Contoh Soal SBMPTN Sosiologi 1

Selamat sore, sore ini saya akan share untuk soal-soal lanjutan SBMPTN dari Geografi 1, selanjutnya saya akan share soal-soal SBMPTN Sosiologi.

1. Peristiwa yang merupakan bentuk mobilitas sosial vertikal adalah...

a.  Agung berhasil menamatkan pendidikan sarjana dan bekerja sebagai pegawai bank swasta
b. Elvira berhasil mendapat  predikat pelajar berprestasi tahun 2013 tingkat provinsi sehingga memperoleh pujian dari teman-temannya.
c. Roni berhasil memperoleh medali emas cabang atletik dalam PON dan berhak atas hadiah sebuah mobil
d. Hesti pindah tempat tinggal mengikuti orangtuanya yang bekerja sebagai TNI di Provini Sulawesi Utara
e. Johan berlibur ke Bali selama sepekan karena mendapatkan undian berhadiah.

2. Globalisasi yang menitikberatkan peran individu dalam masyarakat sebagai warga dunia adalah salah satu bentuk perubahan sosial berdasarkan...

a. sifat
b. waktu
c. ruang
d. ukuran
d. ukuran
e. pola

3. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang melekat dalam diri seseorang disebut...

a. hubungan sosial
b. peranan sosial
c. sistem sosial
d. status sosial
e. norma sosial

4. Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!



  Maraknya penyalahgunaan narkoba telah banyak memengaruhi mental para remaja. Masa depan bangsa bergantung sepenuhnya pada upaya pembebasan kaum muda dari bahaya narkoba. Narkoba telah menyentuh lingkaran yang makin dekat dengan kita semua. Teman dan saudara kita mulai terjerat oleh narkoba yang sering dapat mematikan. Tidak sedikit yang telah menjadi korban. Penyalahgunaan narkoba dapat menghilangkan kesadaran pemakainya, menyebabkan paranoia (linglung) juga dapat membuat pemakainya melawan orangtua, tidak jujur, bahkan melakukan tindakan kriminal, seperti pencurian, perampasan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Upaya mencegah penyalahgunaan narkoba, antara lain dapat dilakukan dengan membangkitkan kesadaran beragama, melakukan hal-hal positif dan bermanfaat, selektif dalam memilih teman, menghindarkan diri dari lingkungan yang merusak, dan membentuk kelompok-kelompok kecil untuk saling mengingatkan. Bila berhadapan dengan teman yang terlibat penyalahgunaan narkoba, maka sikapilah secara simpatik. Mengetahui fakta-fakta tentang narkoba termasuk akibat penyalahgunaannya berguna untuk membuka kesadaran kita akan bahaya narkoba.

4. Peristiwa sosiologi yang dapat dimaknai dari paparan diatas adalah..

a. kesadaran agama
b. penyalahgunaan narkoba
c. interaksi kelompok remaja
d. sosialisasi narkoba
e. rendahnya kontrol keluarga

5. Upaya sosiologis yang dianggap efektif mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja salah satunya adalah...

a. peningkatan kesadaran beragama
b. konsultasi klinis pecandu narkoba
c. rehabilitasi mental pecandu narkoba
d. kriminalisasi pecandu narkoba
e. penguatan kelompok anti narkoba.

bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal 6 dan 7

   Pemerintah mengakui bahwa urbanisasi penduduk menuju kota-kota besar terus terjadi, bahkan dalam jumlah jutaan. Penyebabnya adalah masih adanya kesenjangan perekonomian antara masyrakat di desa dan masyarakat di kota. " Ya kita akui itu, tapi sebenarnya trend sudah menunjukkan penurunan. Kita sedang serius berbagai program agar kesenjangan itu bisa diminimalkan. Kita ingin membuat 'gula-gula' baru tidak hanya di wilayah Jabodetabek saja," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis ( 16/9). Menurutnya, salah satu yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi kesenjangan desa-kota adalah dengan meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Dengan demikian, warga pedesaan yang hanya memiliki kemampuan terbatas tidak perlu lagi berbondong-bondong bekerja di kota besar. " Kita sudah mulai dengan mendesain ulang perekonomian masyarakat kita. Sudah ada porsinya untuk melakukan perlindungan sosial guna mengurangi masyrakaat kita yang tertinggal. Ini memang tidak mudah, tapi akan terus kita lakukan," tegas Hatta.

