Materi UTS Bahasa Indonesia Part 3

Selamat malam, ini adalah catatan terakhir saya mengenai Materi UTS Bahasa Indonesia Part 3, sebelumnya Anda dapat membaca Materi UTS Bahasa Indonesia Part 1 dan juga Materi UTS Bahasa Indonesia Part 2.

Kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis subjek. Saya harap Anda masih semangat dan akan terus bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia. Apalagi bila besok Anda sudah akan mengerjakan Ujian Tengah Semester ganjil.. Haduhh ayooo! Mari kita belajar dengan giat dan jangan bermalas-malasan !!!

find me on instagram


Langsung saja ..

Baca juga : Misteri Perawan

1. Kata Nomina 
Contoh : Hari itu, Abe mengajak Kennedy 
Penjelasan : Hari itu = Keterangan Waktu, Abe = Subjek/Kata Nomina, Mengajak = Predikat, Kennedy = Objek.

2. Kelompok Nomina
Contoh : KA Canggih ini menggunakan teknologi magnetik levitation
Penjelasan : KA Canggih ini = Subjek, Menggunakan = Predikat, Teknologi magnetik levitation = Objek

3. Klausa
Contoh : Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani " kencan " istimewa.
Penjelasan : Duta besar Amerika Serikat untuk Jepang = Subjek, Caroline Kennedy = Predikat ( Subjek dan Predikat tersebut termasuk Klausa ), Menjalani = Predikat, "kencan" istimewa = Objek

Sekian dahulu postingan dari saya kali ini. Bila Anda memiliki masukan atau ingin berkomentar, saya harap Anda dapat berkomentar dengan baik. Menggunakan kata-kata yang sopan. Karena saya tahu. Pengunjung blog ini adalah orang-orang berpendidikan yang nantinya akan terjun dalam dunia masyarakat menjadi generasi penerus bangsa yang baik :)

Selanjutnya saya akan membahas mengenai kalimat inversi dan beberapa contoh kalimat lain yang menjadi catatan terakhir saya pada pelajaran materi UTS Semester 1 kali ini.