Materi UTS Bahasa Indonesia Part 2

Selamat malam, selamat hari minggu :)) Tuhan senantiasa memberkati kita semua. Baiklah malam ini saya akan membagikan materi UTS Bahasa Indonesia Part 2 yang sebelumnya sudah pernah saya bagikan untuk Materi UTS Bahasa Indonesia Part 1. Yuk yang sudah kelas 12 atau kelas 3 sekarang saatnya untuk Anda bekerja keras demi masa depan Anda :). Anda tentu tidak mau bukan mengulang masa SMA Anda :))

find me on instagram


Sebelum saya membahas tentang Konjungsi Temporal, tahukah Anda apa itu Konjungsi Temporal?

Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang mengacu pada waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks. 

Baca juga : Cara Agar HP Anda Dapat Terinstall Banyak Aplikasi

Teks yang berkohesi itu penting kalian perhatikan agar keserasian setiap unsur yang disambungkan tetap terjaga, sehingga tercipta susunan kata yang indah dan mudah dipahami. Konjungsi temporal yang menghubungkan dua hal atau peristiwa, terdiri dari dua bagian, yaitu konjungsi temporal yang menghubungkan dua peristiwa yang tidak sederajat (misalnya apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sebelum, sampai, sedari, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, waktu, setelah, sesudah, tatkala, dan sebagainya) dan konjungsi temporal yang menghubungkan dua bagian kalimat yang sederajat (misalnya sebelumnya dan sesudahnya).

Untuk contoh, Anda dapat melihatnya pada Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29

Dan beberapa contoh di bawah ini, saya ambil dari halaman 25 mengenai Peristiwa Pembentukan ASEAN.

Contoh Konjungsi Temporal Sederajat >> Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini, seperti ASA (Association of Southeast Asia), Maphilindo (Malaya, Philipina, Indonesia), dan SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization), maupun dengan negara di luar kawasan ini, seperti SEATO (South East Asia Treaty Organization) dan ASPAC (Asia and Pacific Council).

Sekian dahulu dari saya kali ini. Bila Anda ingin meninggalkan komentar harap meninggalkan komentar dengan sopan.

Untuk selanjutnya Anda dapat membuka Materi UTS Bahasa Indonesia Part 3