Pembahasan Soal IPA Halaman 119-121 Kelas IX Semester 2

Selamat malam para pembaca sekalian. Malam ini bertemu kembali dalam pembahasan soal-soal IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 Semester 2. Terima kasih buat yang sudah berkunjung dan apabila Anda berkenan, terima kasih telah meninggalkan komentar Anda untuk saya dan pembangunan blog ini.

Buat yang belum tahu mengenai admin atau penasaran dengan admin yang buat pembahasan kali ini bisa hubungi via email stefanikristina@gmail.com 

find me on instagram @nifafani


Buat kalian yang berwilayah di Surabaya dan ingin belajar berenang bisa juga kontak admin via email atau whats app khusus cewek ya.. Nanti les private renang sama admin mulai dari belum bisa berenang sampai bisa berenang.

Jangan takut nggak bisa melakukan sesuatu ya guys.. Karena kalau kalian ada niat pasti ada jalan.

Oke langsung saja ke pembahasan yang kali ini yaitu halaman 119-121

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan  memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah....

a. yogurt
b. tahu
c. sabun
d. minyak goreng

2. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah....

a. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
b. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
d. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar....

a. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
b. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
c. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
d. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen

4. Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan....

a. tape
c. oncom
b. tempe
d. kecap

NB : DIJUAL NOVEL MURAH HARGA DI BAWAH 5.000 dan HARGA DI BAWAH 20.000 NOVEL ASLI MESKI SECOND. TAPI ADA JUGA YANG BARU! CEK IKLAN LANGSUNG!!

5. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah....

a. glukosa + O2 -> CO2 + H2O + energi
b. glukosa + O2 -> CO2 + alkohol + energi
c. glukosa -> CO2 + alkohol + energi
d. glukosa -> CO2 + H2O + energi

6. Yang membuat roti mengembang pada saat dipanggang adalah....

a. karbondioksida yang dihasilkan Saccharomyces cerevisiae
b. alkohol yang dihasilkan Saccharomyces cerevisiae
c. telur yang dimasukkan ke dalam adonan roti
d. gula yang dimasukkan ke dalam adonan roti

7. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang tinggi. Upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah....

a. pengembangan teknik fermentasi makanan
b. pengembangan protein sel tunggal
c. pengembangan hewan transgenik
d. pengembangan kloning

8. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi kita. Yang bukan dampak buruk dari bioteknologi....

a. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
b. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
c. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan bila dikonsumsi
d. menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi

9. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ....

a. rekayasa genetika
b. transplantasi
c. kloning
d. mutasi

10. Minuman yoghurt yang terbuat dari air susu dapat mengobati lambung dan usus yang terluka, proses pembuatan yoghurt tersebut karena hasil kerja dari....

a. Rizhopus oryzae
b. Streptococcus thermophilus
c. Neurospora sitophila
d. Aspergillus wentii

B. Uraian

1. Perhatikan data gizi bahan makanan berikut.

(table halaman 121)

Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengkonsumsi tempe lebih baik daripada mengkonsumsi kedelai?

Jawaban : Selama proses fermentasi, kedelai akan mengalami perubahan baik perubahan baik fisik maupun kimianya. Protein kedelai dengan adanya aktivitas proteolitik kapang akan diuraikan menjadi asan-asam amino, sehingga nitrogen ter larutnya akan mengalami peningkatan. Dengan adanya peningkatan dari nitrogen terlarut maka pH juga akan mengalami peningkatan. Nilai pH untuk tempe yang baik berkisar antara 6,3 sampai 6,5. Kedelai yang telah difermentasi menjadi tempe akan lebih mudah dicerna. Selama proses fermentasi karbohidrat dan protein akan dipecah oleh kapang menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dicerna.

2. Salah satu teknik rekayasa genetik yang dikembangkan adalah kloning, yang dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kalian jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!

Jawaban : Kloning dilakukan dengan mengambil sel tubuh domba, misalnya sel kulit nya (sebut domba a). Lalu sang ilmuwan mengambil sel telur dari domba lain (kita sebut domba b). Sel kulit domba a diambil inti selnya saja dan sel telur domba b dihilangkan inti selnya. Inti sel domba a di suntikkan ke dalam sel telur domba b, selanjutnya sel tersebut akan ber kembang layaknya embrio dan diimplantasikan atau ditanam di rahim domba lain (domba c). Setelahnya akan lahir domba yang mirip dan identik dengan domba a.

3. Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan 5 contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban : Bahan pangan hasil bioteknologi yang sering ditemukan adalah tempe, tape, yogurt, keju, nata de coco dan kecap

4. Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa dampak negatif dengan penerapan bioteknologi bagi lingkungan?

Jawaban : Dampak negatif dari penggunaan bioteknologi adalah munculnya alergi pada saat mengonsumsi bahan makanan hasil rekayasa genetik, limbah dari proses pembuatan produk bioteknologi, dan produk minuman beralkohol menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Dampak tersebut berupa kebiasaan meminum minuman beralkohol sehingga menyebabkan mabuk dan merusak kesehatan.

5. Sebutkan 3 alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?

Jawaban : Transgenik perlu dikembangkan untuk. Menghasilkan keturunan yang memiliki kualitas yang unggul dan tahan hama.

Nah, terima kasih buat kamu-kamu atau Anda sekalian yang sudah mengunjungi @nifafani's blog. Nantikan postingan-postingan yang lainnya yaa..