KUNCI JAWABAN PKN Kelas 12 Halaman 125

"APA persamaan orang RAJIN yang sukses dan orang MALAS yang sukses?"

"Orang rajin mengerjakan tugas-tugasnya lebih awal sehingga bisa mengerjakan tugas sebanyak mungkin. Orang malas mengerjakan tugasnya lebih awal sehingga bisa bermalas-malasan kemudian.
Jadi, persamaannya kedua tipe orang ini mengerjakan tugas tanpa MENUNDA-NUNDA waktu." -unknown

Kita lanjutkan pada halaman 125 mengenai hak warga negara & dilanjut pada post berikutnya untuk kewajiban warga negara

No
Jenis hak warga negara
Contoh perwujudannya
1.
Pasal 27 ayat 2, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.”

Masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pekerjaan yang layak, bahkan malah ada yang masih pengangguran. Karena pekerjaan yang tidak layak tersebut, maka banyak juga masyarakat yang akhirnya penghidupannya kurang layak.

2.
Pasal 28B ayat 2, “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.”

Masih banyak berita tentang penyiksaan anak dibawah umur, ada yang memaksa anak-anak dibawah umur tersebut untuk berjualan, mengemis, dll. Bahkan yang paling baru ini, tentang tindak pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur.

3.
Pasal 28D ayat 1, “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.”

Masih banyak perlakuan-perlakuan yang berbeda di hadapan hukum. Contohnya banyak pejabat-pejabat yang mendapat perlakuan khusus di dalam hukum, sehingga selalu menang dalam suatu persidangan.

4.
Pasal 28D ayat 2, “Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.”

Banyak buruh-buruh yang digaji kurang layak (mendapat upah minimum). Sehingga para buruh tersebut tidak bisa memberikan penghidupan yang layak kepada keluarganya.

5.
Pasal 28E ayat 3, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”

Masih adanya pembatasan dalam mengeluarkan pendapat, meskipun hal tersebut tidak tampak di depan publik. Tetapi ketika di “belakang layar”, orang tersebut mendapat ancaman agar tidak mengemukakan pendapatnya.

6.
Pasal 31 ayat 1, “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.”

Di daerah-daerah pelosok Nusantara, masih jarang berdiri sekolah, jika pun ada, itu tidak layak. Sehingga anak-anak di daerah-daerah pelosok tersebut sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan.

Nantikan post selanjutnya untuk kewajiban warga negara. Jadilah copaste yang cerdas! salam semut mumumu! eh salah oi oi oi