6. Pernyataan yang berkaitan dengan solusi fenomena aglomerasi adalah...

a. membuat 'gula-gula' baru di luar wilayah Jabodetabek 
b. membuat 'gula-gula' baru di wilayah Jabodetabek
c. warga perdesaan yang berkemampuan tinggi boleh berbondong-bondong bekerja di kota besar
d. mendorong Industrialisasi dan perdagangan di wilayah perkotaan
e. medesain ulang perekonomian masyrakat berbasis kapital

7. Pernyataan yang mencerminkan proses urbanisasi adalah...

a. warga perdesaan berbondong-bondong bekerja ke Jabodetabek
b. rendahnya perlingdungan sosial
c. terjadinya kesenjangan desa kota
d. sempitnya lapangan pekerjaan di perdesaan
e. terpusatnya 'gula-gula' baru di perkotaan

8. Norma dan nilai budaya dalam suatu masyarkat dapat digunakan untuk mengatur indibidu yang mengarah pada integrasi sosial.

SEBAB

Integrasi sosial dalam masyarakat dillanggengkan dengan adanya interaksi secara asosiatif untuk mencapai ketertiban sosial.

9. Hadirnya pusat perbelanjaan modern yang makin meningkat merupakan bukti bahwa masyarakat saat ini sangat adaptif terhadap perkembangan lembaga sosial. 

SEBAB

Pusat perbelanjaan modern seperti mall dan plaza dapat dikategorikan sebagai enacted institution yang muncul dari kebiasaan belanja pada masyarakat modern.

10. Hubungan hirarkis antara orangtua dan anak maupun antara guru dan murid dipengaruhi oleh status sosial yang melekat diantara keduanya.

SEBAB

Interaksi sosial antarindividu dalam kelompok selalu terjadi antarindividu yang mempunyai status sosial berbeda.

11. Perjudian, seperti taruhan dan bermain kartu termasuk perilaku menyimpang yang masih sering dilakukan oleh individu dan sebagian masyarakat saat ini,

SEBAB

Pelaku penyimpangan hanya mendapatkan sanksi berupa stigma dan label dari masyarakat sekitarnya.

12. Dokter Eka memiliki dua anak, Anak pertama bekerja sebagai kontraktor sedangkan adiknya berdagang kain di pasar tradisional. Pada suatu waktu adiknya mengalami kebangkrutan usaha. Untuk memulihkan usahanya, sang kakak berusaha meminjamkan uang perusahaan. Karena salah pengelolaan, pinjaman dari sang kakak tidak bisa dikembalikan sehingga berdampak pada kebangkrutan usaha sang kakak. Kemudian kedua bersaudara itu bersepakat membuka usaha dagang dari awal. Peristiwa ini menunjukkan terjadinya mobilitas sosial...

1) intergenerasi menurun
2) horizontal
3) vertikal
4) intragenerasi menurun

13. Penggunaan perangkat digital seperti gadget pada remaja yang mempermudah komunikasi dengan orangtya merupakan aspek perubahan sosial yang terjadi pada...

1) kelompok
2) masyarakat
3) individu
4) keluarga

14. Kejahatan yang dilakukan secara terorganisasi seperti sidikat narkoba, pencurian kendaraan bermotor, merupakan tindakan...

1) mengarah pada conformuty
2) kejahatan yang hanya mendapatkan sanksi sosial
3) melanggar norma yang disepakati bersama
4) mendapatkan stigma dan label buruk dari keluarga

15. Unsur yang menandakan ciri suatu kelompok sosial adalah..

1) lingkungan
2) tujuan
3) cara berpikir
4) sikap

Jawaban :

1. Mobilitas sosial vertikal perpindahan status pada lapisan yang berbeda atau tidak sederajat. Jadi jawabannya adalah A.

2. Perkembangan ilmu pengethuan dan teknologi dalam eskalasi yang tinggi terutama teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi telah menyebabkan batas-batas atau sekat-sekat geografis antar negara dan bagsa seolah tak nampak lagi. Kecenderungan kehidupan bangsa dan negara saat ini mengarah kepada terbentuknya suatu masyarakat global (global village). Hal ini menunjukkan perubahan berdasarkan ruang. Jadi jawabannya adalah C

3. Setiap manusia memiliki status atau kedudukan dan peranan sosial. Status adalah posisi sosial, sedangkan peranan adalah perilaku sesuai status. Peranan menujukkan tugas,wewenang, dan tanggung jawab seseorang. Jadi jawabannya adalah B.

