Pembahasan Soal IPA Kelas 7 Halaman 66 Semester 2

Selamat siang para pembaca sekalian. Siang ini saya kan share atau berbagi kembali untuk kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 7 atau 1 SMP. Btw ini bukan kunci jawaban ya. Ini hanya pembahasan saja. Buat yang ingin tahu bisa langsung saja simak beberapa pembahasan di bawah ini.

Oh ya tidak terasa yah sudah memasuki semester 2 akhir. Wah tentu sudah mau naik kelas pasti pada senang bukan? Apa lagi buat adik-adik yang juara kelas. Sudah terntu bakalan di beri hadiah oleh papa mama. Ah apa sih saya kok jadi melantur hehe. Yuk langsung saja dimulai pembahasannya :)

1. Jelaskan pengertian kalor.

Jawaban : Kalor menyatakan banyaknya panas yang berpindah dari suatu benda.

2. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan!

Jawaban : Panci, air, udara di sekitar panci, logam kompor gas.

3. Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

Jawaban : Maksudnya, setiap untuk meleburkan satu gram es memerlukan kalor 80 kalori.

4. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi!

Jawaban : 
Persamaan: sama-sama memerlukan medium. 
Perbedaan: pada konveksi, partikel-partikel medium ikut berpindah.

5. Mengapa seekor anjing setelah berlarian menjulurkan lidahnya?

Jawaban : Untuk mendinginkan suhu tubuhnya; dengan menjulurkan lidahnya, maka akan terjadi penguapan dari permukaan lidah dan bagian mulut anjing, untuk menguap perlu kalor.

6. Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 2 kg air sehingga suhunya naik 50oC. Kalor jenis air 4200 J/(kg K).

Jawaban : Q = 2 kg × 50 K × 4200 J/kg K = 42.000 J

7. Gambarkan arus konveksi pada gambar di bawah ini!
(gambar halaman 66)

Jawaban : 

8. Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. Beberapa jam kemudian ternyata volume kedua zat cair itu berkurang, namun alkohol lebih banyak berkurang dibandingkan dengan air. Manakah penjelasan yang paling tepat terhadap kejadian itu? Pilih yang paling tepat dan jelaskan!

a. Semua cairan menguap.
b. Alkohol mendapatkan kalor yang lebih banyak
daripada air.
c. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibandingkan
dengan jenis zat cair yang lain.
d. Zat cair hanya menguap saat hari cerah.
e. Air lebih panas dibandingkan dengan alkohol.

Jawaban : C. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibanding jenis zat cair yang lain.

9. Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas! Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa paling panas? Jelaskan!

Jawaban : Sendok logam. Logam termasuk konduktor, sehingga panas cepat terhantar ke seluruh bagiannya di banding plastik dan kayu.


Berpikir Kritis

Jelaskan, mengapa marmer atau keramik terasa lebih dingin daripada lantai karpet?

Jawaban : Marmer dan keramik menghantarkan panas lebih baik dibanding karpet. Saat tubuh mengenai marmer (atau keramik), panas tubuh dengan mudah berpindah ke marmer, sehingga tubuh terasa dingin.

 Nah sekian dahulu pembahasan dari saya kali ini. Terima kasih saya ucapkan untuk Anda yang sudah mengunjungi blog @NifaFani. Saya harap postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Tinggalkan komentar Anda demi keberlangsungan blog ini.

Untuk Anda yang ingin request dapat langsung hubungi via email stefanikristina@gmail.com atau via instagram @nifafani