Kuliner Surabaya: Tahu Tek





Selamat malam... Hari senin tanggal 12 Desember 2017 dimana semua e-commerce pada gencar gencarnya dengan segala promo dan dimana beberapa kota juga sedang gencar gencarnya diguyur hujan deras (termasuk surabaya). Oke balik lagi.. Sebelumnya mimin yang nulis ni lagi sama nungguin abang abang jualan tahu tek atau tahu telor lho ckck, karena nggak tahu mau ngapain jadi nulis aja buat yang suka baca blog @nifafani *eceileehhh.. 

kuliner surabaya tahu tek
sumber: stefanikristina.com


Lagi nungguin abang tahu tek jadi pingin nulis tentang tahu tek. Siapa yang nggak tahu tahu tek? Aku rasa orang Surabaya pasti tahu apa itu tahu tek. Orang setiap malam para keliling-keliling ke rumah rumah atau gang gang kelen *eh kebawa bangbet. (buat abang atau bapak bapak yang jualan tahu tek keliling ini bakalan soalnya ^^ ) yang rumahnya perumahan ini dikecualikan yaa aku jarang liat ada pedagang lewat

Lanjutttt~ Tahu Tek ini sudah terkenal kalau khas Surabaya meski sebenarnya bukan khas Surabaya, kalau kalian tanya rasa wow karena lidahku lidah Suroboyoan jadi aku suka banget sama Tahu Tek ini! Kebetulan juga uda lama pueeeengen tahu tek jadi aku pergi beli buat makan malam inu..

Tahu tek seperti namanya adalah Tahu, isinya ada Tahu, ada lontong, dan kalau kalian pingin ditambahi telor maka akan ada telornya juga. Setelah itu bagaikan makanan barat dilumuri caos apaan gitu yakk.. Tahu tek ini diakhiri dengan balutan saus dan agak encer ditambah dengan petis. Jadilah saus tahu tek) kacang pedas atau sedang (red: kacang di uleg kasi air dikit dikit jadi halus

NB : aku nulis sambil liatin abangnya nguleg, bau kacang campur petisnya da buat aku nelen air liur terus sambil nulis ckck


Oh ya nggak ketinggalan ketika kelen pesen tahu tek ini bakalan dikasih kerupuk untuk pelengkap menikmati makanan ini. Wahhh makin enak dan kalau dibayangin makin bikin ngiler aja ni ^^ sumpah uda nelen banyak air liur cuma karena sebungkus tahu tek ^^ kebetulan juga dateng pas antre jadi bisa dapet satu tulisan sambil nungguin tahu tek.


Karena waktu motong motongnya itu si abangnya ini pakai gunting yang bunyinya tek tek tek jadi makanya dinamakan tahu tek ( ini asli mimin baca waktu ke museum surabaya asal muasal tahu tek) dan kalau nggak salah ingat tahu tek ini dari lamongan tapi lebih terkenal di Surabaya..

Untuk harganya, kalau kelen beli di pedagang abang abang atau bapak bapak yang keliling ( diSurabaya yaaa) itu harganya sekitar 8rb -10rb jadi ( 8rb nggak pakai telur kalau 10rb pake telur) nb : nambah 2rb aja mending pake telur kan? .^^


Di Surabaya, pedagang tahu tek ini keliling mulai sekitar jam 5 sorean gitu dan sampainya bisa sampai malam.. Buatku pedagang seperti ini luar biasahhhh! Dan pastinya mereka bukan dari surabaya, kebanyakan mereka dari luar kota.

Oh ya balutan telurnya sebagian orang ada yang pakai daun bawang ada juga yang engga. Kebetulan abang yang aku beli sekarang ini pakai daun bawang. Makanya baunya aja makin enak dan bikin aku makin pingin cepet cepet makan aja *berharap rasanya juga seenak baunya..

Isinya selain ada telur tahu dan lontong, ada juga yang kasih kentang.. Hehe sebenarnya ini sudah banyak karbohidrat yak tapi gatau makin enak aja rasanya dan makin suka gitu ^^ atau enak karena bumbu kacang petis yak? Hehe karena nanti ketutupan sama saus kacang yang aku bilang tadi *saus kacang atau bumbu kacang yak?

Oke deh segitu aja cerita dari ku kali ini ^^ Buat yang mau makan tahu tek coba cari didaerah terdekatmu, siapa tahu aja ada yang jualan :p tapi rasa ditanggung abangnya yaaa ckckc ^^