembina saat masa LOS ( Layanan Orientasi Siswa) mengatakan bahwa terkadang kita mebutuhkan komunikasi dengan orang tua kita. Tidak mungkin ada orang tua yang tidak akan menengarkan kata anaknya. Lalu ia juga bilang bahwa tidak selamanya orang tua itu ada di posisi benar. dan setelah direnungkan memang benar. Tapi pada umumnya seorang anak akan berusaha lebih baik dimata orang tuanya dan membuat mereka bangga akan mereka. Bukan hal negatif juga saat kita membuat orang tua kita bangga pada kita.


Sama halnya dengan seni yang abstrak, hidup pun juga. karena seni adalah bagian dari hidup maka tidak lah salah jika seni itu abstrak.  kita tidak akan tau bagaimana warna kehidupan kita dimasa yang datang. tapi kita diharuskan membuat sesuatu yang ada dikehidupan kita itu menjadi istimewa. seorang kakak pembina yang sama pernah mengatakan, gunakan masa mudamu dengan baik. Ukir sesuatu yang manarik agar dapat diceritakan pada anak dan cucumu. teori ini memang benar. Tapi bagi seorang siswi yang menutup segalanya, ini adalah hal yang sukar.


Tempat baru memberikan warna yang berbeda dari tempat yang lama. tapi selama rasa keegoisan itu belum bisa terkontrol maka akan muncul masalah-masalah. Mungkin disat masalah pertama muncul ada beberapa orang disekitarmu yang rela membantumu. Tapi disaat semua itu mulai berjibun maka orang - orang yang mendekatimu akan meninggalkanmu sendirian . Dan mulailah rasa egomu itu dapat kamu kontrol.


Tepat hari ini saat postingan pertama mengenai pengalaman suatu tempat yang diceritakan dengan alur campuran ini di posting, suatu masalah baru saja terjadi. karena rasa egoisme yang tinggi, membuat seorang siswi mendapatkan masalah. masalah yang terjadi memang bukanlah masalah yang besar. Tapi cukup membuat orang lain sakit hati. entah apa yang ia lakukan tanpa ia sadari atau mungkin dari perkataannya yang menyakitkan atau karena seorang kakak yang terlalu sensitif. Apapun itu semua telah terjdi. Sayang , mungkin seorang yang diharuskan meminta maaf namun karena dorongan kata-kata orang lain maka ia nenjadi orang yang jahat tidak mempedulikan orang sakit hati dan meninggalkan banyak teman yang tidak salah meminta maaf atas apa yang tidak mereka perbuat.


Rasa hati yang gundah dan tidak karuan membuatnya selalu bertanya - tanya dan tidak enak hati. memang bukanlah dirinya jika ia dapat terbuka dengan begitu cepat. Tapi untuk memperbaikinya dia juga takut untuk melangkah karena hatinya sendiripun masih dalam proses pembenahan.


Disisi lain, disaat waktu lain . juga dihari itu juga. Ia mendapatkan pengalaman baru dari teman- teman baru. Ia yang hanya mengerti secara teori, hari itu mulai memahami sesuatu. Ada yang unik disisi lain dunia ini. Awalnya ia merasa jijik dengan orang menyukai sesama jenisnya. ia hanya berfikir bahwa orang-orang seperti itu tidak ada dan hanya khayalan belaka. Namun karena semua itu real dan benar-benar terdapat bukti, bahkan ada komunitas tertentu, maka ia pun memiliki rasa ingin tahu tinggi dan ingin mengenal kehidupan mereka lebih jauh.


Jauh. terkadang kita sebagai manusia selalu berpikiran jauh. Jauh dari batas nalar. Apa yang kta pikirkan tidak rasional. Bahkan dengan gampangnya kita dapat mencap orang lain itu dengan kata-kata yang pedas dan tanpa kita sadari orang itu telah terluka. Seperti yang terjadi tadi dengan kakak yang sakit hati dengan seorang siswi . Ia menunjuk- nunjuk ke arah dua orang yang salah seorangnya tak mengerti akan maksudnya dan mengatakan hal yang tak semestinya dikatakan dan memang tidak orang itu lakukan. Namun apa seorang kakak pun yang sama - sama manusia dapat memahami dan mengerti perasaan orang lain yang dikatakan tidak semestinya itu ? TIDAK. Dia tidak mengerti namun menjatuhkan fonis pada seorang siswi dengan kata-kata bahwa siswi itu menyakiti perasaannya.


Selama kita hidup, jika kita minta dan ingin selalu dianggap benar, maka semua itu akan memunculkan kata MUSTAHIL. Kita hidup berdampingan dan saling bersosialisasi. Maka dari itu pengontrolan emosi itu adalah sangat penting. Meski satu tahun telah terjun dalam dunia seni, tetap saja. Sebagai manusia tidaklah mudah untuk mengontrol emosisnya. Karena tidak hanya membutuhkan waktu satu atau dua tahun untuk mengontrol emosi, tapi bertahun - tahun selama kita masih bernafas,



Ps: Posting ini belum selesai, namun masih akan ada lagi posting, posting baru yang akan dipenuhi kisah seorang siswi. Posting yang akan datang mungkin tidak terlalu menarik, tapi tidak ada salahnya juga membaca dua posting sebelumnya dan bagi readers yang mau FOLLOW TWITTER nya @NifaFani . Mention aja , pasti follback kok :D. Ok See U .

0 Response to "Petualangan "

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com