4. Pada paparan soal dikemukakan bagaimana setiap orang bergaul dengan orang lain setiap harinya. Penyalahgunaan narkoba juga disebabkan oleh pergaulan dengan pengguna atau pengedar narkona. Semua tindakan itu berciri resiprokal (timbal balik). Hal ini di dalam sosiologi dinamakan interaksi sosial. Jadi jawabannya adalah C

5. Menurut bacaan dikemukakan beberapa cara mencegah penyalahgunaan narkoba. Metode yang dianggap efektif adalah membentuk kelompok kecil (teman sebaya) untuk saling mengingatkan. Kelompok ini (peer group) akan membentuk nilai sosial yang berlaku dalam kelompoknya. Jadi jawabannya adalah E

6. Aglomerasi adalah adanya suatu fenomena yang mengelompok menjadi satu bentuk atau struktur. Solusi untuk mengatasi permasalahan sesuai bacaan adalah membuat 'gula-gula' baru diwilayah Jabodetabek. Hal ini untuk membuat aglomerasi baru di luar daerah. Jadi jawabannya adalah A.

7. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Contohnya, warga desa bekerja di kota. Jadi jawabannya adalah A.

8. Pernyataan salah : Norma dan nilai budaya merupakan aturan atau norma yang dilaksanakan secara turun-temurun dan menjadi sebuah ideologi yang berisikan kepercayaan dan keyakinan suatu masyarakat sosial tertentu yang termasuk di dalamnya suatu komunitas tertentu. Sedangkan integrasi sosial membutuhkan proses penyesuaian unsur-unsur menjadi satu kesatuan.
Alasan benar : Interaksi sosial asosiatif, meliputi berbagai bentuk kerja sama, akomodasi, dan asimilasi, Hal ini dapat mendorong integrasi sosial. Jadi jawabannya adalah D

9. Pernyataan benar, Masyarakat sekarang mudah menyesuaikan (diri) dengan keadaan.
Alasan benar, Encacted Institution adalah lembaga yang sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu. Jadi jawabannya adalah A.

10. Pernyataan benar : Hubungan hirarkis disebabkan adanya perbedaan peranan akibat perbedaan status sosial.
Alasan salah, Interaksi sosial dapat terjadi anjtarstatus sosial yang sama dan berbeda. Jadi jawabannya adalah C

11. Pernyataan benar, Perilaku menyimpang masih banyak terjadi sekarang ini.
Alasan salah, Pelaku menyimpang dapat emndpaatkan banyak sanksi mulai dari gosip, teguran, sampai hukuman. Jadi jawabannya adalah C

12. Penurunan dari dokter menjadi kontraktor dan pedagang kain dan akhirnya keduanya bangkrut, menunjukkan mobilitas sosial integenerasi menurun vertikal. Mobilitas sosial vertikal: perpindahan status pada lapisan yang berbeda atau tidak sederajat. Mobilitas intragenerasi : Mobilitas yang terjadi dalam satu generasi. Jadi jawabannya adalah B

13. Penggunaan perangkat digital merupakan aspek perubahan sosial yang terjadi pada semua hal, baik kelompok, masyarakat, individu, dan keluarga. Jadi jawabannya adalah E

14. Kejahatan terorganisir termasuk penyimpangan kelompok. Mereka mempunyai nilai, norma, sikap, dan tradisi sendiri. Seseorang yang bergabung, harus melakukan conformity atau penyesuaian dengan perilaku kelompoknya. Mereka yang terlibat akan mendapat hukuman, gosip, pengucilan, celaan, dan ejekan. Jadi jawabannya adalah E

15. Syarat-syarat kelompok sosial

a. Setiap anggota kelompok harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan.
b. Ada hubungan timbal balik antara anggota satu dan anggota yang lainnya
c. Ada suatu faktor yang dimiliki bersama sehingga nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain
d. Berstruktut, berkaidah, dan mempunyai pola perilaku
e. Bersistem dan berproses.
Jadi jawabannya adalah E

Nah sekian dahulu postingan dari saya kali ini. Mudah-Mudahan dapat bermanfaat buat kalian yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi dan akan menempuh SBMPTN. Good Luck !!!